Bolehkah Penderita Asam Lambung Berpuasa

Bolehkah Penderita Asam Lambung Berpuasa – Sakit maag atau biasa dikenal dengan GERD (gastroesophageal reflux disease) adalah salah satu jenis gangguan makan kronis. Penyakit ini disebabkan oleh produksi asam lambung yang menyebabkan asam lambung naik kembali ke kerongkongan (refluks) dan menyebabkan iritasi.

Iritasi esofagus yang disebabkan oleh peningkatan keasaman jus lambung dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada (heartburn), nyeri di epigastrium, dan regurgitasi (bersendawa berlebihan) pada pasien. Selain itu, iritasi ini dapat menyebabkan mual dan muntah.

Bolehkah Penderita Asam Lambung Berpuasa

Lantas, apakah penderita asam lambung bisa kelaparan? Jawabannya adalah ya, tetapi dengan beberapa poin. Siapa mereka? Simak 13 tips puasa untuk penderita maag atau GERD berikut ini.

Bacaan Lainnya

Resep Menu Buka Puasa Untuk Penderita Maag, Cegah Asam Lambung Naik

Makanan berlemak dan asam harus dihindari jika Anda menderita GERD atau sakit perut. Pasalnya, kedua jenis makanan tersebut terbukti berbahaya bagi kesehatan usus. Entah itu makanan berlemak atau makanan asam, keduanya bisa menyebabkan asam lambung naik. Sehingga otomatis menjadi penyakit lambung yang parah jika Anda mengidapnya.

Selain gorengan dan makanan yang mengandung asam, dianjurkan untuk mengurangi konsumsi segala jenis makanan pedas. Bagi sebagian orang, ternyata makanan pedas juga bisa memicu naiknya asam lambung yang bisa membuat GERD Anda semakin parah.

Selain efek pola makan, asam lambung yang naik juga bisa disebabkan oleh tekanan mental. Jadi hindari kebiasaan berpikir terlalu banyak, apalagi yang sulit.

Lupakan semua peristiwa menyakitkan yang terjadi di masa lalu Anda dan berhentilah mengkhawatirkan masa depan yang tidak pasti. Karena semua jenis pikiran ini membuat Anda stres dan memperburuk gejala GERD Anda.

Tips Aman Berpuasa Bagi Penderita Maag, Hindari Makan Terlalu Banyak Saat Sahur

Hidup dengan tips ini bisa sangat sulit bagi sebagian orang. Apalagi buat kamu yang suka coklat. Namun, hal ini tetap perlu dilakukan demi kesehatan Anda.

Cokelat sendiri merupakan jenis makanan lain yang dapat menyebabkan peningkatan asam lambung. Tingginya kandungan kafein, teobromin, kakao, dan lemak dalam cokelat menjadi alasan mengapa perlu membatasi penggunaan makanan jenis ini.

Karena dapat meningkatkan refluks asam lambung, kafein jelas merupakan salah satu hal yang tidak dianjurkan bagi penderita GERD. Apalagi saat kamu sedang sedih.

Pasalnya, minum kafein (teh, kopi, berbagai jenis soda) saat berpuasa tidak hanya dapat memperparah nyeri, tetapi juga dapat menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan melalui sering buang air kecil.

Tips Berpuasa Untuk Penderita Penyakit Maag

Anda harus tahu bahwa kafein memiliki sifat diuretik. Artinya, konsumsi kafein bisa membuat seseorang mengeluarkan lebih banyak cairan melalui urin.

Selain kanker paru-paru, merokok juga bisa menyebabkan GERD. Menurut penelitian lain yang dikutip dari situs Daily Health, merokok dapat menyebabkan berkembangnya penyakit sistem pencernaan seperti GERD melalui tiga kondisi berikut, yaitu:

Oleh karena itu, selama bulan puasa, ada baiknya memanfaatkan momen ini untuk menghentikan kebiasaan merokok. Jika Anda serius tentang hal itu, Anda bisa melakukannya. Angin!

Makanan penyebab perut kembung bisa meningkatkan produksi asam lambung seseorang. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk membatasi konsumsi jenis makanan tersebut baik saat sahur, buka puasa, maupun setelah tarawih. Beberapa contoh makanan yang bisa menimbulkan gas adalah apel, persik, brokoli, dan kacang-kacangan.

Bolehkah Penderita Maag Berpuasa? Berikut Penjelasannya

Beberapa penyakit asam lambung yang terjadi saat berpuasa bisa disebabkan karena Anda makan berlebihan. Hal ini karena kebiasaan mengunyah makanan dengan cepat dapat meningkatkan risiko tertelan udara. Jika udara yang tertelan cukup banyak, kondisi ini akan menyebabkan sfingter esofagus terbuka lebar dan menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan.

Oleh karena itu, sebelum menelan, dianjurkan untuk makan perlahan dan kunyah makanan hingga selembut mungkin. Selain membantu enzim pencernaan untuk mencerna makanan, kebiasaan sehat ini dapat mengurangi risiko penumpukan asam lambung dan memperburuk gejala GERD.

Kurma merupakan jenis buah dengan kandungan serat yang tinggi (6,7 gram serat per 100 gram kurma) yang baik untuk tubuh. Serat yang terdapat pada kurma sangat efektif untuk mengobati berbagai gangguan pencernaan seperti maag dan GERD. Hal ini disebabkan efek serat pada kurma yang secara efektif mengurangi peningkatan keasaman lambung dan mengurangi peradangan pada dinding lambung.

. Kurma lainnya mengandung berbagai mineral dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Seperti karbohidrat, potasium, seng, magnesium, triptofan, vitamin C, vitamin B6, bahkan omega-3. Oleh karena itu, untuk menjaga agar kadar asam lambung tetap normal selama berpuasa, dianjurkan untuk makan tiga hari pada pagi hari dan berbuka puasa.

Ini 5 Menu Buka Puasa Untuk Anda Yang Menderita Asam Lambung

Selain rasanya yang enak, kacang almond juga kaya akan nutrisi dan mineral. Contohnya termasuk serat makanan, kalsium, zat besi, magnesium, banyak jenis vitamin B, dan vitamin E. Dengan demikian, mereka memiliki efek kesehatan yang baik saat dikonsumsi.

Tak hanya itu, karena kandungan serat dan minyaknya yang tinggi, kacang almond diyakini mampu mempercepat proses pencernaan dan menurunkan kadar asam lambung. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mulai memasukkan kacang almond dalam menu sahur dan berbuka puasa.

Bagi Anda yang menderita GERD sebaiknya menghindari kebiasaan langsung tidur setelah makan. Pasalnya, kebiasaan tersebut bisa menyebabkan perut menjadi lebih asam. Hal ini karena gravitasi dapat menyebabkan isi lambung, termasuk asam lambung, larut dan mengalir kembali ke kerongkongan (kerongkongan), sehingga menimbulkan iritasi dan rasa panas di dada.

Mengonsumsi gulai terbukti dapat memperbaiki gangguan asam lambung, terutama GERD. Menurut sebuah studi oleh National University Hospital (NUH) di Singapura, beberapa orang dengan GERD melaporkan merasa lebih buruk setelah makan kari. Misalnya keluhan nyeri dada, sering mulas, mual dan muntah. Nah, untuk mencegah keluhan tersebut, sebaiknya hindari gulai di pagi hari atau saat berbuka puasa.

Tips Puasa Bagi Penderita Maag Dan Asam Lambung Saat Ramadhan, Tetap Aman

Terakhir, untuk menghindari rasa tidak nyaman yang berlebihan akibat asam lambung yang tinggi, pasien GERD disarankan untuk mengonsumsi obat penekan asam lambung atau penghambat pompa proton.

Beberapa contoh obat yang menekan lambung antara lain ranitidine, famotidine, dan nizatidine. Meskipun contoh penghambat pompa proton lainnya termasuk omeprazole, rabeprazole dan pantoprazole. Tenang dengan perubahan gaya hidup penderita GERD dapat mengontrol dan mempercepat asam lambung. Lihat penjelasannya di artikel ini!

Penyakit gastroesophageal reflux, atau GERD, adalah gangguan pencernaan di mana asam lambung naik dari lambung ke kerongkongan. Dalam kondisi pencernaan normal, katup antara lambung dan kerongkongan menutup setelah makanan masuk ke lambung. Namun, pada penderita GERD, katup ini menyempit untuk memungkinkan isi lambung naik ke kerongkongan.

Setiap orang dapat mengalami refluks asam dari waktu ke waktu, namun jika terjadi lebih dari dua kali dalam seminggu, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui apakah Anda menderita GERD.

Tips Puasa Bagi Penderita Asam Lambung Gerd, Agar Tetap Nyaman Dan Lancar Beribadah Di Bulan Ramadhan

Kesembuhan pasien GERD tergantung dari kondisi orang tersebut. Dokter Anda mungkin menyarankan Anda untuk tidak berpuasa jika Anda mengalami sakit parah atau muntah. Namun, beberapa orang mungkin mengalami gejala yang mengganggu keefektifan puasanya. Studi terhadap 130 pasien GERD ini menemukan gejala GERD yang lebih ringan pada penderita GERD yang berpuasa di bulan Ramadhan dibandingkan mereka yang tidak berpuasa.

Pakar Gastroenterologi Ari Fakhrial Syam mengatakan penderita asam lambung bisa berpuasa jika memperhatikan beberapa hal. Apa yang harus dilakukan agar penderita GERD bisa menjalankan puasa tanpa kendala? Simak tips berikut ini!

Beberapa makanan diketahui melemahkan katup esofagus bagian bawah atau memiliki kandungan asam tinggi yang menyebabkan refluks asam. Agar asam lambung tetap terkendali, sebaiknya jauhi makanan dan minuman berikut ini:

Protein tanpa lemak seperti ayam, ikan, tahu, dan putih telur diperoleh dengan cara dipanaskan, direbus, dipanggang, atau dipanggang.

Asam Lambung Naik Saat Puasa? Ini Yang Harus Dilakukan

Bagi penderita GERD, lebih baik makan 5 porsi kecil sehari daripada 2-3 kali makan. Selama Ramadhan, tips ini bisa Anda gunakan dengan istirahat antara takjeel dan makan malam agar perut tidak panik. Anda bisa melakukan sholat magrib sambil menunggu makan yang berat. Selain itu, hindari terburu-buru dengan mengunyah makanan sampai halus sebelum ditelan.

Merokok dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk melemahnya katup antara lambung dan kerongkongan. Jika Anda tidak merokok dari subuh hingga senja, bagaimana jika menggunakan Ramadan sebagai kesempatan untuk menghentikan kebiasaan itu sepenuhnya?

Meski mengantuk, tidak perlu langsung tidur setelah sahur, ya? Tunggu 2-3 jam setelah makan agar asam lambung mereda dan GERD tidak kambuh lagi.

Berikut adalah beberapa tips berpuasa agar Anda tetap sehat meskipun GERD. Jika gejala GERD menetap dan mengganggu aktivitas sehari-hari, jangan tunda, konsultasikan ke dokter spesialis.

Tips Menu Aman Berbuka Puasa Bagi Penderita Maag, Agar Asam Lambung Normal

Gupta, Ekta. 2019. “Diet GERD: Makanan yang Membantu Refluks Asam (Mulas).” Kedokteran Johns Hopkins. 7 Desember 2019. https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/gerd-diet-foods-that-help-with-acid-reflux-heartburn. Makan larut malam dan perut kosong merupakan masalah besar bagi penderita maag. Namun selama bulan Ramadhan, umat Islam tidak boleh makan selama 14 jam. Bagaimana dengan penderita sariawan? Bisakah saya berpuasa? Jawabannya iya. Tetapi ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Bagaimana agar penderita maag tetap sehat dan bugar untuk menunaikan ibadah puasa Ramadhan? Yang pertama tetap mengadakan sahur dan buka puasa; Lanjutkan minum obat bagi mereka yang memiliki kondisi kronis; Lanjutkan melakukan shalat Tarawih; Makan banyak sayuran dan buah-buahan; Minum banyak air saat bangun pagi; Tidur yang cukup, jangan terlalu banyak.

Meskipun ada hidangan lainnya

Bolehkah penyakit asam lambung berpuasa, sakit asam lambung bolehkah berpuasa, bolehkah penderita maag berpuasa, tips berpuasa penderita asam lambung, bolehkah penderita asam lambung makan jambu biji, bolehkah penderita gerd berpuasa, penderita asam lambung boleh berpuasa, bolehkah asam lambung berpuasa, bolehkah sakit lambung berpuasa, bolehkah penderita asam lambung makan roti tawar, bolehkah penderita asam lambung makan bakso, bolehkah penderita batu ginjal berpuasa

Pos terkait