Aplikasi Shopee dan Tokopedia Dilewati Alfamart, Kok Bisa?

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Tidak ada nama-nama seperti Tokopedia dan Shopee dalam daftar aplikasi terbanyak didownload di Indonesia. Bahkan keduanya dikalahkan oleh aplikasi milik Alfamart, Alfa Gift.

Ini terlihat dalam laporan terbaru dari perusahaan riset, Data.ai. Aplikasi Tokopedia dan Shopee tidak terlihat pada lima besar laporan.

Bacaan Lainnya

Sebaliknya, Data.ai menyebutkan Alfa Gift masuk tiga besar paling banyak didownload orang Indonesia. Alfa Gift hanya dikalahkan oleh aplikasi Blibli dan juga Tiktok Seller dalam laporan tersebut yang menempati posisi pertama dan kedua.

Alfa Gift merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk membeli barang kebutuhan sehari-hari yang tersedia di toko fisik milik Alfamart dan anak usahanya. Sebagai informasi Alfamart juga membawahi Lawson, Alfamidi serta Alfa Express.

Aplikasi Alfa Gift cukup mudah untuk digunakan. Pertama pengguna hanya perlu mendaftarkan lebih dulu dan memasukkan alamat yang dituju.

Lanjutkan dengan memilih barang yang ingin dibeli. Berikutnya pilih opsi untuk membayar dan terakhir lakukan pembayaran.

Pengiriman pesanan terbilang cukup cepat. Terdapat dua opsi, untuk barang yang tersedia di toko fisik bisa dikirim dengan instan dan bagi produk di gudang Alfamart akan diantarkan H+1.

Alfamart memberikan banyak program untuk para pengguna. Misalnya seperti gratis ongkos kirim, kupon, undian dan promo lainnya.

Dalam laporan data.ai itu, posisi Alfa Gift berada di atas Atome ID dan Alibaba.com yang berada pada posisi keempat dan kelima.

Atome ID untuk belanja online atau toko fisik dengan sistem pay later. Sementara Alibaba.com adalah pembelian barang untuk jumlah banyak.

Perlu dicatat, jika aplikasi yang masuk lima besar dalam laporan ini hanya dihitung berdasarkan jumlah download. Laporan ini tidak melihat jumlah pengguna aktif tiap aplikasi.

Shopee dan Tokopedia tetap masuk dalam pengguna aktif bulanan atau monthly active user/MAU terbanyak. Alfa Gift berada di belakang keduanya di laporan tersebut.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Cuan Shopee Vs Tokopedia: Komisinya Ternyata Berat Sebelah


Pos terkait