Penerapan Listrik Statis Dalam Kehidupan Sehari Hari

Penerapan Listrik Statis Dalam Kehidupan Sehari Hari – 2 Listrik statis Listrik statis┬ádidefinisikan sebagai fenomena fisik yang dapat menunjukkan adanya interaksi antara benda dengan muatan listrik. Jenis muatan listrik yang ada di masing-masing benda ini bisa negatif atau positif. Jika Anda memberi contoh fenomena fisik ini, itu seperti kita menggosok ambar dengan kain sutra untuk mendapatkan muatan listrik. Kita dapat melihat bukti listrik ini ketika kita mendekatkan potongan-potongan kecil kertas, menyebabkan kertas menarik dan menempel pada amber.

3 Petir Petir terjadi saat belum turun hujan Awan dalam keadaan netral, yaitu jumlah elektron dan proton sama. Nah, saat hujan, terjadi gesekan antara partikel di awan dan udara, yang menyebabkan awan menghasilkan listrik statis. Kemudian, ketika proses pelepasan muatan listrik dari awan dimulai, maka akan tercipta percikan listrik yang kita kenal sebagai petir.

Penerapan Listrik Statis Dalam Kehidupan Sehari Hari

4 Lanjutan… Benjamin Franklin adalah orang pertama yang menyebut petir pada tahun 1700 sebagai salah satu penggunaan listrik statis dalam kehidupan sehari-hari. Dalam penyelidikan yang diungkapkannya, ditemukan bahwa listrik statis dapat merambat dengan cepat bergantung pada mediumnya, yaitu medium atau bahan tertentu. Dikatakan juga bahwa permukaan dengan bentuk tajam atau runcing lebih mudah menarik elektron dibandingkan dengan permukaan datar.

Bacaan Lainnya

Manfaat Dan Kerugian Listrik Statis Dalam Kehidupan

6 Generator Van de Graaff Generator Van de Graaf membuat rambut Anda berdiri tegak. Generator arus yang disebut generator Van de Graaf biasanya digunakan di laboratorium penelitian. Generator ini adalah contoh kedua penggunaan listrik statis dalam kehidupan sehari-hari, karena merupakan alat yang digunakan untuk menghasilkan listrik statis ini. Ini bekerja berdasarkan prinsip gesekan, yaitu gesekan antara silinder bawah dan karet gelang, yang menimbulkan muatan listrik negatif pada karet gelang.

Baca Juga :  Merapat, Bun! Harga Emas Antam Gak Berubah, Tetap Murah!

8 Silinder polietilen Di sisi lain, gesekan antara silinder polietilen bagian atas dan karet gelang akan menimbulkan muatan listrik positif pada karet gelang lainnya. Gerakan ke atas dari karet gelang kemudian akan menyebabkan muatan negatif mengalir melalui ujung runcing di bagian atas kubah. Sejauh ini, elektron-elektron tersebar di permukaan kubah, tetapi bagian dalam kubah tidak mengandung elektron. Pada saat yang sama, terjadi gerakan ke bawah dari sabuk karet yang membawa muatan listrik positif. Muatan listrik positif ini akan mengalir ke tanah dan dinetralkan oleh ujung yang tajam.

9 Lanjutan…. Proses terakhir adalah silinder logam bagian bawah digerakkan oleh motor listrik hingga karet strip berhenti bergerak, sehingga muatan listrik negatif mengalir ke dalam kubah. Proses ini dapat menimbulkan muatan listrik yang sangat besar di kubah generator Van de Graaf, yang bisa mencapai volt.

10 Elektroskop Elektroskop adalah alat yang dapat digunakan untuk mengetahui ada tidaknya muatan listrik pada suatu benda. Prinsip kerja elektroskop didasarkan pada induksi listrik, yaitu jika benda bermuatan listrik disentuh oleh kepala elektroskop, muatan yang serupa dengan muatan benda bermuatan tersebut akan berpindah ke daun elektroskop. Akibatnya, kedua sayap elektroskop akan bermuatan sama sehingga saling tolak (sayap elektroskop terbuka).

Penerapan Listrik Statis Dalam Kehidupan Sehari Hari

12 Filter Elektrostatis Filter elektrostatis (filter atau filter) banyak digunakan di industri untuk menyaring partikel gas yang tidak diinginkan sebelum dilepaskan ke atmosfer melalui cerobong asap Di rumah-rumah, filter elektrostatis digunakan untuk menyaring debu agar tidak menghalangi pernapasan penghuni . Gas yang disaring ditempatkan dalam pipa dengan peralatan yang dapat mengionisasi molekul gas. Partikel bermuatan menempel pada dinding tabung yang bermuatan berlawanan.

Baca Juga :  Anak Muda Bisa Alami Penyusutan Otak Kalau Punya Kondisi Ini

14 Termenvox Termenvox adalah alat musik yang dapat dimainkan tanpa disentuh. Dua antena di Termenvox mengontrol volume dan nada musik. Jika seseorang mendekatkan tangannya ke antena, efeknya akan sama dengan kapasitor pelat paralel.

15 Lanjutan… Dalam hal ini, antena bertindak sebagai salah satu ubin dan tangan bertindak sebagai pasangan ubin. Mengubah jarak antara antena dan tangan berarti mengubah kapasitansi sistem kapasitor. perubahan kapasitansi ini dirasakan oleh sirkuit elektronik yang langsung menerjemahkannya menjadi perubahan volume atau nada musik. Prinsip kapasitor juga berlaku untuk defibrillator dan perangkat penerangan di peralatan.

Agar situs web ini berfungsi, kami merekam data pengguna dan meneruskannya ke pemroses. Untuk menggunakan situs web ini, Anda harus menerima Kebijakan Privasi kami, termasuk Kebijakan Cookie kami.

Penerapan Listrik Statis Dalam Kehidupan

Pos terkait