Beda Sendiri, Warga Vietnam Rayakan Tahun Kucing Imlek 2023

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Tahun Baru China atau Imlek 2574 Kongzili jatuh pada 22 Januari 2023. Setiap tahunnya, kalender China diwakili oleh salah satu dari 12 hewan shio, yaitu tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, kera, ayam, anjing, dan babi. Pada 2023 ini, kalender China menunjukkan shio kelinci air.

Namun, berbeda dengan kalender China, Vietnam justru merayakan Imlek 2574 Kongzili dengan tahun kucing. Di seluruh Vietnam, jalanan setiap sudut kota dihiasi dengan patung kucing. Tak hanya itu, toko-toko pun dipenuhi dengan dekorasi bertema kucing dan menjual Tet, hadiah populer untuk Tahun Baru Vietnam.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari AFP, Vietnam dan negara tetangga China lainnya berbagi 10 dari 12 shio, yaitu tikus, macan, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam jantan, anjing, dan babi. Konon, masyarakat Vietnam lebih menghormati kucing daripada kelinci dan kerbau daripada lembu.

Pakar Budaya Tradisional Vietnam, Nguyen Hieu Tin mengatakan bahwa salah satu filosofi mengapa Vietnam merayakan Imlek tahun kucing, bukan kelinci, adalah karena sawah yang sangat berharga bagi para petani di sana.

“Beras adalah bagian terbesar dari pertanian Vietnam. Namun, akibat banyaknya ancaman tikus di sawah, kucing (yang dapat memburu tikus) menjadi hewan yang populer bagi orang Vietnam,” jelas Tin, dikutip Kamis (19/1/2023).

“Penjelasan lain adalah orang Vietnam tidak ingin merayakan hewan serupa selama dua tahun. Mereka (Masyarakat Vietnam) melihat tikus dan kelinci saling berkaitan erat,”lanjutnya.

Selain itu, ada juga teori yang mengatakan bahwa orang Vietnam membuat pemahaman sendiri atas bahasa China untuk kelinci, yaitu Mao. Dalam bahasa Vietnam, kata tersebut berbunyi seperti ‘Meo’ yang berarti kucing.

Orang Vietnam percaya, Tahun Kucing dipercaya dapat membawa keberuntungan dan kelancara bagi pelayaran di Vietnam.

Salah satu karyawan di Hanoi, Hoang Thi Huong mengatakan dia tidak pernah memperhatikan alasan mengapa masyarakat di negaranya menghormati hewan shio yang berbeda dengan orang lain di dunia. Namun, ia percaya bahwa mereka yang lahir di Tahun Kucing, seperti dirinya memiliki kemudahan daripada orang lain.

“Tampaknya benar bahwa mereka yang lahir di Tahun Kucing seringkali lebih aktif, pekerja keras, dan mudah bergaul,” kata Giang.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Mohon Maaf, Ini Shio yang Diprediksi Paling Apes di 2023

(hsy/hsy)


Pos terkait