3 Hal yang Harus Disiapkan untuk Nonton Siaran TV Digital

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Analog switch off (ASO) atau suntik mati siaran TV analog makin meluas. Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan siaran TV analog sudah dimatikan di Bandung, Yogyakarta, Solo, dan Batam pada akhir pekan lalu.

Hingga saat ini, sudah ada 255 area dari 514 kabupaten/kota yang siaran TV-nya sudah beralih ke digital.

Bacaan Lainnya

Penonton televisi yang areanya sudah pindah ke TV digital, harus bersiap dari sekarang meski siaran televisi analog di wilayahnya belum dimatikan.

Masyarakat perlu mempersiapkan beberapa hal untuk bisa menikmati siaran televisi digital. Persiapan itu mulai dari perangkat yang bisa menerima siaran digital. Berikut beberapa perangkat yang perlu kamu siapkan:

1. Pesawat televisi digital

Untuk menonton siaran digital, pesawat televisi yang digunakan harus dilengkapi teknologi digital. Pastikan terlebih dulu perangkat telah mendukung DVB-T2 atau Digital Video Broadcasting-Second Generation Terrestrial.

Anda bisa mengecek lebih dulu apakah TV di rumah sudah menggunakan DVB-T2 atau belum, berikut caranya:

Terlebih dulu periksa kardus kemasan apakah terdapat tanda DVB-T2. Buka juga buku petunjuk penggunaan, lihat pada bagian spesifikasi apakah ada dukungan untuk DVB-T2.

Terakhir, buka settingan pada TV. Berikutnya lakukan pemindaian channel, jika ada opsi DTV artinya TV Anda dapat menangkap siaran digital.

2. Set top box (STB)

Jika Anda punya TV analog dan tidak ada rencana membeli TV baru, bisa juga menggunakan STB. Perangkat STB sudah bisa ditemukan baik di toko offline maupun online dengan harga yang beragam.

STB merupakan perangkat yang bisa mengkonversi sinyal digital jadi gambar serta suara dan ditampilkan pada layar TV yang belum mendukung DVB-T2.

Anda dapat mengecek perangkat STB resmi dan tersertifikasi pada laman Siaran Digital. Khusus bagi masyarakat miskin, pemerintah beserta penyelenggara multipleksing membagikan STB secara gratis.

3. Antena

Anda tetap memerlukan antena untuk menangkap siaran digital, ada pilihan untuk indoor dan outdoor. Opsi mana yang harus dipilih tergantung pada kuatnya sinyal TV digital di tempat tinggal.

Semakin kuat sinyalnya bisa menggunakan indoor, sebaliknya gunakan antena outdoor yang dilengkapi booster jika sinyal lemah.

Kamu bisa mengecek kualitas sinyal TV digital menggunakan aplikasi Sinyal TV Digital yang tersedia baik untuk perangkat Android maupun iPhone. Di dalamnya wilayah akan diberikan warna bergantung pada kekuatan sinyal, paling kuat berwarna Oranye hingga Merah berkekuatan lebih dari 56 dBUV/m.

Hubungkan antena ke TV yang telah memiliki DVB-T2 atau melalui STB yang terhubung ke TV. Lakukan scan channel untuk mencari channel TV.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Ga Cuma TV Nasional, Stasiun Lokal Ramai-Ramai Pindah Digital

(dem)


Pos terkait