Kisah Tim TRANS7 Lewati Jurang Menuju Lokasi Gempa Cianjur

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin, 21 November 2022 menyebabkan sejumlah wilayah terkena dampaknya dan menelan ratusan korban. Gempa bumi berkekuatan 5,6 SR ini menyebabkan putusnya jaringan komunikasi, akses transportasi yang sulit hingga rusaknya bangunan dan tempat tinggal di wilayah Kabupaten Cianjur.

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga saat ini warga yang mengungsi akibat gempa bumi mencapai 61.908 orang. Tidak hanya itu, BNPB juga menyebut jumlah rumah yang rusak mencapai 56.320 rumah. Sementara jumlah korban tewas akibat gempa bumi bertambah menjadi 271 orang dan 40 orang yang belum ditemukan.

Bacaan Lainnya

Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang terkena bencana gempa bumi, TRANS7 memberikan bantuan untuk masyarakat yang terdampak melalui TRANS7 Peduli. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 22 November 2022 di Kelurahan Sayang, Cianjur.

Pada saat pelaksanaan kegiatan ini, Tim TRANS7 Peduli melewati jalur utama via Jalan Puncak menuju Tapal Kuda. Tim sempat mengalami kesulitan menembus lokasi bencana dikarenakan akses jalan utama kembali ditutup akibat gempa susulan. Tim terpaksa harus memutar dengan mengambil jalur alternatif via Jalan Hanjawar menuju Jalan Mariwati.

Perjalanan yang ditempuh tidak mudah, terdapat jurang di kanan dan kiri jalan serta minimnya penerangan lampu jalan. Sesampainya di lokasi bencana, Tim langsung disambut cuaca buruk serta kondisi jalan yang licin dan berlumpur akibat hujan deras.

Baca Juga :  Candi Plaosan Merupakan Salah Satu Peninggalan Dari Kerajaan Mataram Kuno

Sekitar 150 warga Kelurahan Sayang, Cianjur mengungsi di sekitar halaman dan pinggiran rel kereta api dengan tenda yang beralaskan terpal. Jumlah ini kemungkinan akan bertambah terjadi gempa susulan. Lokasi yang Tim TRANS7 Peduli datangi ini hampir belum tersentuh bantuan. Kondisi rumah di area tersebut juga mengalami kerusakan yang cukup parah sehingga membahayakan jika ditinggali.

Terpantau ada alat berat di lokasi bencana yang digunakan untuk membersihkan jalan dari pohon tumbang dan tanah dari longsoran tebing. Sementara, pencarian korban juga masih terus berlangsung. Proses penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Tim TRANS7 Peduli kepada perwakilan RT dan warga setempat. Adapun bantuan yang diberikan berupa air mineral, biskuit, selimut, pakaian dan terpal.

“TRANS7 Peduli adalah bentuk kepedulian TRANS7 terhadap masyarakat sekitar baik yang membutuhkan atau yang terkena bencana. Kami merespon dengan cepat, berusaha memberikan bantuan kepada masyarakat dan tetap mengikuti perkembangan situasi di wilayah yang terdampak gempa bumi Cianjur. Diharapkan dengan bantuan yang TRANS7 berikan dapat bermanfaat dan membantu kebutuhan masyarakat setempat,” ujar Anita Wulandari, VP Marketing Public Relations TRANS7.

[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)


Pos terkait