Sleep Call Ganggu Kesehatan, Coba Cara Ini Biar Tetap Bugar

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Kebiasaan sleep call yaitu saling menelepon atau video call hingga tertidur biasa dilakukan oleh pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh atau long distance relationship (LDR) untuk melepas rindu setelah seharian beraktivitas.

Meski bisa melepas rasa rindu dan mempererat hubungan kamu sama pasangan, nyatanya sleep call juga bisa memberikan efek negatif bagi kesehatan. Sebenarnya belum ada riset yang membahas sleep call secara spesifik bersama pasangan.

Bacaan Lainnya

Namun, riset serupa pernah dibahas pada pekerja shift malam yang harus sigap menjawab panggilan telepon. Para pekerja ini biasanya berkutat di bidang pelayanan masyarakat atau pelayanan konsumen.

Studi tersebut dilakukan oleh Simone M Karan dan kawan-kawan dan disajikan dalam The Impact of On-Call Work for Partners’ Sleep, Relationship Quality and Daytime Functioning, dilansir situs ncbi.nlm.nih.gov. Berikut bahaya sleep call bagi kesehatan.

Bahaya kesehatan sleep call 

1. Sulit Menetapkan Batasan Peran

Sleep call dapat membuat seseorang sulit menetapkan batasan perannya. Misalnya dalam penelitian itu, batasan yang dimaksud adalah antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Sementara dalam konteks pasangan, batasan yang dimaksud adalah antara peran sebagai pasangan dan menjadi diri sendiri. Setiap orang juga membutuhkan waktu untuk dirinya sendiri, tidak harus selalu ada untuk pasangan.

2. Emosional

Sudah menjadi pemahaman umum bahwa kekurangan tidur dapat berpengaruh pada pengendalian emosi dan mood seseorang. Kekurangan tidur akibat sleep call juga bisa membuat seseorang sulit mengendalikan emosi dan akhirnya akan berpengaruh pada relasi sosialnya.

3. Rentan konflik

Menyambung dampak di atas, pengendalian emosi yang buruk dapat menimbulkan konflik dengan keluarga atau lingkungan sekitar tempat tinggal. Aktivitas sleep call mungkin mengganggu anggota keluarga lain yang tinggal serumah atau tetangga kamar kos/kontrakan.

4. Quality time turun

Kita pasti memerlukan quality time dengan pasangan sehingga melakukan sleep call. Namun, terlalu sering sleep call juga justru dapat menurunkan mutu dari quality time itu sendiri. Quality time bersama orang terdekat kita yang lain juga terganggu karena mungkin kita sudah lelah karena sleep call.

5. Lelah dan stres

Sleep call biasanya dilakukan saat malam ketika tubuh dan pikiran kita seharusnya beristirahat. Nah, kegiatan ini bisa memaksa pikiran kita terus berjalan dan tubuh kekurangan istirahat. Sehingga keesokan harinya kita bangun dengan perasaan lelah dan stres yang meningkat.

6. Frustrasi

Jika kelelahan dan stres itu terus bertumpuk dan berkepanjangan tanpa bisa dikurangi, kita akan merasa frustrasi dan berpengaruh ke kesehatan mental.

Cara menghindari sleep call

Komunikasi bersama pasangan memang tidak dilarang. Namun sebaiknya telepon atau video call bisa dilakukan dengan tidak mengganggu jam tidur. Misalnya bisa dilakukan saat jam makan malam atau sebelum tidur namun tidak memakan waktu yang berlebih.

Lalu, bagaimana cara mengatasi bahaya sleep call lebih lanjut?

1. Aktifkan Mode Malam

Ponsel saat ini sudah semakin canggih dan dilengkapi dengan mode malam. Aktifkan mode malam agar layar menjadi gelap dan tidak membuat mata silau. Mode malam juga biasanya kerap memberi pengguna ponsel peringatan untuk beristirahat.

2. Senyapkan Dering dan Notifikasi

Sebelum tidur, pastikan dering dan notifikasi HP kita dalam keadaan senyap. Untuk HP yang memiliki mode malam, biasanya secara otomatis akan mengaktifkan mode stop menerima pesan dan panggilan selama jam tidur.

3. Letakkan Ponsel Jauh dari Jangkauan

Meletakkan HP di sebelah kepala pas atau meja sebelah tempat tidur tidak disarankan. Sebaliknya, letakkan HP jauh dari jangkauan kita supaya kita tidak tergoda membuka-buka HP ketika berusaha tidur.

4. Matikan Ponsel selama Jam Tidur

Atau cara sederhananya, nonaktifkan total HP kita selama jam tidur. Baru nyalakan lagi ketika pagi hari dan kita siap beraktivitas.

Minusnya cara ini, kita mungkin tidak bisa menggunakan alarm HP untuk bangun pagi. Tapi ada beberapa HP yang tetap bisa membunyikan alarm meskipun HP dalam keadaan mati.

5. Hindari Penggunaan Ponsel Sebelum Tidur

Supaya terbiasa tidak menatap layar di kasur, biasakan untuk menghindari penggunaan HP beberapa saat sebelum tidur, misalnya satu jam sebelum tidur.

Ganti dengan kegiatan lain yang tidak melibatkan gadget, seperti membaca buku atau menulis catatan harian.

[Gambas:Video CNBC]

(dem/dem)


Pos terkait