Cara Mengukur Dengan Menggunakan Mikrometer Sekrup

Cara Mengukur Dengan Menggunakan Mikrometer Sekrup – Mikrometer bore adalah alat ukur yang terdiri dari sekrup yang dikalibrasi dengan akurasi 0,01 mm (10-5 m). Tahukah Anda bahwa instrumen ini pertama kali ditemukan pada abad ke-17 oleh William Gascoigne karena ia membutuhkan instrumen yang lebih akurat daripada caliper. Ini pertama kali digunakan untuk mengukur besarnya bintang dan benda langit dari teleskop.

Mikrometer bor biasanya digunakan untuk mengukur diameter atau ketebalan benda kecil. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, alat ini 10 kali lebih akurat dibandingkan caliper untuk mengukur benda sekecil 0,01mm.

Cara Mengukur Dengan Menggunakan Mikrometer Sekrup

Penggunaan alat ini untuk mengukur panjang benda belum banyak digunakan, karena pada umumnya panjang benda masih dapat diukur dengan baik dengan tingkat ketelitian 1 mm dan 0,1 mm, dimana setiap tingkat ketelitian mengacu pada penggaris dan jangka sorong setempat. . .

Bacaan Lainnya

Kenalan Yuk Dengan Macam Macam Alat Pengukuran Panjang

Prinsip pengoperasian mikrometer bor adalah menggunakan ulir untuk menambah jarak yang tidak dapat diukur secara langsung dengan memutar ulir lain yang lebih besar dan terlihat pada skala.

4. Setelah dipastikan benda benar-benar terjepit di antara kedua cabang tersebut, hasil pengukuran dapat dibaca pada skala utama dan skala lokal.

Skala dasar terdiri dari skala: 1, 2, 3, 4, 5 mm, dst yang terletak di bagian atas. Skor rata-rata: 1,5; 2.5; 3.5; 4.5; 5.5mm dll di bawah.

Skala putar atau skala vernier adalah skala dari 1 sampai 50. Setiap skala putar atau skala variabel mundur 1 kali, skala utama bertambah 0,5 mm. Dari logika ini kita dapat memperoleh 1 skala putaran = 1/100mm = 0,01mm

Cara Membaca Mikrometer Sekrup, Lengkap Contoh Soal Dan Pembahasan

Pembacaan mikrometer bor dilakukan dalam dua bagian, yaitu skala utama dan skala Vernier atau Vernier. Skala utama dapat dibaca pada lengan baju dan skala terbesar dapat dibaca dengan jari.

Untuk lebih memahami penjelasan di atas, Anda dapat menggunakan pertanyaan berikut. Baca juga:

Berapakah panjang benda yang diukur jika skala diambil dari skala utama dan subskala?

Ok, mari kita lihat apa yang dimaksud dengan mikrometer ulir, cara kerjanya, dan cara membaca mikrometer ulir. Saya harap Anda mengerti.

Baca Juga :  Ciri Gerak Lurus Berubah Beraturan

Cara Membaca Mikrometer Sekrup Berserta Contoh Soal Dan Kunci Jawabannya

Mikrometer sekrup cara membaca mikrometer sekrup sekrup bagaimana cara menghitung mikrometer sekrup mikrometer sekrup mikrometer sekrup bagaimana menghitung mikrometer sekrup untuk mengukur rumus mikrometer sekrup untuk mikrometer sekrup yang akurat ? Apa bagian terpenting dari ukuran ini? Terdapat berbagai macam alat untuk mengukur panjang atau tebal suatu benda, salah satunya adalah mikrometer ulir. Alat ukur ini mampu mengukur ketebalan bahan tipis seperti kertas, triplek, rambut, kawat dan benda-benda kecil lainnya dengan tingkat ketelitian 10 kali lipat lebih akurat dibandingkan caliper dengan ketelitian 0.01mm.

Mikrometer bor adalah alat ukur yang dapat mengukur benda dengan satuan ukur hingga ketelitian 0,01 mm. Dalam penggunaannya, alat ukur ini banyak digunakan untuk mengukur panjang, tebal dan diameter luar suatu benda.

Sebelum mempelajari cara mengukur dengan mikrometer sekrup, ada baiknya Anda membiasakan diri dengan berbagai mikrometer sekrup dan bagian-bagiannya.

Tujuan utama penggunaan mikrometer adalah untuk mengukur panjang suatu benda secara akurat. Ada tiga kelompok umum mikrometer berdasarkan fungsi utamanya:

Pengertian Jangka Sorong, Fungsi, Jenis, Bagian, Dan Cara Membacanya Yang Perlu Diketahui

2. Kemudian letakkan benda yang akan diukur, seperti uang logam atau papan triplek yang tebalnya. Tempatkan objek di antara kedua rahang.

3. Selanjutnya, putar skala dengan mikrometer hingga rahang putar cukup melekat pada objek. Ingat jangan terlalu lengket, jangan ditarik terlalu keras.

6. Selanjutnya perhatikan dan baca skala utama, kemudian bacalah skala vernier yang sesuai dengan skala utama.

Contoh berikut menjelaskan cara menggunakan mikrometer bor dan cara mengukurnya.

Alat Dan Bahan

Saat kita membaca hasil pengukuran bore micrometer, kita melihat dua skala, yaitu skala utama dan skala vernier. Skala utama adalah 0, 1, 2, 3, 4, 5 mm, dst terletak di atas. terdiri dari angka. Kemudian di bawah garis dasar terdapat nilai rata-rata 0,5 mm.

Berikutnya adalah skala vernier atau skala putar dengan angka dari 1 sampai 50. Setiap kali skala putar atau skala vernier mundur 1 kali, skala utama bertambah 0,5 mm. Dari logika ini kita dapat memperoleh 1 skala putaran = 1/100 mm = 0,01 mm. Lihat gambar di bawah untuk detailnya:

Oleh karena itu, pada gambar di bawah, ketebalannya sama dengan bola kecil (merah) yang akan diukur. Mari kita baca dan cari tahu ketebalan bola merah ini:

Untuk membaca dan mengetahui ukuran bola, terlebih dahulu kita melihat angka yang tertera pada skala utama yaitu 4 mm 0,5 mm atau lebih dari 4,5 mm. Lihat foto ini:

Baca Juga :  Mengenal Bitcoin Cash (BCH) Mata Uang Kripto Populer di Indonesia

Seorang Siswa Mengukur Diameter Kelereng Pada 5 Sisi Berbeda Dari Kelereng Dengan Menggunakan

Selanjutnya kita melihat bilangan vernier atau garis skala yang sejajar dengan garis skala utama. Angka 22 ternyata adalah angka 22 pada skala variabel yang sejajar dengan garis skala utama. Karena skala gelembung adalah 100 persen dari skala dasar, bagilah 22 dengan 100 untuk mendapatkan 0,22 mm.

Diketahui nilai skala utama 4,5 mm dan nilai skala lokal 0,22 mm, maka ketebalan bola merah adalah skala utama yang tetap pada skala, yaitu:

Pada gambar di atas, skala utama mikrometer ulir adalah 5,5 mm dan skala terbesar adalah 0,28 mm, sehingga ukuran benda terbaca 5,5 mm + 0,28 mm = 5,78 mm.

Pada gambar di atas, skala utama mikrometer sekrup adalah 2 mm dan skala terbesar adalah 0,12 mm, sehingga ukuran benda terbaca 2 mm + 0,12 mm = 2,12 mm. Bagaimana Anda mengerti? Jika Anda tidak mengerti, lihat pertanyaan 4 di bawah ini:

Tentukan Hasil Pengukuran Jangka Sorong Dan Mikrometer Sekrup Berikut!

Pada gambar di atas, skala utama mikrometer sekrup adalah 5,5 mm dan skala terbesar adalah 0,37 mm, sehingga ukuran benda terbaca 5,5 mm + 0,37 mm = 5,87 mm. Contoh terakhir pasti akan memperkuat pemahaman Anda.

Pada gambar di atas, skala utama mikrometer ulir adalah 5,5 mm dan skala terbesar adalah 0,30 mm, sehingga ukuran benda terbaca 5,5 mm + 0,30 mm = 5,8 mm.

Saat melaporkan hasil pengukuran menurut fisika, selalu memiliki angka relatif (kurang lebih). Hal ini karena tidak semua alat ukur atau proses pengukuran dijamin memberikan hasil pengukuran yang mutlak atau akurat. Selama pengukuran, instrumen dapat berubah atau beberapa jenis pengamatan mungkin tidak berfungsi. Oleh karena itu, saat melaporkan pengukuran menggunakan mikrometer sekrup, nilai ketidakpastian 0,005 mm harus diberikan. Nilai 0,005 mm adalah setengah akurasi atau presisi sekrup mikrometer 0,01 mm.

Di mana x adalah pembacaan mikrometer, Δx adalah ketidakpastian, dan Δx = 1/2 adalah presisi instrumen. Karakter ini harus ditambahkan setelah karakter ±.

Hasil Pengukuran Dengan Mikrometer Sekrup Ketebalan Cincin……….. Mm (angka Saja, Dua Angka

Ini hanyalah beberapa contoh cara membaca mikrometer ulir, yang digunakan untuk mengukur ketebalan benda. Saya harap ini akan menambah pemahaman Anda. Mikrometer bore adalah alat ukur yang terdiri dari sekrup yang dikalibrasi dengan akurasi 0,01 mm (10-5 m). Instrumen ini pertama kali ditemukan oleh William Gascoigne pada abad ke-17 karena kebutuhan akan instrumen yang lebih akurat daripada caliper. Ini pertama kali digunakan untuk mengukur besarnya bintang dan benda langit dari teleskop.

Baca Juga :  Berikut Ini Pernyataan Yang Tepat Tentang Gerak Parabola Yaitu

Meskipun memiliki kata “mikro”, alat ini tidak cocok untuk menghitung benda pada skala mikrometer. Kata “mikro” pada alat ini berasal dari bahasa Yunani micros, artinya 10-6 dalam skala mikro.

Bagian stasioner dari poros. Objek yang akan diukur dilampirkan pada bagian ini, dan bagian poros geser digerakkan lebih dekat untuk memperbaiki objek.

Bagian statis adalah lingkaran dengan skala di atasnya. Ada dua skala, skala utama dan skala terbesar.

Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup Mudah, Simak Penjelasan Ini

Komponen berbentuk C yang berisi poros pemotong dan bagian lain dari sekrup mikrometer. Bingkai mikrometer bor tahan lama dan menebal untuk mencegah benda bergerak, bergerak atau berubah bentuk.

Prinsip pengoperasian mikrometer bor adalah dengan menggunakan ulir untuk menambah jarak yang tidak dapat diukur secara langsung dengan memutar ulir lain yang lebih besar dan dapat dilihat pada skala.

Pembacaan mikrometer bor dilakukan dalam dua bagian, yaitu skala utama dan skala Vernier atau Vernier. Skala utama dapat dibaca pada lengan baju dan skala terbesar dapat dibaca dengan jari.

Mikrometer bor biasanya digunakan untuk mengukur diameter atau ketebalan benda kecil. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, alat ini 10 kali lebih akurat dibandingkan caliper untuk mengukur benda sekecil 0,01mm.

Created By: Ahmad Mulkani, S.pd

Penggunaan alat ini untuk mengukur panjang benda belum banyak digunakan, karena pada umumnya panjang benda dapat diukur dengan baik dengan ketelitian 1 mm dan 0,1 mm, dimana tingkat ketelitian masing-masing dimiliki oleh penggaris dan jangka sorong. .

Berapakah panjang benda yang diukur jika skala diambil dari skala utama dan subskala?

Mikrometer Sekrup Cara menggunakan mikrometer jenis sekrup

Cara mengukur menggunakan mikrometer sekrup, cara mengukur ketebalan menggunakan mikrometer sekrup, cara mengukur ketebalan dengan mikrometer sekrup, mengukur mikrometer sekrup, cara mengukur benda dengan mikrometer sekrup, pengukuran dengan mikrometer sekrup, cara mengukur pakai mikrometer sekrup, mikrometer sekrup untuk mengukur, cara mengukur mikrometer sekrup, cara mengukur dengan mikrometer sekrup, mikrometer sekrup dapat digunakan untuk mengukur, mengukur dengan mikrometer sekrup

Pos terkait