10 Negara Paling Bahagia di Dunia, Ada Indonesia?

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) merilis World Happiness Report atau laporan kebahagiaan penduduk dunia sepanjang 2022. Laporan ini merupakan hasil dari survei global yang dilakukan kepada masyarakat di 150 negara.

Menurut The World Happiness index 2022, laporan kebahagiaan negara di dunia adalah indikator kebahagiaan global.

Bacaan Lainnya

Terdapat tujuh faktor yang mendukung indikator kebahagiaan suatu negara, yaitu tingkat korupsi suatu negara, kemurahan hati setiap individu, kebebasan untuk membuat pilihan hidup, harapan hidup sehat, dukungan sosial, distopia alias tempat atau kelompok yang tidak diharapkan, dan Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita.

Finlandia kembali menjadi negara paling bahagia di dunia setelah empat tahun berturut-turut mengalahkan negara lainnya yang masuk ke dalam survei ini. Terdapat sejumlah alasan yang membuat Finlandia menjadi negara paling bahagia sedunia, yaitu gaya hidup yang santai, mengutamakan kejujuran, prinsip hidup yang fokus pada kerja sama bukan kompetisi, tingkat kejahatan yang rendah, hingga sistem pendidikan yang bermutu.

Dilansir dari puncak-media.com Make It, filsuf dan peneliti psikologi Finlandia, Frank Martela mengungkapkan bahwa masyarakat Finlandia sangat memegang teguh pepatah “Kell’ onni on, se onnen kätkeköön,” yang berarti “Jangan membandingkan atau menyombongkan kebahagiaan Anda.”

Salah satu kiat kebahagiaan yang diyakini oleh orang Finlandia adalah fokus terhadap apa yang membuat diri bahagia dan jangan sekalipun memamerkan kesuksesan. Mereka menganggap, langkah pertama menuju kebahagiaan sejati adalah menetapkan standar sendiri dan tidak membandingkan diri dengan orang lain. Hal itulah yang menjadi salah satu faktor Finlandia menjadi negara paling bahagia di dunia.

Lalu, apa saja negara yang paling bahagia di dunia sepanjang 2022?

  1. Finlandia

  2. Denmark

  3. Swiss

  4. Islandia

  5. Belanda

  6. Norwegia

  7. Swedia

  8. Luxembourg

  9. New Zealand

  10. Austria

Indonesia peringkat berapa?

Sementara itu, Indonesia menduduki peringkat ke-80 sebagai negara paling bahagia di dunia.

Posisi tersebut persis di bawah Malaysia yang berada di peringkat 79 dan Singapura yang menduduki peringkat 32.

[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)


Pos terkait