Cek Nomor Bpjs Ketenagakerjaan Yang Hilang

Cek Nomor Bpjs Ketenagakerjaan Yang Hilang – Home page » BPJS Ketenagakerjaan » Keuangan » Tips » Cara Mengetahui Nomor Kartu Peserta Jaminan Sosial (KPJ) dan BPJS Ketenagakerjaan

Bagi yang belum mengetahui cara melihat nomor referensi kepesertaan BPJS TK, kali ini kami akan mencoba mengatasi masalah tersebut. Meski sebenarnya sangat sederhana, kami yakin masih ada peserta program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (bpjstk) Ketenagakerjaan yang belum paham cara mengecek nomor KPJ-nya. Karena biasanya, saat kita tidak membutuhkannya, kita tidak terlalu peduli berapa dan dimana nomor referensi yang ada di kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan kita.

Cek Nomor Bpjs Ketenagakerjaan Yang Hilang

Nomor KPJ pasti akan kita butuhkan untuk berbagai kebutuhan dan kepentingan terkait kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Misalnya saat ingin mendaftar layanan SMS 2757, buat akun di aplikasi BPJSTK Mobile, tambahkan ke surat keterangan kehilangan polisi, misalnya jika kehilangan kartu Jamsostek/BPJS dinas.

Bacaan Lainnya

Kartu Bpjs Ketenagakerjaan Anda Hilang? Jangan Panik! Begini Cara Mudah Mencetaknya Secara Online Dan Offline

Ketika kita mengklaim Jaminan Senioritas (JHT), baik itu 10%, 30%, atau 100%, kita harus memasukkan nomor keanggotaan kita pada form tersebut. dan keperluan administrasi lainnya terkait BPJS TK. Singkatnya, sangat penting bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk memahami apa itu nomor referensi.

Nomor referensi kartu Jamsostek dan kartu BPJS Ketenagakerjaan sedikit berbeda. Seperti kita ketahui, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BPJS TK) yang kita kenal sekarang ini dulunya bernama Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek). Jadi untuk peserta lama, saat lembaganya masih bernama Jamsostek, kartunya masih bernama KPJ (Kartu Peserta Jaminan Sosial). Dan peserta yang kartunya sekarang menjadi kartu BPJS TK dengan logo baru.

Nomor referensi kartu kerja KPJ dan BPJS terdiri dari 11 digit. Namun bedanya, pada kartu Jamsostek sebelas digit yang lama terkadang ada huruf selain angka. Sebagai contoh pada gambar di bawah ini.

Meski nomor referensi ada di kartu BPJS Ketenagakerjaan, namun 11 digit semuanya adalah angka. Nomor Referensi Kartu Kerja BPJS Contoh foto atau gambar diberikan di bawah ini di kotak merah.

Begini Cara Cek Nomor Bpjs Ketenagakerjaan

Selain nomor kepesertaan BPJS TK, kartu BPJS Ketenagakerjaan model baru juga memuat nomor induk kependudukan (NIK). Nomor keanggotaan ada di bawah NIK. Ada juga kartu BPJS Ketenagakerjaan khusus untuk Program Jaminan Pensiun (JP), di mana nomor referensi dan tiga angka nol ditambahkan setelah nomor tersebut. Misal nomor BPJS Ketenagakerjaan JHT adalah 12345678901, maka nomor BPJS Ketenagakerjaan JP adalah 12345678901 000.

Caranya bisa diterapkan pada HR manager perusahaan tempat kita bekerja, sebaiknya sekaligus meminta surat pernyataan bahwa kita masih aktif bekerja, untuk meminta penggantian kartu yang hilang. Alternatifnya, jika status kita sudah tidak bekerja lagi di perusahaan, nanti setelah menerima surat kehilangan dari kepolisian, kita dapat meminta untuk menambahkan pernyataan bahwa kita bekerja di perusahaan yang diperlukan untuk klaim JHT jika menjadi anggota BPJSTK. . Kartu hilang.

Selain itu, terkadang ada kasus dimana kami tidak berhenti bekerja, perusahaan tetap menahan atau tidak pernah memberikan kartu peserta BPJS TK kepada kami. Setiap kali kami mencoba bertanya, perusahaan tidak memberikan jawaban yang memuaskan dan karena berbagai alasan yang rumit! Jika demikian, apakah kami dapat memeriksa nomor referensi kartu kerja BPJS kami?

Jawabannya iya. Caranya adalah dengan mendatangi kantor BPJS TK yang terdaftar, membawa dokumen berupa E-KTP, Kartu Keluarga (KK) dan Paklarning. Jika perusahaan belum terdaftar pada program BPJS Ketenagakerjaan kita, pasti akan memiliki nomor kepesertaan BPJS TK kita. Jika tidak, berarti perusahaan tidak pernah mendaftarkan kami sebagai peserta asuransi sosial/BPJS TK.

Kartu Peserta Jamsostek (kpj) Hilang, Dana Tetap Bisa Dicairkan

Cara mengetahui kartu peserta “Sodras” (KPJ) dan BPJS Nomor ketenagakerjaan hanya berlaku bagi peserta yang statusnya bekerja pada pihak lain, misalnya yang bekerja di perusahaan, koperasi, lembaga, pemberi kerja, CV, PT, dll . . Artinya kita menerima gaji atau upah dari negara lain.

Sedangkan peserta BPJS Ketenagakerjaan dari sektor BPU (pekerja bukan penerima upah) dan peserta BPJSTK mandiri lainnya seperti pedagang, tukang ojek, petani, nelayan, youtuber, penulis lepas, dll tidak memerlukan verifikasi nomor KPJ. Karena peserta mandiri BPJS TK yang tidak ada dalam daftar gaji (BPU) tidak memiliki nomor referensi. Nomor kartu BPJS TK bagi peserta BPU adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK), sama dengan KTP dan KK elektronik.

Antrean Online BPJS TK Program BPJSTKU BPJS Kesehatan BPJS Ketenagakerjaan Cek Saldo JHT Disnaker Dokumen Keuangan Jamsostek Mobile Klaim Karir JHT Korea Selatan Malaysia Peluang Kerja Peluang Bisnis Taiwan Tips TKI Warta Selama menjadi peserta BPJS, Anda akan mendapatkan Kartu Kepesertaan BPJPS dan Kartu Tanda Penduduk Kartu BPJPJS sebagai Kartu Identitas Peserta BPJS.

Anda harus menyimpan kartu BPJS Anda agar tidak hilang, karena peserta harus menunjukkan kartu peserta BPJS terlebih dahulu untuk menggunakan layanan BPJS kesehatan. Baca juga Cara Cek Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Kartu Bpjs Ketenagakerjaan Rusak/hilang? Tenang! Bisa Cetak Ulang

Kartu BPJS berisi nomor BPJS atau nomor virtual account masing-masing peserta, yang fungsinya untuk membayar iuran BPJS bulanan. Anda juga dapat menggunakan nomor BPJS untuk mengecek pembayaran BPJS dan mengetahui informasi seputar BPJS.

Jika Anda lupa nomor BPJS Anda, Anda tinggal mengecek kembali kartu BPJS yang Anda miliki. Namun jika kartu hilang atau rusak, bagaimana cara mengetahui nomor BPJS?

Anda tidak perlu khawatir karena kami hadir untuk memberi tahu Anda cara mengecek nomor BPJS Anda. Cara ini bisa kamu ikuti jika kamu lupa nomor BPJS. Baca juga cara urus kartu BPJS jika kehilangan pekerjaan.

Untuk melupakan nomor BPJS Anda, yang Anda butuhkan hanyalah nomor induk kependudukan Anda atau yang sering kita sebut NIK. Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan hal ini, karena NIK adalah KTP.

Fungsi Bpjs Ketenagakerjaan

Jadi NIK saja atau ada nomor lain? Sebenarnya bisa menggunakan nomor KTP dan lainnya namun cara mengetahui nomor BPJS menggunakan NIK adalah cara yang paling mudah dilakukan.

Karena jika menggunakan nomor induk pegawai atau NIP tentunya harus bekerja sebagai pegawai. Baru setelah itu Anda dapat mengetahui nomor BPJS Anda menggunakan NIP Anda.

Rekrutmen BPJS Tahun 2011 Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Republik Indonesia UU No. 24 adalah sebagai berikut:

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang selanjutnya disingkat BPJS adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan Program Jaminan Sosial yang merupakan salah satu bentuk jaminan sosial yang menjamin seluruh rakyat dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup yang lapang.

Cara Cek Nomor Bpjs Ketenagakerjaan Dengan Nik Ktp Terbaru Tahun 2022

Sebagai karyawan, Anda harus bekerja untuk BPJS. Karena dengan BPJS Ketenagakerjaan, kita memiliki tabungan hari tua atau tabungan hari tua setiap bulan dikurangi gaji.

BPJS ketenagakerjaan sangat penting bagi Anda dan suatu saat Anda harus menyimpan nomor tersebut untuk kebutuhan Anda. Namun bagaimana jika Anda lupa nomor BPJS Anda? Jangan khawatir.

Tanyakan kepada pihak yang biasa mengurus rekrutmen BPJS di kantor Anda. Jangan lupa untuk menunjukkan alasan mengapa Anda membutuhkan nomor tersebut.

Aplikasi BPJSKTKU bisa dijadikan alternatif tambahan untuk cek nomor BPJS ketenagakerjaan dan mengetahui saldo Anda. Tetapi sebelum itu Anda harus sudah memiliki aplikasi ini dan mendaftar terlebih dahulu.

Paling Baru, Cara Cek Nomor Bpjs Kesehatan Dengan Nik Secara Online

Kemudian Anda bisa mengecek nomor pekerjaan BPJS Anda di aplikasi BPJSTKU. Namun, cara ini hanya berlaku bagi mereka yang sebelumnya sudah terdaftar di aplikasi BPJSTKU, ya.

Jika tidak, Anda tidak bisa mengecek nomor pekerjaan BPJS di aplikasi. Karena untuk mendaftar diperlukan nomor Kartu Peserta Jaminan Sosial (KPJ) yang mengacu pada nomor BPJS pekerjaan Anda. Baca juga alasan tidak mendaftarkan nomor KPJ.

Jika Anda telah mendaftar untuk program ini, Anda hanya perlu masuk ke program menggunakan email tersebut. Menggunakan email alamat email dan kata sandi Anda juga telah terdaftar.

Anda dapat mengecek nomor telepon BPJS ketenagakerjaan dengan menghubungi call center BPJS ketenagakerjaan. Anda dapat menghubungi call center pada jam kerja dengan menghubungi nomor kontak 175.

Syarat Dan Cara Mengurus Kartu Bpjs Ketenagakerjaan Yang Hilang

Anda juga bisa mengajukan BPJS ketenagakerjaan melalui media sosial. Jika Anda bekerja di luar negeri, Anda dapat menghubungi kami melalui WhatsApp di 0811-9115910 dan 0855-1500910.

Jika Anda tidak dapat menyelesaikan semua cara di atas, Anda dapat mengunjungi cabang BPJS Ketenagakerjaan tempat Anda mendaftar.

Anda biasanya akan diminta untuk membawa Kartu Keluarga (KK), KTP dan paket ke prosedur. Bawa dokumen asli dan fotokopi bersama Anda untuk memverifikasi nomor pekerjaan BPJS.

Demikian cara cek nomor BPJS ketenagakerjaan. Jika Anda memilikinya, ingatlah untuk menyimpannya dengan hati-hati agar Anda dapat dengan mudah menemukannya jika suatu saat Anda membutuhkannya lagi.

Cara Cepat Mengurus Kartu Bpjs Ketenagakerjaan Dan Bpjs Kesehatan Yang Hilang Dan Rusak

Perlu diketahui bahwa Nomor KPJ, Nomor Kartu BPJS Kerja, Nomor Referensi BPJS Kerja, Nomor Peserta BPJS Ketenagakerjaan, Nomor Kartu BPJAMSOSTEK, Nomor Kepesertaan BPJSTK memiliki arti yang sama. Itu hanya catatan yang berbeda. Jadi teman-teman, jangan bingung.

Memang ada sedikit perbedaan antara nomor referensi kartu Jamsostek dengan kartu BPJS Ketenagakerjaan. Pasalnya, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan yang kini berganti nama lagi menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek), sebelumnya dikenal sebagai Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek).

Oleh karena itu, bagi peserta lama, saat asuransi tenaga kerja negara masih bernama Jamsostek, kartunya bernama KPJ.

KPJ adalah singkatan dari Kartu Peserta Jamsostek. Mungkin lebih mudah bagi Anda untuk mengatakannya. Sedangkan untuk peserta saat ini, kartu tersebut kini menjadi Kartu BPJS Ketenagakerjaan dengan desain dan logo baru yang didominasi warna hijau muda. Jika Anda memiliki kartu jaminan sosial, warna hijau lebih gelap.

Cara Cek Saldo Jht Bpjs Tk Lewat Sms Ternyata Gampang Banget!

Nomor referensi kartu kerja KPJ dan BPJS terdiri dari 11 digit. Namun bedanya, kartu Sodros model lama memiliki sebelas digit, selain angka, terkadang disisipkan huruf. Sebagai contoh pada gambar di bawah ini.

Namun pada kartu Jamsostek versi lama, saat Anda mendaftar akun BPJSTKU, kini Anda akan otomatis menerima kartu digital BPJS Ketenagakerjaan dengan model terbaru.

Oleh karena itu, tampilan kartu digital Anda dalam program BPJSTKU tidak sama dengan fisik atau kartu jaminan sosial Anda. Namun meski tampilannya berbeda, fitur dan manfaatnya tetap sama.

Jika Anda ingin memiliki rencana

Cara Mencairkan Bpjs Ketenagakerjaan Terbaru

Cara cek nomor bpjs ketenagakerjaan, cara cek nomor bpjs yang hilang, cara cek kartu bpjs ketenagakerjaan yang hilang, cek nomor kepesertaan bpjs ketenagakerjaan, cara mengetahui nomor bpjs ketenagakerjaan yang hilang secara online, cara cek nomor bpjs ketenagakerjaan hilang, cek nomor peserta bpjs ketenagakerjaan, cara melihat nomor bpjs ketenagakerjaan yang hilang, cara cek nomor bpjs ketenagakerjaan yang hilang, cek nomor kartu bpjs ketenagakerjaan, bpjs ketenagakerjaan cek nomor, cara mengetahui nomor bpjs ketenagakerjaan yang hilang

Pos terkait