BI Checking Sudah Ganti, Ini 3 Aplikasi untuk Cek Skor Kredit

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Pengecekan skor kredit pinjaman bukan lagi berasal dari BI Checking yang dikelola Bank Indonesia. Bagi yang akrab dengan ‘BI Checking’ saat ini pengecekan tersebut berganti menjadi SLIK atau Sistem Layanan Informasi Keuangan OJK.

Anda bisa cek melalui cek skor kredit pinjaman secara mandiri melalui beberapa aplikasi atau website. Adapun platform tersebut termasuk IDScore.id, cekaja.com, dan Skor Life.

Bacaan Lainnya

Berikut ketiga aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk cek skor kredit:

1. IDScore.id

IdScore memiliki platform yang memungkinkan Anda mengecek riwayat kredit, skor kredit, serta menjadi gambaran kelayakan kredit, bertajuk MyIdScore. Untuk mengaksesnya, Anda bisa mengunjungi website www.idscore.id.

Jika sudah ada di laman utama, Anda bisa lihat di sudut kanan bawah, ada gambar lingkaran dengan keterangan “Cek Skor Kredit Anda Sekarang!”, klik, lalu Anda akan dibawa ke laman MyIdScore. Di situ Anda bisa mulai dengan membuat akun.

Untuk menggunakan layanan MyIdScore, lakukan pembuatan akun dengan mengisi data diri di bawah ini sesuai identitas di KTP.

Adapun informasi yang diminta termasuk data pribadi seperti nama, nomor KTP, tanggal lahir, email aktif, dan no HP. Selanjutnya ada kata sandi, PIN, dan kode captcha yang perlu Anda isi untuk membuat akun.

Platform ini dimiliki oleh PEFINDO Biro Kredit yang merupakan Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP) atau dikenal juga sebagai Biro Kredit Swasta.

PEFINDO Biro Kredit didirikan atas prakarsa PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO). Dalam menjalankan kegiatan usahanya, PEFINDO Biro Kredit menghimpun data kredit dari lembaga keuangan dan data non-kredit dari beberapa instansi publik serta lembaga yang telah bekerja sama untuk menjadi sumber data.

Data tersebut kemudian diolah dan disajikan dalam bentuk informasi yang komprehensif dan bernilai tambah.

2. Cekaja.com

Sama seperti IDScore, ini cek aja merupakan platform berbasis website. Anda bisa mengunjungi laman cekaja.com untuk cek skor kredit.

Saat Sudah di halaman utama, Anda akan melihat tombol di tengah sebelah kiri bertuliskan “Cek Score Anda”, klik, dan Anda akan dibawa ke halaman lain dengan pilihan Mulai, dan Saya Sudah Memiliki Skor.

Untuk membantu mengaktifkan skor kredit Anda, Mereka akan menanyakan beberapa pertanyaan. Anda hanya perlu mengisi form yang disediakan.

Total ada 4 langkah yang Anda harus isi. Halaman pertama berisi data pribadi seperti nama, tanggal lahir, status pernikahan, dan jumlah tanggungan. Jika sudah, Anda bisa klik Lanjut, di kiri bawah untuk melakukan tahap selanjutnya.

CekAja.com adalah portal layanan informasi dan perbandingan yang netral dan terpercaya untuk membantu masyarakat Indonesia membuat keputusan finansial yang cerdas.

teknologi perbandingan dan aplikasi mutakhir kelas dunia, CekAja.com memberikan pilihan produk finansial dan asuransi secara cepat, mudah, dan singkat.

CekAja.com di dukung oleh sejumlah mitra bank dan lembaga asuransi terpercaya di Indonesia. Layanan yang mereka miliki diperluas untuk mencakup segala jenis kredit, asuransi, tabungan, investasi, dan produk konsumen lainnya.

3. Skor Life

Berbeda dengan dua di atas, Skor Life merupakan aplikasi yang bisa Anda download di HP. Aplikasi ini bisa Anda instal di App Store bagi pengguna iPhone dan di Google Play bagi pengguna Android.

Anda bisa melacak riwayat dan performa finansial dalam 24 bulan ke belakang. Aplikasi tersebut juga memungkinkan Anda cari tahu setiap pinjaman, BNPL, kartu kredit, dengan memahami dampaknya pada hasil skor kredit Anda.

Untuk menggunakannya Anda hanya perlu membuat akun. Ada tiga tahap membuatnya yakni dimulai dengan memasukan nomor telepon, selanjutnya Anda bisa mengikuti langkah berikutnya.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


BI Checking Ganti, Begini Cara Cek Kredit Online

(tib)


Pos terkait