20 Daftar Makanan Terbaik untuk Bersihkan Pembuluh Darah

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Pembuluh darah memainkan fungsi vital untuk mendistribusikan oksigen, nutrisi, dan hormon ke seluruh tubuh. Namun, kondisi tertentu bisa menyebabkan pembuluh darah tersumbat oleh plak. Kondisi tersebut bisa membuat seseorang terserang stroke dan sakit jantung.

Untuk menghindari risiko terkena penyakit tersebut, Anda perlu menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat, olahraga teratur, dan tidak merokok. Hal tersebut dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 82 persen.

Bacaan Lainnya

Berikut adalah makanan yang wajib dikonsumsi untuk memperlancar pembuluh darah serta menjaga kesehatan jantung, mengutip WebMD:

1. Rempah-rempah

Sejumlah rempah-rempah diketahui bisa menjaga jantung agar tetap sehat. Anda bisa mengonsumsi rempah-rempah tersebut sebagai bumbu pada masakan, atau dibuat minuman herbal. Beberapa rempah-rempah itu yakni kapulaga, jahe, kunyit, kayu manis, dan ketumbar.

2. Kacang hitam

Kacang hitam mengandung nutrisi yang dapat menyehatkan jantung. Folat, antioksidan, dan magnesium dapat membantu menurunkan tekanan darah. Seratnya juga membantu mengontrol kadar kolesterol dan gula darah.

3. Susu rendah lemak

Secara umum, susu sapi mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Untuk pilihan yang lebih sehat, belilah produk susu, yogurt, dan keju rendah lemak atau tanpa lemak sama sekali. Jenis susu rendah lemak menyediakan nutrisi sehat yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan risiko stroke.

4. Salmon

Salmon adalah makanan terbaik untuk kesehatan jantung karena kaya akan omega-3 yang dapat mengurangi risiko gangguan detak jantung dan menurunkan tekanan darah.

Omega-3 juga dapat menurunkan trigliserida dan mengurangi peradangan. The American Heart Association merekomendasikan dua porsi salmon atau ikan berminyak lainnya dalam seminggu.

5. Tuna 

Ikan tuna juga mengandung omega-3. Albacore (tuna putih) memiliki lebih banyak omega-3 daripada varietas tuna lainnya. Cobalah memanggang steak tuna dengan sedikit garam dan lemon.

Sumber omega-3 lain ini adalah ikan mackerel, herring, dan sarden.

6. Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan antioksidan yang menyehatkan jantung dan bermanfaat melindungi pembuluh darah Anda. Saat minyak zaitun menggantikan lemak jenuh (seperti minyak sawit), ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. 

7. Kacang kenari

Mengonsumsi segenggam kecil kacang kenari sehari dapat menurunkan kolesterol Anda. Kenari juga dapat melindungi Anda dari peradangan di arteri jantung.

Kenari mengandung omega-3, lemak sehat yang disebut lemak tak jenuh tunggal, sterol tumbuhan, dan serat.

8. Kacang almond

Kacang almond mengandung sterol tumbuhan, serat, dan lemak yang menyehatkan jantung. Almond dapat membantu menurunkan kolesterol jahat LDL. 

9. Edamame

Edamame atau kacang kedelai sering disajikan sebagai hidangan pembuka di restoran Jepang. 

Protein kedelai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Satu mangkok kecil edamame juga mengandung 8 gram serat yang menyehatkan jantung. 

10. Tahu

Mudah ditemukan di pasar, tahu mengandung protein kedelai yang bagus. Makanan ini juga mengandung mineral, serat, dan lemak tak jenuh ganda yang menyehatkan jantung. 

11. Ubi jalar

Ubi jalar mengandung indeks glikemik yang lebih rendah daripada kentang. Karena alasan ini, ubi tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah dengan cepat. Makanan yang satu ini juga kaya akan serat, vitamin A, dan likopen.

12. Jeruk

Jeruk memiliki serat pektin pelawan kolesterol. Buah sitrus ini juga memiliki potasium, yang membantu mengontrol tekanan darah. Dalam sebuah penelitian, makan 2 jeruk sehari meningkatkan kesehatan pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah pada pria.

13. Sayuran hijau

Sayuran hijau kaya akan vitamin dan mineral. Jenis sayuran yang satu ini juga tinggi nitrat, zat yang membantu membuka pembuluh darah sehingga darah yang kaya oksigen dapat mencapai jantung Anda.

Sayuran hijau yang bagus untuk melancarkan peredaran darah misalnya selada, bayam, pakcoy, sawi hijau dan arugula.

14. Barley

Barley adalah salah satu jenis biji-bijian yang berasal dari keluarga gandum. Serat dalam barley dapat membantu menurunkan kadar kolesterol serta menurunkan kadar gula darah.

15. Oat

Semangkuk oat hangat bisa membuat Anda kenyang selama berjam-jam dan membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dari waktu ke waktu. Serat gandum juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda dengan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). 

16. Biji rami atau chia seed

Biji rami memiliki tiga hal yang baik untuk jantung Anda: serat, fitokimia yang disebut lignan, dan asam lemak omega-3.

17. Yogurt rendah lemak

Yogurt dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi karena mengandung kalsium dan potasium yang tinggi. Untuk benar-benar meningkatkan kalsium dan meminimalkan lemak, pilihlah jenis yogurt yang rendah lemak.

18. Makanan mengandung Sterol

Susu kedelai, susu almond, dan jus jeruk mengandung sterol dan stanol pelawan kolesterol. Ekstrak tumbuhan ini menghalangi usus Anda menyerap kolesterol. Zat ini juga dapat menurunkan kadar LDL hingga 10% tanpa mengotak-atik kolesterol baik.

19. Ceri

Ceri manis, ceri asam, ceri kering, dan jus ceri semuanya baik untuk dikonsumsi. Semuanya kaya akan antioksidan yang disebut anthocyanin. Ceri diyakini membantu melindungi pembuluh darah.

20. Bluberi

Blueberry kaya akan anthocyanin, antioksidan yang membantu pembuluh darah. Antioksidan tersebut memberi warna biru tua pada buah beri. Blueberry juga memiliki serat yang baik untuk pencernaan.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Catat Ya! Ini 5 Pantangan Makanan agar Jantung Sehat

(hsy/hsy)


Pos terkait