Luhut ‘Haqqul Yaqin’ Tesla Bakal Investasi di Indonesia

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan semakin percaya diri perusahaan mobil listrik milik Elon Musk, Tesla, akan membangun pabriknya di Indonesia.

Tapi, dia berujar, karena perundingan investasi ini masih terikat perjanjian negosiasi tidak boleh diungkapkan kepada publik (Non-Disclosure Agreement/ NDA), dia belum bisa merincikan lebih jauh.

Bacaan Lainnya

“Saya memang masih NDA sama mereka, saya enggak boleh cerita sama kalian bapak ibu sekalian apa yang sedang mau kita final-kan dengan mereka, tapi saya yakin, haqqul yaqin mereka pasti akan datang ke kita,” kata Luhut dalam acara Wealth Wisdom di Pacific Place, Jakarta, Selasa (29/11/2022).

Meski begitu, Luhut mengaku sudah banyak berbicara dengan para petinggi Tesla berbagai keuntungan membangun pabrik mobil listrik di Indonesia, selain dari jumlah penduduk yang mencapai 270 juta orang, dan kelas menengah yang terus tumbuh, biaya produksi juga lebih murah dibanding negara lain.

“Makanya Tesla besok kita bicara lagi sama mereka. Kita lihat mereka mau lari ke mana, tadi materialnya ada di kita, cost kita lebih murah kita bisa 5 cent per kw hour harga listrik, transportasi dari raw material US$ 2, dia bawa ke China US$ 15-20, harga listrik 10-12 cent. siapa yang bisa lawan kita?” ujar Luhut.

Selain Tesla, Luhut juga mengaku telah banyak bicara dengan pabrikan kendaraan roda empat lainnya untuk membangun ekosistem mobil listrik berbasis baterai. CATL pun telah berkomitmen investasi US$ 35 miliar demi membangun ekosistem baterai listrik.

“Kita juga diskusi dengan Ford, VW, Bast, jadi jangan bapak ibu sebut kita diatur oleh china tidak, betul awal-awal itu saya lihat Tiongkok yang paling bisa diajak ngomong untuk dia investasi, tapi setelah sekarang orang lihat kita, kita bangun industrinya, kita ajak yang lain semua lari ke kita,” tutur Luhut.

“Saya bilang sama Tesla, kalau kau bikin pabrik, kau pasti naik ini (penjualan). Enggak ada yang enggak naik,” ujar Luhut.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Luhut Diam-Diam Ketemu Tesla, Pulang Bawa Oleh-oleh Rp 74,5 T

(sef/sef)


Pos terkait