Set Top Box Siaran TV Digital Gratis Dari Pemerintah 2022


Set Top Box Siaran TV Digital – Siaran TV Digital saat ini menjadi topik utama yang sangat banyak di bahas di berbagai media. Pemerintah telah resmi mengganti siaran TV Analog menjadi TV Digital sejak tahap 1 Bulan April 2022.

Hal ini telah selesai di awal bulan November 2022 sehingga masyarakat yang menggunakan TV Analog . Kemungkinan tidak bisa lagi mengakses siaran TV selain menggunakan bantuan alat Set Top Box Siaran TV Digital.

Bacaan Lainnya

Untuk masyarakat yang memiliki TV dengan Spesifikasi Analog dan belum terintegrasi dengan fitur TV Digital. Maka mereka harus membeli dan menggunakan alat STB yang akan mengubah TV Analog mereka menjadi TV Digital.

Pastinya bisa mengakses semua channel TV yang ada di Indonesia. Apa itu Set Box TV Digital dan bagaimana cara menggunakan nya? Simak ulasannya puncak-media.com disini.

Apa Itu Set Top Box Siaran TV Digital ?

Set Top Box Siaran TV Digital

Set Top Box Siaran TV Digital adalah alat yang berfungsi untuk merubah sinyal digital yang di pancarkan oleh stasiun TV menjadi gambar dan suara yang akan di tampilkan pada TV yang menggunakan alat ini.

Sejak berita di umumkan nya peralihan TV Analog Menjadi Digital maka alat ini menjadi alat yang paling banyak di cari. Sebenarnya masyarakat masih bisa menonton TV jika TV yang mereka gunakan sudah memiliki fitur siaran Digital.

Namun untuk TV yang memiliki fitur ini kami rasa hanya TV yang baru keluar sejak tahun 2020 saja. Di bawah tahun tersebut maka bisa di katakan hampir tidak memiliki fitur ini.

Sebab pada tahun tersebut belum menggunakan siaran TV Digital dan baru awal 2021 pemerintah mengumumkannya. Beberapa kelebihan dari siaran TV Digital bila di bandingkan dengan TV Analog adalah siaran ini mampu memberikan kualitas gambar dan suara yang jauh lebih jernih.

Baca Juga :  Penegrtian Mitos - Ciri-Ciri, Jenis, Fungsi, Unsur dan Contoh

Jenis siaran ini tidak akan terpengaruh oleh cuaca yang seperti kita tau jika TV Analog sangat rentan terganggu jika cuaca sedang tidak bagus. Sebenarnya juga Indonesia sudah tertinggal dengan negara lain yang lebih dulu menggunakan siaran jenis ini.

Tidak mengherankan juga sebab untuk melakukan migrasi dari TV Analog menuju Digital memerlukan persiapan dan juga biaya yang tidak sedikit. Seperti saat ini pemerintah harus menyediakan bantuan berupa alat Set Top Box untuk di bagikan ke masyarakat kurang mampu secara gratis.

Jumlah dari Set Top Box yang akan di berikan bagi masyarakat yang kurang mampu juga tidak main – main. Sebanyak 6,5 sampai 7 juta kepala keluarga akan di bagikan alat bantu Set Top Box ini.

Namun jika kamu adalah masyarakat yang mampu maka kamu bisa membeli sendiri alat ini di marketplace atau toko offline dengan spesifikasi yang sudah terverifikasi oleh kominfo.

Mengingat banyak sekali jenis dari alat tersebut yang sudah beredar di pasaran. Maka pemerintah mengingatkan untuk menggunakan STB yang sudah mereka verifikasi karena chanel Digital yang mereka pakai juga jenis nya berbeda.

Jika kamu ingin jenis Set Top Box Siaran TV Digital yang sudah terverifikasi oleh pemerintah maka kamu bisa simak ulasan nya di bawah ini.

Berbagai Jenis Set Top Box Siaran TV Digital Yang Terverifikasi Kominfo

Jenis Set Top Box Siaran TV Digital Yang Terverifikasi Kominfo

Saat ini memang sudah banyak Set Top Box Siaran TV Digital yang sudah banyak beredar di pasaran. Namun Kominfo memberikan daftar SetTop Box Siaran TV Digital yang sudah mereka verifikasi.

Agar masyarakat yang membeli nya bisa menggunakan alat tersebut dengan baik dan bisa menangkap semua channel TV yang ada. Sertifikat yang di berikan oleh pemerintah Indonesia lewat Kominfo merupakan bentuk jaminan.

Jika Set Top Box Siaran TV Digital yang di gunakan bisa digunakan serta berfungsi secara optimal. Kominfo juga menjelaskan jika Set Top Box yang sudah terverifikasi mempunyai ciri – ciri yaitu memiliki stiker khusus DVD – T2 dan terdapat logo MODI.

Baca Juga :  Sejarah Singkat Printer Komputer Modern

Nah STB yang siap digunakan adalah yang memiliki ciri tersebut. Jika kamu masih bingung maka kamu bisa melihat merk dan jenis SetTop Box Siaran TV Digital yang sudah resmi di rekomendasikan oleh Kominfo dan Pemerintah.

Beragam merk ini pastinya sudah siap menangkap sinyal Digital dengan optimal, berikut adalah daftar nya.

  • Polytron (PDV 600T2)
  • Nexmedia (NA1300/DVB-T2 MPEG4 HD)
  • Akari (ADS-2230, ADS-168 dan ADS-210)
  • Ichiko (8000HD)
  • Tanaka (T2)
  • Venus (Brio)
  • Evercross (STB1)
  • Matrix (Apple)
  • Evinix H1
  • Nextron (NT2000-D dan TR 1000)

Itu adalah jenis dan merk Set Top Box yang sudah terverifikasi oleh Kominfo. Namun tidak menutup kemungkinan jika nantinya merk – merk dari brand lain mengeluarkan Set Top Box juga.

Jadi sebelum membeli nya maka kamu harus memperhatikan stiker DVD – T2 dan gambar MODI. Rentan harga dari alat ini juga bervariasi mulai Rp. 250.000 sampai Rp. 500.000 Rupiah.

Untuk kamu yang merasa penasaran apakah TV kamu sudah memiliki fitur Digital. Maka kamu bisa mengecek nya secara langsung di Situs https://siarandigital.kominfo.go.id/.

Jika perangkat TV kamu ada di daftar TV Digital maka kamu bisa menikmati siaran tanpa perlu memasang Set Top Box.

Link Download dan Cara Pasang Set Top Box Siaran TV Digital Terbaru 2022

Cara Memasang Set Top Box Siaran TV Digital

Nah bagi kamu yang belum tau bagaimana cara pasang Set Top Box Siaran TV Digital. Maka kamu tidak perlu memanggil teknisi untuk memasang nya.

Link download Set Top Box Siaran TV Digital untuk perangkat HP Android dan iOS, klik >>>>”DISINI

Untuk melakukan hal ini maka kamu bisa melakukan nya sendiri secara manual dengan mengikuti langkah – langkah yang ada di bawah ini.

  • Hal Pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan “TV Analog” dan sebuah “Set Top Box Digital DVD-T2”. Pastikan juga alat tersebut bisa terhubung dengan kabel antena.
  • Kedua kamu harus mematikan TV yang kamu punya lebih dahulu.
  • Selanjutnya kamu harus mencabut “Kabel Antena” dan memasang kabel tersebut ke “Port Ant Int” yang ada di Set Top Box kamu.
  • Selanjutnya hubungkan kabel “HDMI” dari Set Top Box ke TV kamu.
  • Jika TV kamu tidak memiliki Port HDMi maka kamu juga bisa menghubungkan nya ke “Port AV” yang memiliki ciri tiga buah kabel berwarna “Kuning, Putih dan Merah”.
  • Selanjutnya kamu bisa menghubungkan Set Top Box ke “Kabel Daya” atau colokan listrik yang ada.
  • Jika sudah sekarang kamu bisa “Menghidupkan” Set Top Box dan juga TV Analog kamu.
  • Sampai sini kamu masih belum bisa menonton siaran TV, maka kamu harus masuk ke menu “AV” TV kamu terlebih dahulu.
  • Nah sampai sini sebenarnya kamu sudah masuk ke siaran TV Digital namun chanel yang tersedia masih sedikit, untuk itu kamu bisa pilih “Opsi Pencarian Chanel”.
  • Jika semua Chanel sudah di dapatkan maka kamu bisa pilih opsi “Save” untuk menyimpan Chanel – Chanel Tersebut.
  • Sampai sini kamu bisa menikmati siaran TV Digital yang ada.
Baca Juga :  Link Baca Mercenary Enrollment Chapter 73 Sub Indo

Akhir Kata

Itulah informasi yang bisa kami himpun mengenai Set Top Box Siaran TV Digital. Untuk kamu yang masih menggunakan TV jenis Analog maka kamu wajib menggunakan alat ini agar tetap bisa menikmati semua siaran yang ada.

Tapi pastikan dulu apakah TV kamu benar – benar tidak memiliki fitur Digital di dalam nya dengan mengecek langsung disitus Kominfo Indonesia.

Terima kasih sudah membaca artikel Set Top Box Siaran TV Digital dan sampai jumpa diartikel berikutnya ya.

Berita Terkini Lainnya:

Originally posted 2022-11-05 15:33:26.



Source link

Pos terkait