Bolehkan Ibu Menyusui Makan Durian

Bolehkan Ibu Menyusui Makan Durian – Menikmati buah durian pada musimnya, benar-benar terasa seribu nikmatnya. Apalagi jika Anda sedang hamil dan tiba-tiba ingin makan durian! Tapi apakah itu mungkin?

Garis waktu Facebook, Twitter, dan Instagram benar-benar hidup dengan foto durian. Saya juga melihat ibu hamil makan durian di pinggir jalan. Saya pasti senang tentang ini di hati saya. Lalu saya berpikir, bolehkah saya makan durian saat hamil?

Bolehkan Ibu Menyusui Makan Durian

Hal ini dikarenakan orang tua mengatakan bahwa makan durian saat hamil dapat menyebabkan beberapa resiko seperti bayi prematur, persalinan dan keguguran.

Bacaan Lainnya

Berbagai Hal Yang Harus Dihindari Ibu Menyusui, Berikut Ulasannya

Ini karena beberapa ras di Asia melarang makan durian saat hamil. Misalnya, orang Tionghoa melarang wanita makan durian saat hamil karena buah ini panas.

Namun, jika durian berkaki dua, belum ada penelitian ilmiah yang dilakukan tentang apakah aman untuk dimakan.

Faktanya, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa durian dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau ruam popok pada bayi baru lahir.

Namun, jika ingin makan durian, sebaiknya konsumsi secukupnya saja karena buah ini tinggi gula dan karbohidrat.

Tak Baik Untuk Janin, Sebaiknya Ibu Hamil Nggak Boleh Makan Rujak

Bahkan dua durian sedang mengandung 60 kalori, berapa banyak kalori pada durian yang lebih besar dan lebih padat? Itu sebabnya ibu hamil harus membatasi makan durian selama hamil.

Bagi ibu hamil penderita diabetes atau diabetes gestasional, sebaiknya hindari makan durian ini karena kandungan gulanya yang tinggi.

Durian juga menghasilkan banyak gas di usus dan perut ibu hamil yang menyebabkan kembung atau muntah.

Namun, beberapa penelitian juga menunjukkan manfaat buah durian yang mengandung belerang organ dan triptofan. Mengandung antioksidan yang baik.

Masih Duduk Dibangku Tk, Tapi Sudah Bertanggung Jawab Untuk Keluarga

Selain itu, durian mengandung unsur anti mikroba, anti bakteri dan anti jamur yang bermanfaat bagi ibu hamil.

P/S: Kalau ibu ngidam makan juga, cukup 2 durian wedges untuk mengobati ngidam itu.

Tapi kalau ada yang salah dengan isinya, jangan ditunda-tunda. Segera temui dokter Anda. Bagikan artikel ini di halaman Facebook Anda.

Catatan: Anda tidak diperbolehkan memposting artikel ini di situs web lain atau status Facebook tanpa kredit yang sesuai dan tautan ke artikel asli di Asianparent Malaysia.

Kondisi Gala Selama Ini Terlihat Baik, Kerabat Vanessa Angel: Namun Ketika Dicek Dokter…

Baca Juga: Kenapa Ibu Menghadapi Masalah Kerontokan Rambut Usai Melahirkan? Baca Juga Jawabannya di Sini: Hamil di Usia Muda, Gadis Berperut Buncit Ini Disebut “Tidak Berguna” untuk Kuliah! Baca Juga: Ibu Mengalami Morning Sickness dan Perhatikan Bahwa Anaknya Memiliki Tingkat Kecerdasan Tinggi! – Penelitian

Apakah Anda memiliki masalah pengasuhan yang membuat Anda khawatir? Ayo baca artikel atau ajukan pertanyaan dan dapatkan jawabannya langsung dari aplikasi Asianparent kami! Unduh Asian Parent Community di iOS dan Android sekarang! Durian. Beberapa orang benar-benar tidak menyukainya. Namun, lebih banyak orang yang menyukai buah ini dengan rasa dan aromanya yang unik. Nah, bagaimana jika ibu menyusui makan durian? Apa efek buah durian pada bayi yang suka minum ASI?

Secara umum durian aman untuk bayi dikonsumsi oleh ibu menyusui. Padahal, durian mengandung vitamin B dan C, zat besi dan fosfor yang bermanfaat bagi para ibu. Kecuali sang ibu memiliki kondisi kesehatan khusus, seperti diabetes, karena kadar gula yang tinggi pada buah widuri.

Kalau ibunya sehat dan makan durian secukupnya, efeknya justru bagus. Ya, mengkonsumsi makanan bergizi secara umum.

Ask Doctor About Pregnancy & Baby

Durian tidak boleh dimakan oleh anak-anak, terutama yang berusia di bawah satu tahun, karena mengandung gula yang tinggi. Mereka khawatir anak tidak dapat menyerap kelebihan gula dengan baik. Dan banyaknya gas dalam durian dapat menyebabkan penyakit jika bayi memakannya secara langsung.

Namun, konsumsi langsungnya berbeda dengan ibu menyusui. Seperti yang sudah dijelaskan pada poin 1, tidak berbahaya bagi anak-anak. Tidak ada potensi kelebihan gula atau efek gas yang tinggi.

Pada dasarnya semua makanan bergizi baik untuk ASI. Oleh karena itu, ibu sebaiknya mengonsumsi berbagai menu dengan gizi tinggi untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Durian relatif aman dan mengandung vitamin seperti buah lainnya.

Sebagian orang beranggapan bahwa durian baik untuk memperbanyak dan mengentalkan ASI. Tapi ini tidak terbukti. Jadi, meski durian diperbolehkan, jangan terlalu banyak memakannya. Terbaik untuk ibu dan bayi sekali dan dalam porsi yang wajar.

Hati Hati! 3 Buah Ini Ternyata Tidak Boleh Dikonsumsi Selama Hamil

Padahal, makanan dengan bau dan rasa yang kuat bisa memengaruhi ASI. Dengan demikian, ibu menyusui dapat mempengaruhi rasa dan bau ASI, terutama jika mengonsumsi durian dalam jumlah banyak. Sehingga, anak kecil meminum ASI dengan rasa yang sedikit berbeda dari biasanya.

Tapi, kan, bayi belum bisa makan durian? Jangan khawatir Bu, efeknya tidak sama dengan yang dijelaskan. Tetap aman bagi bayi untuk mengkonsumsi ASI dengan rasa dan bau yang dipengaruhi durian. ASI tetap cocok untuk bayi dan sangat bergizi. Secara umum, anak tidak khawatir dengan perubahan selera. Anggap saja sebagai variasi rasa kecil.

Dalam keadaan khusus, bayi mungkin mengalami reaksi alergi, seperti buang air besar, segera hentikan penggunaan durian. Pilih buah-buahan lain yang aman untuk balita Anda saat menyusui.

Ya bunda, ini dia penjelasan efek konsumsi durian pada bayi oleh ibu menyusui. Secara umum, tidak ada efek samping, kecuali dalam kasus yang ekstrim. Baik ibu maupun anak tidak memiliki reaksi alergi setelah minum durian. Namun, jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bergizi karena akan bermanfaat bagi kesehatan ibu dan bayinya. Selamat bersenang-senang, Bu! Bolehkah ibu menyusui makan durian? Tanggal Diterbitkan: 22 Februari 2019 Terakhir Diperbarui: 12 Oktober 2020 13 Juni 2019 Waktu belajar: 3 menit

Makan Cempedak Ketika Hamil, Adakah Ia Selamat?

Durian merupakan salah satu buah yang memiliki banyak penggemar, tidak hanya untuk ibu menyusui. Namun, timbul pertanyaan, bolehkah ibu menyusui makan durian? Bagaimana pengaruhnya terhadap kualitas ASI dan kesehatan bayi? Mari cari tahu lebih lanjut.

Durian adalah buah musiman lokal nusantara yang disukai karena rasa dan aromanya yang unik. Secara botani, ‘Raja Buah’ ini dikenal sebagai Durio zibethinus dari keluarga Malvaceae. Musim durian di Indonesia biasanya antara Oktober dan Desember serta Januari dan Februari.

Selain memiliki rasa yang enak dan unik, durian juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Misalnya, vitamin C berperan dalam sintesis asam lemak, produksi energi, pembentukan sel darah merah, dll, dalam melindungi tubuh dari radikal bebas dan vitamin B kompleks.

Buah durian juga kaya serat, asam amino esensial tingkat tinggi, dan sejumlah mineral penting, antara lain mangan, tembaga, besi, magnesium, dan potasium, yang merupakan elektrolit dengan fungsi penting dalam sistem saraf serta kontraksi otot.

Hati Hati, 7 Makanan Dan Minuman Ini Wajib Banget Kamu Hindari Selama Hamil!

Seperti buah lainnya, durian tidak mengandung kolesterol. Oleh karena itu, anggapan bahwa durian banyak mengandung kolesterol dan berbahaya bagi kesehatan sangatlah salah. Bahkan, mengandung lemak tak jenuh tunggal yang membantu menurunkan kadar trigliserida dan LDL/kolesterol jahat.

Sejauh menyangkut keamanan ibu menyusui, pada dasarnya tidak ada masalah. Buah durian aman dan halal untuk dikonsumsi ibu menyusui. Itu juga tidak berdampak negatif pada kualitas ASI dan kesehatan anak kecil. Kuncinya adalah mempertahankan jumlah yang moderat.

Memang, durian penuh dengan manfaat kesehatan. Sulit membayangkan daging durian yang ngiler dan lembut, terutama bagi para fanatiknya. Namun, batasi konsumsinya dan jangan berlebihan.

Karena durian tinggi kalori dan gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa. Dalam jumlah yang cukup berguna sebagai sumber energi, namun terlalu banyak disimpan sebagai lemak dan tentunya sangat buruk bagi kadar gula darah.

Ibu Menyusui Mau Makan Durian, Ini Saran Dokter

Selain itu, konsumsi durian yang berlebihan dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti perut kembung akibat penumpukan gas di perut. Ketidaknyamanan tersebut dikhawatirkan akan menurunkan mood ibu saat menyusui.

Jadi, bagi para ibu menyusui yang penggemar berat durian, nikmatilah tanpa rasa takut. Selain mengobati ngidam akan nikmatnya rasa durian di saat-saat seperti ini, ada sejumlah manfaat kesehatan lainnya. Yang utama konsumsilah dalam batas wajar, 2-3 biji durian dengan daging buah yang cukup tebal sudah cukup.

Pemberian ASI eksklusif dianjurkan karena memiliki manfaat jangka panjang bagi bayi, antara lain mengurangi risiko berbagai infeksi seperti diare dan pneumonia. Oleh karena itu, guna menjaga produksi ASI untuk kebutuhannya, ada beberapa tips, khususnya sebagai berikut:

Terakhir, kelola stres sebaik mungkin, karena stres dapat menghambat proses keluarnya ASI. Minta pasangan Anda atau anggota keluarga lainnya untuk membantu Anda melakukan pekerjaan rumah tangga.

Cempedak Untuk Ibu Hamil

Jalan-jalan di tempat yang menarik untuk bersantai dan menyegarkan pikiran. Jangan lupa untuk berbagi dan berbagi cerita dengan ibu menyusui lainnya untuk mempelajari lebih lanjut tentang ASI eksklusif.

Para editor berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan profesional medis dan menggunakan sumber terpercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Senyawa bioaktif, nilai gizi dan manfaat kesehatan durian asli (Durio Zibethinus Murr.): Sebuah ulasan. Pusat Informasi Bioteknologi Nasional. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6463093/)

Artikel ini hanya untuk informasi kesehatan dan bukan diagnosis medis. Sebaiknya konsultasikan langsung dengan dokter yang ahli di bidangnya.

Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil, Apa Saja?

Konten ini telah ditulis atau diulas oleh seorang profesional medis dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber yang dapat dipercaya.

Editor berusaha untuk memberikan konten yang jelas, komprehensif, dapat dipahami, relevan, dan dapat ditindaklanjuti. Anda dapat membaca proses editorial selengkapnya di sini.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang artikel kami, Anda dapat WhatsApp kami di 0821-2425-5233 atau email kami di [email protected]. Jadi, mungkinkah minum obat saat menyusui?

Bolehkan ibu menyusui makan nanas, bolehkan ibu menyusui makan mie instan, bolehkan ibu menyusui makan coklat, bolehkan ibu menyusui makan sate kambing, bolehkan ibu hamil menyusui, bolehkan ibu menyusui makan pedas, bolehkan ibu menyusui makan salad buah, bolehkan ibu menyusui berpuasa, bolehkan busui makan durian, bolehkan ibu menyusui makan buah nanas, apakah ibu menyusui boleh makan durian, bolehkan ibu hamil makan durian

Pos terkait