3 Ciri-ciri Orang Sukses di Tempat Kerja, Anda Punya?

Jakarta, puncak-media.com Indoneaia – Seorang miliuner asal Amerika Serikat, Steve Adcock, membagikan kisahnya berhasil meraih kekayaan hingga US$ 1 juta atau setara Rp 15 miliar (kurs Rp 15.000 per US$). Kekayaan itu ia kumpulkan sendiri bersama sang istri.

Pada 2016, Adcock dan istrinya, Courtney, pensiun setelah berhasil mengumpulkan kekayaan sekitar US$870.000 dari hasil bekerja di perusahaan bidang teknologi informasi. Namun, dengan investasi yang tepat, kekayaan bersih mereka meningkat menjadi US$1 juta.

Bacaan Lainnya

Adcock mengatakan, kesuksesannya dalam bekerja hingga menghasilkan kekayaan itu sebagian besar karena kebiasaan yang telah ia tekuni saat berusia 20-an tahun. Kebiasaan ini ia tiru dari mentor dan koleganya yang ia anggap sukses.

“Kebiasaan orang sukses cenderung sangat kuat, namun sangat sederhana,” kata pria yang pensiun pada usia 35 tahun itu, dikutip dari puncak-media.com Make It, Senin (23/1/2023).

Adcock mengungkapkan, setidaknya ada tiga ciri khusus yang membedakan orang sukses dari orang lain di sebuah tempat kerja. Berikut ini ciri-ciri tersebut:

1. Optimistis

Menurut Adcock, ciri-ciri pertama orang yang cepat sukses di tempat kerja adalah percaya diri terhadap kemampuan yang dimiliki. Ciri ini akan terpancar dari sikapnya yang selalu ceria dan bersemangat, hingga selalu tersenyum dan ramah kepada rekan kerja lainnya.

Dengan sikap optimisitis dan selalu bersemangat dalam bekerja bisa membuat orang lain cenderung mau bekerja dengan Anda. Sebab, keramahan, senyuman, dan semangat, kata Adcock, selalu diterapkan orang yang sukses selama mereka bekerja di sebuah perusahaan.

“Saya mulai mengikuti cara mereka ini dan sikap itu memberi saya lebih banyak kesempatan, baik di dalam maupun di luar kantor, daripada jika saya cemberut dan serius sepanjang waktu,” ujar Acock.

2. Kecerdasan emosional

Ciri kedua orang-orang yang sukses menurut Adcock adalah orang-orang yang mampu mengembangkan kecerdasan emosionalnya atau EQ. Orang dengan EQ yang kuat lebih sadar diri dan mau mengambil tanggung jawab ketika terjadi kesalahan daripada menyalahkan orang lain.

Meningkatkan kecerdasan emosional, kata Adcock, juga dapat membantu Anda menavigasi situasi menantang dengan tenang dan rasional.

“Mempraktikkan EQ membantu saya menjadi komunikator yang lebih baik dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan atasan saya,” tuturnya.

3. Gigih

Ciri ketiga adalah gigih. Adcock menekankan, gigih ini tidak berarti terus berusaha dari tidak pernah menyerah. Menurutnya, pemahaman ini keliru karena orang-orang sukses cenderung juga menyerah dalam berkarir. Namun, mereka tidak tersungkur begitu saja dan berhasil membalikkan keadaan hingga sukses.

Oleh sebab itu, kata gigih ini menurutnya adalah memahami kapan waktu yang tepat menerima keadaan dan bagaimana mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi. Dengan demikian gigih ini berkaitan dengan cara mengelola masalah secara cerdas dan cermat hingga mencapai kesuksesan.

“Bersabarlah, ketahui batasan mutlak Anda dan cobalah yang terbaik untuk mengatasi setiap tantangan yang muncul sebelum menyerah sepenuhnya, karena kesuksesan bisa saja sudah dekat,” ucap Adcock.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Apakah IQ Tinggi Menjamin Kesuksesan? Ini Kata Warren Buffett

(hsy/hsy)


Pos terkait