Cara Membuat Grafik Laporan Keuangan Di Excel

Cara Membuat Grafik Laporan Keuangan Di Excel – You are here: Jurnal M » Analisis Data Excel » Pivot Charts, Pivot Tables Membuat Bagan di Excel Pivot Charts, Pivot Tables Membuat Bagan di Excel

Anda dapat membuat laporan Tabel Pivot menggunakan Bagan Pivot sebagai grafik di Excel. Anda dapat mengikuti panduan ini jika Anda menggunakan tabel pivot untuk memproses data.

Cara Membuat Grafik Laporan Keuangan Di Excel

Namun, jika Anda tidak menggunakan Tabel Pivot dalam memproses data, silakan kunjungi Panduan Pembuatan Bagan Excel. Mari kita pelajari diagram pivot satu per satu.

Bacaan Lainnya

Jenis Jenis Laporan: 10 Jenis Laporan Dan Contohnya

Saya menggunakan tabel sumber yang sama dengan Wizards Tabel Pivot lainnya. Namun, saya membuat laporan Tabel Pivot baru yang dapat Anda gunakan untuk mengikuti panduan ini untuk membuat bagan di Excel.

1. Silakan klik ikon layar penuh di sudut kanan bawah untuk menggunakan fitur Excel Online.

2. Klik ikon unduh (gambar selembar kertas dengan panah ke bawah) di sudut kanan file online Excel di bawah ini untuk mengunduh file.

3. Jika link download atau excel online error, mohon informasikan melalui kolom komentar (terima kasih).

Aplikasi Akuntansi Excel Gratis

Misalnya, saya ingin melihat total pembelian setiap item oleh pemasok menggunakan grafik. Untuk ini, silakan masukkan bidang yang diperlukan di bidang tabel pivot di bawah ini:

Bagan Pivot ini sudah sinkron dengan Tabel Pivot Anda. Dengan kata lain, jika Anda membuat perubahan pada data dalam grafik, tabel pivot juga akan berubah. Sebaliknya, jika Anda melakukan perubahan pada tabel pivot, maka grafik pivot juga akan berubah.

Misalnya, saya ingin memfilter data pada grafik berdasarkan tahun. Dengan kata lain, saya ingin melihat grafik data yang lebih rinci berdasarkan tahun. Silakan ikuti langkah-langkah ini:

Seperti yang Anda lihat, Excel hanya memfilter data 2015 pada Laporan Tabel Pivot dan Grafik Bagan Pivot karena kedua laporan ini disinkronkan.

Membuat Laporan Keuangan Dengan Excel Untuk Juru Tata Usaha Pembukuan

Untuk memfilter data melalui laporan Tabel Pivot, Anda dapat melakukannya menggunakan Filter Tabel Pivot. Metode ini mirip dengan pemfilteran pada bagan PivotChart.

Contoh lain, jika tidak, mungkin Anda ingin memfilter data berdasarkan bidang saat ini dalam bidang baris atau kolom. Misalnya, Anda ingin memfilter bagan menurut. Dalam hal ini, ikuti langkah-langkah berikut:

Catatan: Diagram lingkaran hanya menampilkan 1 sumber data dari bidang kolom dan menampilkan semua data dari bidang baris (lihat gambar).

Dalam contoh ini, grafik pai menunjukkan data pembelian produk di Best Sellers hanya untuk tahun 2015. Bahkan jika Anda mencoba memfilter semua pemasok seperti sebelumnya, grafik hanya akan menampilkan data dari 1 pemasok.

Baca Juga :  Saat Benda Mencapai Titik Tertinggi Pada Gerak Parabola Maka

Cara Membuat Grafik Di Microsoft Excel

Catatan: Saya mengatur Pusat Panduan Studi Microsoft Excel menjadi 4 level (Dasar, Rumus/Fungsi, Analisis Data, dan VBA). Setiap level memiliki BAB dan SUB-BAB yang bisa kamu pelajari. Silakan gunakan pintasan Pusat Panduan Microsoft Excel berikut ini:

Perlakukan saya dengan secangkir kopi karena begadang membuat konten panduan berkualitas dan membantu Anda memecahkan masalah Anda. Bagaimana cara membuat transaksi pemasukan dan pengeluaran serta contoh laporan keuangan sederhana menggunakan Microsoft Excel? Pelajari lebih lanjut di blog Macari.

Sebagai seorang pengusaha, Anda perlu membuat laporan keuangan untuk bisnis Anda. Laporan keuangan merupakan dokumen penting perusahaan.

Laporan keuangan juga akan menjadi dokumen penting ketika dibutuhkan oleh negara untuk proses pencatatan dan penagihan dari mitra bisnis.

Menyusun Data Keuangan Dengan Excel Bagi Juru Tata Usaha Akuntansi

Tahukah Anda bahwa aplikasi akuntansi online Mekari memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan perusahaan Anda menjadi lebih praktis dan akurat? Buktikan dengan uji coba aplikasi gratis dengan mengklik tombol atau spanduk di bawah ini.

Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan perusahaan selama periode waktu tertentu yang dapat digunakan untuk menggambarkan status kinerja perusahaan.

Menggunakan Ms Excel untuk laporan keuangan tentunya bisa menjadi solusi bagi Anda pemilik bisnis yang menyusun laporan keuangan tanpa menggunakan jasa akuntan.

Selain banyak manfaat menggunakan Ms Excel di atas, tentunya ada manfaat lain menggunakan Excel untuk membuat laporan keuangan sendiri.

Jual Buku Microsoft Excel Untuk Administrasi Perkantoran Modern, Microsoft Office 2019

Ada banyak keuntungan menggunakan Ms Excel untuk membuat laporan keuangan. Tentunya bagi pemilik bisnis, membuat laporan keuangan dengan Ms Excel juga akan memberikan keuntungan.

Biaya menyewa jasa akuntan cukup mahal untuk usaha kecil menengah. Apalagi jika bisnis Anda merupakan proyek baru.

Sekalipun Anda membuat laporan keuangan sendiri, Anda tetap harus berhati-hati dan disiplin dalam setiap transaksi yang dilakukan di perusahaan Anda.

Setiap nominal masuk atau keluar diperlukan untuk menjaga agar laporan keuangan perusahaan Anda tetap sehat dan tidak rusak.

Cara Mudah Buat Pembukuan Keuangan Online Shop Dengan Excel

Dari laporan keuangan terlihat banyak hal yang bermanfaat bagi perusahaan. Oleh karena itu, pemilik usaha tidak disarankan untuk mengabaikan laporan keuangan perusahaan.

Itu setiap bulan, setiap 3 bulan, 6 bulan, bahkan setahun. Setiap laporan keuangan yang dibuat menggambarkan keadaan perusahaan pada periode sebelumnya dan digunakan untuk mengambil tindakan perusahaan pada periode berikutnya.

Membuat laporan keuangan yang mudah dan sederhana bukanlah hal yang sulit saat ini. Ada banyak layanan yang bisa digunakan.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Hp Vivo Y71 Mati Total

Namun, dalam beberapa kasus, pemilik bisnis memilih untuk membagikan laporan keuangan mereka. Pertimbangannya harus selalu lengkap dan detail dalam setiap transaksi, baik pemasukan maupun pengeluaran.

Cara Buat Grafik Di Excel: Tutorial Membuat Bar Chart Excel

Pada artikel ini, Anda akan menemukan beberapa contoh laporan keuangan perusahaan yang mudah dilakukan dengan MS Excel dan beberapa tips menggunakan Excel yang dapat diterapkan oleh pemilik bisnis seperti Anda.

Berbeda dengan perusahaan yang harus membuat laporan keuangan yang detail, akurat dan tepat. Laporan keuangan sangat penting untuk dibuat dan disajikan sebagai bahan informasi perusahaan.

Sekilas memang terlihat rumit, namun jika Anda memahaminya dengan baik, langkah-langkah pembukuan dari awal hingga akhir, yakni laporan keuangan, akan terlihat sangat mudah.

Ada banyak jenis bukti transaksi, seperti: bukti pembayaran, bukti kwitansi, dan bukti lain yang berkaitan dengan apa yang kita lakukan, bukti pembayaran ini dapat berupa kwitansi, akta, surat perjanjian, wesel . dll.

Aplikasi Laporan Penjualan

Untuk memberikan bukti transaksi berupa struk, kini Anda bisa membuatnya dalam berbagai format, antara lain format Word (doc), Excel (xls) dan PDF. Selain itu, Anda juga dapat mengunduh aplikasi struk gratis di Internet.

Setelah proses transaksi dianalisis, langkah selanjutnya adalah mencatatnya dalam transaksi keuangan. Pencatatan transaksi dilakukan pada saat terjadi transaksi baru atau kombinasi transaksi dalam satu hari.

Dalam suatu transaksi, setidaknya harus ada beberapa kolom informasi: tanggal, nomor bukti, rekening transaksi, deskripsi, debet, kredit, dan saldo.

Namun pada umumnya buku besar Anda harus mengelompokkan akun-akun tersebut sesuai dengan jenis transaksinya, misalnya untuk transaksi yang termasuk piutang, maka Anda hanya perlu mengelompokkan transaksi piutang saja.

Ini Cara Membuat Grafik Di Excel, Mudah Banget!

Jika harga sama atau saldo, maka saldo yang ditarik sudah benar. Namun jika tidak seimbang, ada banyak kemungkinan yang menyebabkan keseimbangan menjadi tidak seimbang, antara lain:

Setelah semua buku disiapkan, saatnya membuat laporan keuangan Anda. Laporan keuangan adalah aspek terpenting dari sebuah bisnis.

Dengan adanya laporan keuangan perusahaan atau Anda akan cepat mengambil keputusan untuk langkah bisnis Anda ke depan.

Proses akuntansi untuk membuat laporan keuangan sudah selesai, namun ada cara yang lebih praktis untuk membuat laporan keuangan. Anda dapat menggunakan Microsoft Excel untuk memudahkan pembuatan laporan keuangan.

Mudah Banget! Ini Dia 4 Cara Membuat Grafik Di Microsoft Excel

Membuat laporan keuangan menggunakan Excel adalah metode manual terkomputerisasi yang menawarkan cara mudah untuk membuat pembukuan, arus kas, dan laporan laba rugi.

Excel juga memudahkan pengiriman draft antar divisi dan rekan perusahaan. Dalam sistem akuntansi, data yang dimasukkan akan diekspor dalam bentuk lembar kerja Excel.

Single IF adalah fungsi dasar yang penggunaannya sederhana, yaitu untuk menguji nilai logika dan kemudian mengambil satu tindakan jika benar dan tindakan lain jika salah.

Baca Juga :  GB WhatsApp v18.70 – Download untuk Android APK Gratis

Pengertian Rumus IF Excel untuk Percabangan adalah rumus untuk mengevaluasi nilai logika suatu bilangan yang lebih besar dari satu. Fungsi IF tunggal tidak dapat digunakan jika lebih dari satu logika diperiksa.

Tips Cara Membuat Laporan Keuangan Di Excel Profesional & Menarik

Namun, karena kriteria referensi yang digunakan untuk perbandingan lebih dari satu, maka fungsi IF berikutnya digunakan untuk nilai FALSE.

Rumus Excel ini sangat populer dan digunakan. Rumus SUM adalah rumus Excel yang digunakan untuk menambahkan data dari beberapa sel.

Pengertian rumus Excel Counta adalah rumus Excel yang digunakan untuk menghitung jumlah kolom dan baris yang tidak kosong. Rumus ini ditulis: =COUNTA(nilai1;[nilai2]; …)

Pengertian Rumus Excel SLN merupakan rumus Excel yang digunakan untuk menghitung nilai penyusutan suatu aktiva tetap dengan menggunakan metode garis lurus.

Desain Penyusunan Laporan Keuangan Sesuai Sak Menggunakan Microsoft Excel Pada Pt. Nenggapratama Internusantara Kotamobagu

Pengertian Rumus Excel DB adalah rumus Excel yang digunakan untuk menghitung nilai penyusutan aktiva tetap dengan menggunakan metode saldo pereduksi.

Untuk menghindari kesalahan Anda harus memasukkan biaya setiap transaksi secara rinci. Jika Anda menggunakan rumus perhitungan Ms Excel, tentu kesalahannya akan minimal dibandingkan dengan menggunakan perhitungan manual dengan kalkulator.

Beberapa keuntungan menggunakan Ms Excel misalnya untuk membuat laporan keuangan adalah Anda dapat menambahkan komentar dengan rekan kerja Anda atau memasukkan komentar ketika ada hal-hal yang perlu didiskusikan dengan tim Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan grafik agar laporan keuangan Anda lebih lengkap dan jelas dalam memvisualisasikan data. Caranya mudah, klik Menu lalu Enter lalu klik Chart.

Contoh Laporan Keuangan Bulanan Excel Dan Cara Membuatnya

Dengan adanya artikel ini diharapkan para pemilik usaha dapat lebih memahami contoh-contoh laporan keuangan sederhana dan pentingnya laporan keuangan bagi perusahaan.

Selain itu yang perlu ditekankan adalah setiap pemilik usaha mampu membuat laporan keuangan perusahaan dengan menggunakan Ms Excel.

Namun jika tidak ingin repot, maka Anda dapat menggunakan software akuntansi online Mekari yang dapat menghasilkan laporan keuangan dengan cepat dan akurat.

Anda tidak perlu lagi membuat beberapa laporan keuangan satu per satu, cukup masukkan transaksi yang relevan seperti pemasukan dan pengeluaran, serta akun lainnya.

Aplikasi Laporan Keuangan Excel

Anda dapat mencobanya secara gratis selama 14 hari dengan mengklik tombol di bawah ini atau langsung hubungi sales kami jika ada pertanyaan.

Di atas adalah penjelasan lengkap cara melakukan transaksi pemasukan dan pengeluaran serta contoh laporan keuangan sederhana dengan menggunakan Microsoft Excel.

Semoga informasi di atas bermanfaat. Ikuti Macari di media sosial

Pos terkait