Posisi Lnb Parabola Measat Ku Band

Posisi Lnb Parabola Measat Ku Band – Sebagai pelacak satelit di tahun 90-an, saya sangat bangga bahwa negara kita, Indonesia, adalah pionir satelit di negara-negara ASEAN. Saat itu, satelit Palapa B2P sangat sukses membawa siaran TV dari hampir seluruh negara ASEAN. TV1 – TV3 Malaysia adalah favorit saya mungkin karena bahasanya mirip dan terdengar lucu di telinga saya saat itu, bahkan ketika saya dewasa dan Upin Ipin datang saya dapat dengan mudah menafsirkan istilah Melayu seperti ‘imut’, ‘tidak berguna atau frasa ‘keras-lumty’ berarti sedikit perubahan dari bahasa Indonesia.

Negara ASEAN lainnya yang menyewa transponder palapa pada era tersebut adalah GMA – Filipina, BBTV/Army TV Thailand, RTB Brunei, MWD Myanmar, Macau TV Kumar dan SITV Singapura. Pada akhir 1990-an, harga satelit menjadi terjangkau bagi negara-negara ASEAN dimulai dengan diluncurkannya Measat Malaysia, Manila kemudian berhasil membeli satelit Palapa B2R milik PSN untuk menjadi miliknya dan diberi nama AGILA. Begitu pula Thailand dengan Thaicom membuat Palapa C2 merasa sepi di awal tahun 2000-an, sehingga terjadi kelangkaan siaran TV, terutama saat siaran satelit Telkom.

Posisi Lnb Parabola Measat Ku Band

Singkat cerita, tahun telah berganti dan saya sudah lama melepaskan hobi pelacakan satelit dan hanya melirik situs dan forum satelit. Niatnya untuk update channel di TV bapak saya di kampung kalau tiba-tiba ada keluhan serialnya hilang. Dan ternyata semakin ramai ketika Ninmedia keluar di angkasa Indonesia, alhasil banyak orang yang menukar parabola kecil bekas seperti foto diatas yang selalu ada di rumah saya yang tidak ada parabola YES Telkom . lebih bermanfaat sebagai hasil pembelian dari jalur konversi. Jadi saya kembali tertarik dengan hobi yang sangat saya sukai ketika saya masih SMP – SMA – kuliah.

Bacaan Lainnya

Frekuensi K Vision Ku Band Measat 3a Dan C Band Telkom 4

Sesuai judul di atas, kali ini kita akan jalan kaki melewati negeri gajah Satelit Thaicom 5/6/8 yang terletak di bujur 78,5 derajat. Menurut informasi di website lain, satelit Thaicom memiliki pancaran yang sangat kuat di Indonesia dan jumlah siaran TV yang sangat beragam. Ada banyak negara piagam dari Asia dan Afrika, dari Laos hingga Somalia dan Nepal hingga Korea Utara. Wah seru nih, jadi inget beda TV di satelit Palapa tahun 90an.

Ibarat memanjakan, seorang teman menawarinya pekerjaan memasang parabola di rumahnya yang memiliki 11 kamar, maklum ia seorang pengusaha kaya dan rumahnya berada di kawasan elite Taman Raffles Citraland Surabaya. Namanya saja pengusaha yang mumpuni dan betul, apa saja bisa uang, rumah memang menjadi “persinggahan” ekspatriat yang bekerja di Surabaya atau membutuhkan tempat persinggahan saat berkunjung dalam perjalanan bisnis di Surabaya. Bisa jadi pemasukan kalau disewakan, apalagi tambahan biaya perawatan rumah yang kolamnya bikin saya ingin terjun ke dalamnya. Saya menawarkan streaming prabayar TOPAS gratis selama satu tahun, saluran premium HBO FOX, dll. Namun ternyata jika seorang pengusaha ditawari siaran televisi yang bergaji kecil, muncullah akun untung rugi. Hahahaha Thaicom adalah pilihan yang terlintas di pikiran, bagaimana dengan siaran TV lokal? Ninmedia di chinasat 11 menjadi penyelamat seiring dengan hadirnya siaran FTA lokal kvision di Measat 3a

Dengan enggan, saya terlibat dengan dua pria yang tidak memiliki pengalaman dalam memasang parabola jala bersama dengan Palapa-Telkom run. Selain itu, kesulitan tambahan adalah integrasi parabola dengan siaran FTA Ninmedia dan kvision. Mencari sinyal Thaicom sebenarnya tidak sulit karena paketnya banyak dan dengan piringan 7 meter hampir 80% transponder dapat dijangkau. Sinyal standar ditangkap pada pemancar 4080H, laju simbol 30000 pada SQ 75% yang baik. Bagaimana menentukan arah dan jarak lnb? Perhatikan gambar di bawah ini.

Ada baiknya menjelaskan cara menghitung jarak LNB, jadi saya akan menjelaskan perhitungan standar dari parabola atau parabola yang saya gunakan, merek Venus AL7210 berukuran 7 kaki. Jadi, rekan pembaca yang ingin berlatih sebaiknya mengikuti perhitungan awal ya, agar hasilnya benar. Disini saya menggunakan pencarian standar 2 satelit palapa vs 10 chainsat (Skinendo) karena kebetulan saya lebih banyak menggabungkan metode ini daripada menggabungkan Palapa dan Telkom, kenapa? Karena cukup untuk menghubungkan LNB kedua di timur PALAPA, CHINASAT 10 diterima dengan sempurna. Jadi apa hubungannya?

Nyoba Siaran Ninmedia Pakai Orangetv Ku Band

Melanjutkan hasil percobaan pada piringan Venus AL 7210 7 feet, jaraknya mendekati 0 cm, jadi kita menggunakan jarak dari pusat LNB, LNB C-band umumnya menggunakan diameter 5,5 cm, jadi:

Ternyata tidak semudah yang dibayangkan untuk mengatur offset LNB pada piringan pencacah, karena prinsip pembalik sinyal piringan utama yang berbeda, yang harus dialihkan sedemikian rupa sehingga dapat diterima oleh dua offset LNB. Gambar yang saya ambil diatas adalah contoh settingan yang memungkinkan dan saya bisa mendapatkan sinyal yang minim, sayangnya hujan hilang begitu saja, Nintendo dan media streaming media. Saya akhirnya kembali menggunakan parabola kecil untuk siaran ninmedia dan kvision FTA. Saya sadar dan menyesuaikan penggunaan alat dengan fungsinya saat ini.

Jika menggunakan piringan 100 cm, hasilnya hanya 3 broadcaster yang terkoneksi, tidak masalah karena siaran HD favorit PPTV yang memiliki banyak siaran sepak bola, dapat disaksikan secara bersamaan dengan Ninmedia dan KVision FTA. Lebih dari 100 saluran menghiasi layar TV Anda Sahabat Satelit mania Sudah lama kami tidak memberikan tutorial tentang dunia tracking. Sekarang di tengah panasnya banyak penyiar/penyedia yang bermigrasi dari satelit lama ke satelit yang lebih baru, saat ini kami mencoba menyiapkan panduan umum (informasi cepat tepatnya) tentang cara melacak satelit.

Satelit yang akan kita targetkan adalah satelit yang saat ini ‘beredar’, yaitu telkom 4 (satelit merah putih).

Transponder Frekuensi Channel Rcti Telkom 4 Measat 3a Ses9 C Band Dan Ku Band Terbaru Agustus 2020 K Vision, Nex Parabola, Dan Nusantara Hd

Beberapa provider TV berbayar seperti Nex Parabola migrasi ke satelit telkom 4 dari satelit Palapa d, dan K Vision disebut juga migrasi ke satelit merah putih.

Kita semua tahu bahwa Nex Parabola memancarkan siarannya di frekuensi C band (sebelumnya di palapa d) dan frekuensi KU Band di satelit SES 9.

Membayar di satelit Telkom 4 (frekuensi C band) menawarkan keuntungan tersendiri bagi pengguna akhir dalam hal penerimaan siaran. Dimana pengguna dapat menerima siaran satelit Telkom 4 dan SES 9 secara bersamaan tanpa harus mengganti antena parabola.

Sebagai informasi tambahan, bujur satelit Telkom 4 dan SES 9 adalah 108,2 derajat bujur timur, sehingga jika saat ini antena ekuivalen pengguna berada di posisi satelit Telkom 4 untuk menerima transmisi Nex Parabola, pengguna juga dapat untuk menangkap siaran melalui SES 9 dengan syarat yang harus dipenuhi.

Cara Mudah Tracking Ninmedia Di Satelit Chinasat 11 Untuk Pemula

Cara Tracking Otomatis Transmisi Satelit C-Band dan KU Band Nex Apa yang diperlukan untuk menangkap satelit Telkom 4 dan 9 secara bersamaan Pengguna harus menggunakan LNB khusus yang biasa disebut LNBF Combo (C/KUBand).

Untuk menangkap parabola berikut ini silahkan tracking di satelit telkom 4 menggunakan jalur c-band karena arah parabola agak condong ke barat. Harap maksimalkan frekuensi/pemancar lalu kunci sekrup penyangga.

Kemudian silahkan scan receiver di dekat cband parabola di satelit telkom 4 lalu ku band di ses satelit 9.

Selain itu, bagi pemula yang perlu memperhatikan setting di receiver, pilihan tipe LNB, jangan sampai salah pilih.

Trik Dan Cara Modifikasi Skalar Ring Dudukan Lnb Sepiring Ber 3

Sedangkan untuk pilihan lainnya hanya perlu di sesuaikan saja, atau tidak perlu di rubah jika hanya menggunakan 1 LNB (combo LNBF).

Update: Kabar baik bagi pengguna nex parabola, selain menggunakan antena parabola yang kuat (antena besar), transmisi nex parabola juga dapat diterima melalui antena kecil (dulu parabola berbayar) dengan menggunakan kombinasi lnbf + CSR (cone ring). Apa itu tanggung jawab sosial perusahaan? Silakan baca artikel tentang: Amplifikasi sinyal parabola menggunakan loop skalar berbentuk kerucut

Kini, dengan Combo LNBF, pengguna dapat menikmati siaran setara nex melalui satelit telkom 4 dan ses 9 secara bersamaan. Kuband Nex Parabola mentransmisikan sinyalnya ke satelit SES 9 di bujur 108° BT, dilihat dari SES 9. Bujur bulan Industri, piringan akan berbelok ke timur.

Namun, bagi yang sudah paham lokasi satelit, Anda bisa menguncinya dari arah mana saja menggunakan pengaturan yang sudah Anda pahami.

Hasil Tracking Satelit Telkom 4 Menggunakan Dish 80 Cm

Namun bagi anda yang ingin mencoba mengunci Nex Parabola ke satelit SES 9 dan masih minim mengenai arah dan karakteristik sinyal yang dipancarkan oleh satelit tersebut, cukup lacak arah satelit tersebut agar sinyal Nex Parabola dapat dipancarkan. diterima sebagaimana mestinya.

Karena Nex Parabola terletak di 108 derajat bujur timur, maka posisi piringan seperti di atas akan menghadap ke timur pada bujur tersebut.

Posisi konektor Lnb bisa diatur, mau menghadap selatan atau utara, tergantung daerah atau lokasi anda berada.

Ukuran plat offset minimal bisa menggunakan plat 60cm atau 45cm. Jika ukuran piringan kita lebih besar, maka kualitas sinyal yang dapat diterima akan lebih besar.

Cara Mudah Tracking Nex Parabola Ku Band Di Satelit Ses 9 108°e

4. Setelah semuanya sudah diatur dengan benar, selanjutnya pilih frekuensi ekuivalen yang memiliki sinyal terkuat, gunakan frekuensi 11921 V 45000, frekuensi ini biasanya paling mudah untuk tracking satelit SES 9

5. Gerakkan piringan secara perlahan dari atas ke bawah dan juga dari kiri ke kanan, jika mendapat sinyal maka kunci dudukan piringan agar sinyal yang diterima lebih maksimal

6. Setelah semuanya di-zoom, kencangkan semua sekrup board agar lebih kencang dan board tidak bergetar lagi.

Dan Anda dapat menambahkan frekuensi Nex Parabolic kedua yaitu 11861 V 45000 dan menghapus kedua frekuensi tersebut.

Frekuensi Transvision Nusantara Hd Telkom 4 C Band Terbaru

Agar ketiga frekuensi Nex Parabolic 11921 V 45000, 11861 V 45000 dan 11861 H 45000 memiliki kualitas yang sama, maka gerakkan secara perlahan atau putar Lnb hingga ketiga frekuensi tersebut seimbang dan kekuatan sinyalnya sama.

Jika sudah semua maka Nex Parabola Decoder sudah bisa diaktifkan

Measat ku band, measat 3a ku band, cara pasang lnb ku band nex parabola, lnb ku band di parabola jaring, satelit measat ku band, posisi lnb parabola yang benar, pasang lnb ku band di parabola jaring, measat 3 ku band, parabola jaring pakai lnb ku band, tp measat ku band, posisi lnb parabola, posisi nex parabola ku band

Pos terkait