Timnas Negara Mana yang Paling Mahal?

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – FIFA World Cup 2022 (Piala Dunia 2022) yang diselenggarakan di Qatar sudah resmi digelar. Ada 32 tim nasional (Timnas) yang memperebutkan gelar juara dunia yang hanya bisa didapatkan empat tahun sekali ini.

Piala Dunia 2022 disebut sebagai penyelenggaraan turnamen sepakbola paling mahal sepanjang sejarah. Diperkirakan, Qatar sebagai tuan rumah sudah menghabiskan lebih dari US$200 miliar atau sekitar Rp3,1 kuadriliun (asumsi kurs Rp15.666/US$).

Bacaan Lainnya

Lalu, dari 32 timnas yang berpartisipasi dalam turnamen sepakbola termahal ini, manakah timnas yang paling mahal?

Dilansir dari Reuters, timnas Inggris (England) yang mengincar gelar juara dunia kedua mereka memiliki skuat paling mahal di Piala Dunia Qatar dengan Jude Bellingham yang menduduki posisi puncak dari 800 pemain.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh kelompok riset Swiss, CIES Football Observatory, skuat Inggris yang terdiri dari 26 pemain bernilai nyaris di 1,5 miliar euro atau sekitar Rp24 triliun (Asumsi kurs Rp16.098/euro) dalam nilai transfer. Sementara itu, Bellingham yang baru berusia 19 tahun bernilai 202 juta euro atau sekitar Rp3,250 triliun.

Pemain Borussia Dortmund tersebut berhasil meningkatkan reputasinya sebagai salah satu pemain muda top dunia dengan gol yang luar biasa dalam kemenangan 6-2 Inggris atas Iran di pembuka turnamen mereka.

Setelah Inggris, Brazil berada di urutan kedua dengan nilai transfer 1,45 miliar euro atau sekitar Rp23 triliun. Penyerang Real Madrid, Vinicius Jr. adalah pemain paling mahal mereka dengan nilai 200 juta euro atau sekitar Rp3,2 triliun.

Baca Juga :  Tendencias Link Motorista Destrozado Por La mitad Hace Su última llamada Fotogore

Prancis berada di urutan ketiga dengan perkiraan nilai transfer 1,34 miliar euro untuk skuad mereka. Penyerang Paris Saint-Germain (PSG), Kylian Mbappe menjadi pemain top mereka dengan nilai 185 juta euro atau sekitar Rp2,9 triliun.

Negara tiga besar lainnya diikuti oleh Spanyol (1,2 miliar euro), Portugal (1,15 miliar euro) dan Jerman (1,02 miliar euro).

Teknik statistik yang digunakan dalam penelitian untuk membangun model adalah regresi linier berganda dengan biaya yang dibayarkan oleh klub sebagai variabel independen. Sampel penelitian terdiri dari lebih dari 2.000 transaksi transfer pemain dari klub-klub di lima liga besar Eropa selama periode Juli 2012 hingga November 2021.

Dilaporkan, nilai keseluruhan dari semua regu di Piala Dunia ditetapkan sebesar 15 miliar euro atau sekitar Rp241 triliun.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Fans Bola Wajib Tahu! Ini Aturan Nonton Piala Dunia di Qatar

(hsy/hsy)


Pos terkait