Ketahui 5 Manfaat Sunscreen Sebelum Menggunakannya

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Udara yang panas dan paparan sinar ultraviolet (UV) secara langsung pada kulit ketika beraktivitas di luar Puncak-media.coman dapat membahayakan kulit, terlebih di lingkungan tropis seperti Indonesia.

Untuk mengatasi hal tersebut, kulit tentunya memerlukan perlindungan dari tabir surya atau biasa disebut dengan sunscreen.

Bacaan Lainnya

Melansir dari Pickybest.id, salah satu merek sunscreen yang terkenal adalah sunscreen Wardah yang yang merupakan brand lokal yang telah terpercaya kualitasnya.

Terdapat berbagai macam sunscreen Wardah yang diproduksi oleh Wardah dengan formulasi yang berbeda-beda pula untuk melindungi kulit.

Bagi masyarakat di lingkungan tropis seperti Indonesia, memakai sunscreen merupakan salah satu hal wajib dalam rangkaian perawatan kulit yang sangat penting.

Sunscreen akan bekerja melindungi kulit dari paparan langsung sinar UV yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan kulit.

Tak hanya itu saja, sunscreen ternyata juga membawa sederet manfaat lain untuk kulit. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa manfaat sunscreen berikut :

1. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UV

Melindungi kulit dari paparan sinar matahari atau sinar UV secara langsung merupakan fungsi utama dari sunscreen.

Sinar matahari yang secara langsung mengenai lapisan kulit terluar akan mengakibatkan dampak yang buruk bagi kulit, diantaranya adalah kulit kering, memerah, mengelupas, perih, hingga belang.

Selain itu, secara jangka panjang sinar matahari juga dapat menyebabkan kulit mengalami penuaan dini, timbul flek dan kerutan, bahkan paling parahnya hingga kanker kulit.

Baca Juga :  Si Jahat Lite Linktree [Update] 2022 + Download Apk Puas

Untuk meminimalisir berbagai dampak buruk dari sinar UV bagi kulit ini, penggunaan sunscreen akan berperan sangat besar untuk melindungi kulit.

Oleh karena itu sangat penting menggunakan sunscreen ketika beraktivitas yang membuat kulit harus terpapar sinar matahari secara langsung.

2. Mencegah Penuaan Dini pada Kulit

Selain berperan sebagai pelindung kulit dari sinar UV, sunscreen juga dapat mencegah penuaan dini.

Penuaan dini juga merupakan salah satu efek buruk akibat paparan sinar matahari, tanda-tanda penuaan dini diantaranya seperti kulit kasar, kering, muncul kerutan dan garis halus, dan muncul bintik-bintik hitam.

Dengan menggunakan sunscreen, tanda-tanda penuaan dini ini akan dapat dicegah.

3. Membuat Warna Kulit Tetap Rata

Memiliki warna kulit yang belang tentu akan sangat tidak nyaman apalagi di area kulit wajah.

Warna kulit tidak merata atau belang juga termasuk efek buruk paparan sinar UV. Namun, sunscreen dapat mencegah hal ini terjadi karena sunscreen dapat melindungi kulit secara merata.

4. Mencegah Penyakit Kanker Kulit

Kanker kulit merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang jaringan kulit.

Adanya penyakit kanker kulit dapat ditandai dengan munculnya perubahan pada kulit seperti bercak, benjolan, dan tahi lalat yang bentuknya tidak normal.

Lagi-lagi paparan sinar UV merupakan penyebab seseorang dapat terserang kanker kulit ini. Sinar UV yang terlalu lama atau terlalu sering dapat merusak sel-sel pada kulit hingga menyebabkan kanker kulit.

Menggunakan sunscreen dapat mencegah hal ini terjadi dengan memberikan perlindungan yang akan meminimalisir risiko terkena kanker kulit.

5. Mencegah Munculnya Komedo

Komedo merupakan benjolan kecil yang ada di pori-pori kulit, benjolan ini dapat menjadi bakal jerawat yang dapat tumbuh di wajah, lengan, punggung, bahu, hingga dada.

Baca Juga :  Startup Ini Bantu Kreator Konten Belum Terkenal Cari Uang

Keberadaan komedo tentu akan membuat tidak nyaman dan mengganggu penampilan, apalagi komedo yang akan menjadi jerawat.

Memakai sunscreen sangat berguna untuk mencegah komedo, terlebih kulit yang memang rentan terkena jerawat.

Demikianlah tadi informasi mengenai 5 manfaat sunscreen yang perlu untuk diketahui sebelum memutuskan untuk menggunakan sunscreen. Semoga bermanfaat.

(bul/bul)


Pos terkait