Menkes Buka Suara Soal Munculnya Virus Polio di RI

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Indonesia mengumumkan adanya kejadian luar biasa (KLB) polio di dalam negeri, tepatnya di provinsi Aceh. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan situasi tersebut dikarenakan kurangnya vaksinasi.

“Mengenai outbreak polio di Aceh karena memang kurang vaksinasi IPP-nya, adaya OPV,” ungkap Budi saat rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (22/11/2022).

Bacaan Lainnya

Dalam beberapa tahun terakhir, kata Budi, sebagian masyarakat Aceh memang cenderung menolak penggunaan vaksin. Maka dari itu, muncul kerawanan hadirnya polio.

“Ada masalah acceptance dari publik mengenai vaksinasi suntik, akibatnya rendah sekali sehingga mereka jadi rawan,” ujarnya.

Diketahui, virus tersebut ditemukan pada anak berusia 7 tahun 2 bulan di Kabupaten Pidie. Dari hasil tes, anak itu mengidap Virus Polio Tipe 2 dan Sabin Tipe 3.

“Kemarin nambah lagi jadi 3 di Pidie dan Alhamdulilllah kita sudah kirim tim di sana sudah sosialisasi dengan bupatinya dan Alhamdullah mendukung,” jelas Budi.

“Ini kalau tidak dapat dukungan menyebar makanya akan kita sapu dengan vaksinasi polio karena seharusnya Indonesia sudah bebas sama seperti AS, Inggris dan Israel.” katanya

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Muncul Gejala Cacar Monyet? Simak Saran dari Kemenkes

(cha/cha)


Baca Juga :  Full Video Viral La Rosa De Guadalupe

Pos terkait