Startup Jangan Mudah PHK, Jadi Masalah Negara

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Menteri Kominfo, Johnny Plate menjelaskan pemutusan hubungan kerja (PHK) tidak sama dengan efisiensi. Menurutnya layoff menyelesaikan masalah dengan membuat masalah baru.

Seperti diketahui dalam satu tahun terakhir banyak startup yang melakukan PHK. Bahkan badai PHK telah sampai ke raksasa teknologi global yang merumahkan ribuan pegawainya.

Bacaan Lainnya

“Efisiensi tidak sama dengan layoff. Kalau layoff bikin masalah baru untuk negara,” jelas Johnny dalam acara Forum Ekonomi Digital Kominfo V, di Jakarta, Kamis (1/12/2022).

Tren pemecatan itu, dia mengatakan bisa akan terus meningkat. Jadi Johnny meminta kepada pelaku industri untuk mencari solusi saat melakukan efisiensi.

“Tolong dicari betul-betul jangan sampai terlalu mudah layoff. Membuat masalah baru lebih besar,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Johnny juga mendorong pelaku industri bisa menjaga modal usaha yang kuat. Mengingat dunia sedang menghadapi masalah ekonomi yang tak menentu.

Johnny menjelaskan untuk bisa memanfaatkan sumber pembiayaan yang ada dengan baik. “Kalau tidak capital outflow, capital flight,” jelasnya.

Untuk tetap bertahan, dia juga menekankan kolaborasi antar pihak. Dengan begitu bisa mendorong ekosistem ekonomi digital dan menjaga agar tetap resiliens.

“Kolaborasi multi pihak penting menjaga resiliensi kita,” kata Johnny.

 

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Sukses IPO, Startup ini Tutup Nunggak Biaya Bayar Sewa Kantor

(roy/roy)


Pos terkait