Negara Dengan Ekosistem Startup Terbaik, Ada Indonesia?

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Tumbuhnya ekosistem startup di suatu negara dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya kemudahan akses, biaya produksi murah, akses ke seluruh dunia, hingga kemudahan akses modal. Dan dengan kemudahan yang diberikan pemerintah negara tersebut, semakin membuat startup nyaman untuk tumbuh dan berkembang.

Seperti yang diketahui kehadiran perusahaan rintisan atau startup digital kini menjadi salah satu pemain yang ada di dalam perkembangan ekonomi digital di berbagai belahan dunia.

Bacaan Lainnya

Lalu, negara mana saja yang memiliki ekosistem startup terbaik? Simak datanya.

Berdasarkan catatan dari Laporan Startup Blink berjudul The Global Startup Ecosystem Index Report 2022, Amerika Serikat menjadi negara dengan ekosistem perusahaan rintisan (startup) terbaik di dunia.



Negeri Paman Sam memiliki skor indeks ekosistem startup global sebesar 195,37 poin. Inggris menempati urutan kedua negara dengan skor indeks ekosistem startup sebesar 52,55 poin. Posisinya diikuti Israel yang memiliki skor 45,06 poin.

Kemudian, skor indeks ekosistem startup di Kanada tercatat sebesar 35,26 poin pada 2022. Skor indeks ekosistem startup milik Swedia dan Jerman masing-masing sebesar 28,05 poin dan 25,33 poin. Berikutnya, Singapura meraih skor indeks sebesar 23,4 poin.

Posisi kedelapan ditempati Australia yang meraih skor indeks ekosistem startup sebesar 22,45 poin. Sementara, Indonesia berada di peringkat ke-38 secara global dengan skor indeks ekosistem startup sebesar 5,59 poin. Posisi Indonesia berada di bawah Argentina yang meraih skor 5,67 poin.

Di sisi lain, jika melihat Indonesia perkembangan startup di Tanah Air sepat cukup pesat jika mengabaikan ‘fenomena PHK’. Dalam beberapa tahun terakhir, penetrasi selular yang bertambah dari tahun ke tahun turut mendorong para founder untuk menciptakan peluang-peluang besar di Statup tanah Air.

Kemudian, dibarengi dengan para konsumen muda di Indonesia yang melek digital serta berbagai usaha mencari produk serta layanan inovatif untuk meningkatkan segala aspek kehidupan.

TIM RISET puncak-media.com INDONESIA


Artikel Selanjutnya


Startup Ini Bangun Internet Laser, Kirim Data ke Luar Angkasa

(aum/roy)


Pos terkait