7 Tips Agar CV Kamu Dilirik Perusahaan, Simak Gaes!

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Ketika hendak melamar pekerjaan, mempersiapkan Curriculum Vitae (CV) adalah salah satu hal krusial yang harus dipersiapkan oleh pelamar. CV adalah dokumen yang menginformasikan kualifikasi dan informasi pribadi seorang pencari kerja.

Bacaan Lainnya

Informasi yang dimasukkan dalam CV meliputi data diri, riwayat pendidikan, prestasi, keterampilan, pengalaman kerja, dan lain-lain.

Setiap harinya, rekruter dari suatu perusahaan menerima hampir ratusan hingga ribuan CV dari pelamar dan hanya memiliki beberapa detik untuk meninjau satu CV. Maka dari itu, penting bagi pelamar untuk mengetahui aspek-aspek yang membuat CV dapat menarik perhatian rekruter meskipun hanya dilihat selama beberapa detik.

Lantas, bagaimana cara menyusun CV agar dilirik perusahaan? Berikut rangkumannya, dilansir dari RevoU.

1. Sesuaikan CV dengan Posisi yang Dilamar

Sebelum membuat CV, penting bagi pelamar untuk membaca terlebih dahulu detail deskripsi lowongan kerja yang ingin dilamar. Selain itu, identifikasi kualifikasi, tugas, dan tanggung jawab pekerjaan juga penting untuk diperhatikan agar poin-poin yang dicantumkan dalam CV dapat disesuaikan secara spesifik.

RevoU mengatakan, menyesuaikan isi CV dengan posisi yang dilamar sering kali menjadi hal yang diabaikan oleh pelamar sehingga lamarannya tidak kunjung memperoleh panggilan dari perusahaan.

2. Cantumkan Foto dan Informasi Pribadi yang Sesuai

Menurut RevoU, foto yang sesuai untuk dicantumkan pada CV adalah foto yang semi-formal dan tersenyum. Hindari memakai pas foto dengan pakaian rapi dan formal kecuali bila ada ketentuan foto khusus dari perusahaan.

Selain itu, pelamar juga tidak disarankan untuk mencantumkan alamat detail tempat tinggal, seperti nomor rumah, RT/RW, hingga nama jalan. Sebab, lokasi domisili sudah dinilai cukup untuk memberikan informasi alamat.

Berikut informasi pribadi yang cukup dicantumkan dalam CV:
* Nomor Telepon
* Email
* Lokasi Domisili
* Tautan Akun LinkedIn
* Tautan Portofolio

3. Tulis About Me yang Meningkatkan Value Diri

About me atau summary adalah salah satu poin krusial yang harus diperhatikan. Sebab, melalui bagian tersebutlah rekruter dapat mengenal calon kandidatnya secara ringkas. Berikut poin-poin penting yang dicari oleh rekruter pada about me atau summary.

* Posisi yang hendak dilamar dan aspirasi calon kandidat
* Alasan mengapa kandidat tertarik pada posisi yang dilamar
* Pengalaman dan kemampuan calon kandidat yang sesuai dengan posisi tujuan
* Nilai hidup calon kandidat (life values)

RevoU mengatakan, setiap pengalaman yang relevan pada posisi yang dituju penting untuk dicantumkan dalam about me atau summary. Lulusan baru atau fresh graduate dapat mencantumkan kegiatan organisasi kampus, magang, ataupun kerja pada bagian ini.

4. Cantumkan Pengalaman Kerja yang Sesuai
Penting bagi pelamar yang telah berpengalaman untuk mencantumkan pengalaman bekerjanya. Dengan demikian, rekruter dapat mengetahui bagaimana jejak karier calon kandidatnya di perusahaan sebelumnya.

Berikut poin-poin penting yang harus dicantumkan oleh pelamar pada informasi pengalaman kerja.
* Nama perusahaan, posisi, dan waktu menjabat di perusahaan sebelumnya
* Hindari mencantumkan seluruh pengalaman kerja. Cukup cantumkan pengalaman-pengalaman yang relevan dengan posisi tujuan
* Cantumkan pencapaian dan kemampuan yang digunakan selama bekerja di pengalaman sebelumnya

Dalam penyusunan pengalaman kerja, pelamar dapat menggunakan metode AQS Job Description atau Action verb (Kata kerja), Quantifiable result/achievement (Hasil pencapaian yang terukur), dan Specific and relevant task (Tugas yang spesifik dan relevan).

5. Kemampuan Diri

Kemampuan diri atau skill adalah bagian penting yang harus difokuskan oleh pelamar. Pada bagian ini, berikan penjelasan singkat terkait kemampuan diri yang dikuasai, seperti kemampuan teknis, kemampuan menggunakan tools digital, soft skill, hard skill, bahasa yang dikuasai, dan kompetisi tambahan.

Berikut contoh kemampuan diri yang dapat dicantumkan oleh pelamar dalam CV.

Soft skills:
* Komunikasi
* Teamwork
* Leadership
* Time management

Tools skills:
* Adobe Photoshop
* Ms. Office
* Adobe Illustrator
* Socialblade

Technical skills:
* Facebook Ads
* Google Ads
* Content creation
* Content marketing

6. Latar Belakang Pendidikan

Pada bagian latar belakang pendidikan, pastikan untuk mencantumkan tingkatan edukasi terakhir. Bila pendidikan terakhir adalah perguruan tinggi, sebutkan nama universitas, jurusan, tahun kelulusan, dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) bila diperlukan.

7. Sertifikasi

Bila sebelum melamar pekerjaan pernah mengikuti sertifikasi, cantumkan hasil sertifikasi tersebut bila relevan dengan posisi yang dilamar. Bila sertifikasi diambil secara daring, cantumkan sertifikat tersebut berupa tautan. Selain sertifikasi daring, pelamar juga dapat mencantumkan sertifikasi workshop dan pelatihan tertentu.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Survei: Karyawan di 13 Pekerjaan Ini Puas dengan Gaji Mereka

(miq/miq)


Pos terkait