Stt.. Telkom Jadi Mak Comblang Startup & Investor di G20 Bali

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Telkom Indonesia jadi mak comblang bagi startup dengan para investor. Pasalnya dalam gelaran KTT G20 di Bali, perusahaan plat merah itu akan mengumumkan kerja sama yang diraih startup dengan sejumlah investor.

Startup ini merupakan startup yang turut dikembangkan oleh Telkom. Sampai saat ini sudah ada beberapa kandidat startup dan investor yang berhasil mereka comblangkan.

Bacaan Lainnya

“Jadi sudah ada beberapa kandidat startup dan investor yang berhasil kami mak comblangkan kami match-kan, yang insya Allah kalau lancar beberapa startup dan investor kami launch kerja sama,” kata Direktur Digital Business PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Muhammad Fajrin Rasyid di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (8/11/2022).

Perjanjian kerja sama antara startup dan investor ini akan diumumkan di hari Senin atau Selasa minggu depan sebagai rangkaian dari acara G20 Summit. Soal berapa jumlahnya ia masih belum bisa mengungkap, sebab beberapa masih dalam proses antara investor dan startup.

“Ada beberapa startup yang memang sudah hampir close. Beberapa lagi ini masih diskusi. yang kami lakukan matchmaking selama 1-2 bulan terakhir, setelah matchmaking startup dan investor masing-masing melakukan diskusi lebih dalam, sehingga jumlahnya bisa jadi belum terlalu banyak yang akan launch di hari senin besok,” ungkapnya.

Telkom sendiri memiliki sejumlah program untuk mengembangkan perusahaan rintisan. Salah satunya Indigo yang merupakan program inkubasi startup yang lengkap dengan program pengembangan end-to-end hingga tahap investasi lanjutan.

Baca Juga :  Rekomendasi Game Keren Edisi Mei 2022

“Alhamdulillah tahun lalu sudah ada startup dari Indigo yang go publik. Ini adalah contoh bahwa startup itu bisa end to end nih dari tahap ide di inkubasi di dalam sini, kemudian dapat funding dan jadi startup yang gopublik,” tuturnya.

Dukungan terhadap startup ini juga diberikan melalui MDI Ventures. Lewat MDI, Grup Telkom berinvestasi di sejumlah startup. Hingga saat ini, MDI memiliki dana kelolaan sekitar US$ 800 juta.

“MDI ini adalah venture capital arms dari Telkom. Saat ini kita memiliki dana kelolaan sekitar US$ 800 jutaan. Ini adalah arms atau vehicle dari Telkom Grup untuk berinvestasi startup dari mulai pre seed seri A, B, C dan seterusnya. Dan ini juga rencananya di acara B20 minggu depan itu kami akan melakukan announcement.” pungkasnya.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Perancang Aplikasi Gojek Soal PHK Startup: “I Told You So”

(roy/roy)


Pos terkait