Awas Kamera Tersembunyi Intip Anda, Ini Cara Cek dari HP

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Ada banyak cerita soal kamera tersembunyi di kamar hotel atau penginapan. Dengan begitu kegiatan para pengguna bisa diintip dengan mudah oleh pihak yang menyewakan penginapan.

Namun sebelum jadi korban, Anda bisa mencari tahu apakah di kamar yang disewa itu terdapat kamera tersembunyi atau tidak. Caranya pun mudah dengan mengandalkan smartphone saja.

Bacaan Lainnya

Berikut dua cara mengecek keberadaan kamera tersembunyi, dikutip dari The Verge, Senin (16/1/2023):

Kamera HP

Anda bisa menggunakan kamera HP untuk menemukan sinyal IR (infrared). The Verge mencatat pada beberapa ponsel hanya kamera depan yang bisa menangkap cahaya IR, sementara pada Google Pixel 6 bisa dengan kamera depan serta belakang.

Namun untuk langkah pertama adalah membuat Puncak-media.coman segelap mungkin sebelum memindai Puncak-media.coman. Dengan begitu, cahaya IR bisa terlihat oleh kamera ponsel. Ini cara mengeceknya:

  • Nyalakan kamera dan arahkan ke arah televisi atau remote untuk melihat apakah cahaya IR bisa menangkap sinyal
  • Nyalakan remote dan cari cahaya kecil yang stabil atau berkedip. Ini bisa berwarna pink keunguan atau ungu-biru
  • Coba antara kamera depan, jika tidak menemukan hasil di kamera belakang
  • Jika ada perangkat yang juga terdeteksi IR-nya menyala, maka Anda perlu waspada apakah itu kamera tersembunyi

Jaringan Internet

Langkah berikutnya adalah dengan mengecek apakah ada yang terhubung dengan jaringan lokal. Ada sejumlah aplikasi untuk menganalisa jaringan yang bisa menemukan perangkat yang terhubung pada jaringan lokal.

Salah satunya Fing yang tersedia di Android dan iOS. Dengan aplikasi-aplikasi itu bisa menemukan dan mencantumkan semua perangkat dalam jaringan, termasuk mengonfirmasi perangkat mana yang dikenali.

[Gambas:Video CNBC]

(tib)


Pos terkait