Asyik, YouTube Siarkan Saluran TV Gratis Nih!

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – YouTube sedang berencana memperluas kemampuan platformnya. Menurut sebuah laporan dari Wall Street Journal, perusahaan merencanakan menyiarkan saluran TV secara gratis.

Kabarnya konsep fitur itu tengah diuji coba dengan sejumlah kecil mitra media. Sejumlah orang juga mengatakan fitur baru bisa diluncurkan pada penawaran lebih luas akhir tahun 2023, dikutip dari Wall Street Journal, Selasa (17/1/2023).

Bacaan Lainnya

Informasi ini menyusul inisiatif streaming lainnya. Termasuk mengenai pengguna yang dapat mendaftar ke Youtube dan kesepakatan membayar sekitar US$2 miliar per tahun untuk hak National Football League.

Selain itu, laporan menyebutkan Youtube juga bekerja sama dengan perusahaan Lionsgate dan A&E untuk merampungkan rencananya.

Seorang juru bicara Youtube mengonfirmasi perusahaan tengah melakukan eksperimen kecil untuk pengguna bisa menonton kanal gratis dengan iklan. Ini digunakan dalam rangka mengukur minat para penonton, ungkapnya.

“Kami selalu mencari cara baru untuk memberikan pemirsa tujuan utama agar lebih mudah menemukan, menonton, dan membagikan konten paling penting bagi mereka,” ungkap juru bicara.

The Verge mencatat konsep layanan ini akan sama seperti Pluto TV, Live TV Roku, atau layanan yang dibangun ke dalam TV dari Samsung dan LG. Jadi akan ada seperti ‘hub’ yang membuat penonton bisa memilih konten yang ingin ditonton.

Konsep yang direncanakan Youtube menjadi model bisnis menguntungkan bagi banyak perusahaan. Menurut laporan dari Vizio dan Rozu yang mendapatkan banyak keuntungan dari iklan serta komisi langganan dibandingkan perangkat keras.

Pada kuartal ketiga lalu, Youtube menghasilkan pendapatan iklan US$7,1 miliar. Angka tersebut 13% dari total pendapatan iklan Google selama waktu yang sama.

Pendapatan iklan untuk unit video turun untuk pertama kalinya sejak Alphabet melaporkan kinerja keuangan tahun 2020 lalu.

Konten dengan iklan bukanlah hal baru bagi Youtube. Tahun 2022, misalnya, platform sudah menambahkan acara televisi gratis dengan iklan dalam katalognya.

Tahun yang sama, Youtube juga menambahkan saluran gratis pada tab langsung Google TV lewat Pluto TV. Selain itu perusahaan juga menyediakan layanan berbayar untuk pengguna mendapatkan pengalaman seperti menonton TV lewat Youtube TV.

Belum jelas kapan kemampuan YouTube ini bakal hadir di Indonesia. Kita tunggu saja.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Korsel Temui Jalan Buntu Tagih Biaya Jaringan ke Netflix Cs

(tib)


Pos terkait