Lakukan 2 Tips Ini agar Keuangan Anda Kebal Efek Resesi

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Saat ini dunia tengah berada di bawah ancaman resesi global. Belum tahu seberapa parah resesi global yang mungkin terjadi, namun yang jelas Inggris sudah lebih dulu masuk ke jurang tersebut. 

Apabila ramalan buruk itu menjadi nyata, Anda tentu berharap bisa selamat dari efek yang ditimbulkan. 

Bacaan Lainnya

“Hal terpenting yang dapat kita lakukan agar kita dapat bertahan dari kemerosotan ekonomi apa pun, resesi apa pun, adalah membuat keputusan kecil di awal sehingga Anda tidak pernah mengalami masalah yang membuat Anda khawatir tidak bisa membayar hal-hal yang Anda butuhkan,” kata Candy Valentino, penulis buku “Wealth Habits.”

Menurut Valentino, setidaknya ada dua hal yang bisa Anda lakukan agar keuangan Anda selamat dari resesi.

Pertama, pastikan pendapatan Anda tidak hanya berasal dari satu sumber. 

Salah satu ancaman utama resesi adalah PHK besar-besaran karena perusahaan kekurangan uang. Jika skenario terburuk itu terjadi, Anda tentu akan bersyukur jika memiliki pekerjaan sampingan di bidang dan industri berbeda yang lebih kebal resesi. 

Logika yang sama juga berlaku untuk portofolio investasi. Pastikan portfolio investasi Anda beragam agar tidak langsung jatuh miskin jika, misalnya, nilai saham anjlok signifikan. 

“Kuncinya adalah memastikan bahwa [arus pendapatan Anda] tidak semuanya berada di industri yang serupa atau terkait sehingga jika satu pasar memburuk, Anda memiliki penghasilan dengan cara lain dan dari jenis sumber lain,” kata Valentino.

Baca Juga :  Tuning Club Online Mod APK Full Nitro 2022

Kedua, Anda mau tak mau harus membelanjakan uang sesuai kebutuhan. 

Sebagai pedoman, Valentino menyarankan untuk menyisihkan setidaknya 20% dari penghasilan Anda untuk tabungan dan investasi.

“Jika Anda berpikir, ‘Ya ampun, tidak mungkin saya bisa melakukan itu,’ itu adalah indikator No. 1 yang mengindikasikan bahwa Anda hidup di luar kemampuan,” kata Valentino.

“Jika Anda tidak dapat menabung dan berinvestasi di awal, maka semua aset yang terdepresiasi ini, tas, mobil, sepatu mewah, adalah representasi fisik bahwa Anda hidup di luar kemampuan.”

Dalam kasus gaji yang hanya cukup untuk kebutuhan hidup sehari-hari, Valentino menyarankan Anda untuk berpikir kreatif agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari sumber lain. 

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Sudah Kerja Keras Bagai Kuda tapi Susah Kaya? Ini Penyebabnya

(hsy/hsy)


Pos terkait