Budaya Gorontalo Jadi Inspirasi Indonesia Fashion Week 2023

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Ajang Indonesia Fashion Week (IFW) akan kembali digelar. Acara yang diinisiasi oleh Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) itu akan dilaksanakan pada 22-26 Februari 2023 mendatang di Jakarta Convention Center.

Bertajuk “Sagara dari Timur,” para desainer APPMI akan memperkenalkan uniknya sulam Karawo dan pariwisata dari Gorontalo ke mata dunia melalui fesyen.

Bacaan Lainnya

Ketua umum APPMI sekaligus Presiden IFW Poppy Dharsono mengungkapkan tema budaya Gorontalo yang diangkat ini merupakan komitmen nyata APPMI demi kemajuan dan pengembangan promosi khasanah Indonesia.

Poppy menambahkan, melalui Indonesia Fashion Week (IFW), APPMI berupaya untuk mempromosikan kekayaan khasanah budaya Indonesia yang menjadi salah satu penopang ekonomi nasional.

“Harapannya dari provinsi-provinsi lain dapat mengikuti langkah yang diambil Gorontalo, di mana pemerintah dan asosiasi bersinergi mengembangkan produk unggulan, seni budaya, dan pariwisatanya,” papar  Poppy Dharsono saat ditemui di Sarinah, Jumat (20/1/2023).

 

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa setiap desainer akan menampilkan koleksi terbaiknya dengan sentuhan budaya Gorontalo. Ajang ini juga diharapkan mampu memotivasi industri fesyen dan kerajinan lokal di Gorontalo untuk bisa menawarkan value added.

Sejalan dengan itu, rangkaian pembinaan untuk meningkatkan nilai jual dari sulam karawo pun sudah dilakukan APPMI, misalnya pembinaan kepada desainer-desainer lokal dan pengrajin sulam karawo yang ada di Gorontalo.

Pengembangan lain yang dilakukan diantaranya adalah untuk menambah fungsi produk sulam karawo dalam kategori produk rumah tangga. Selama ini sulam karawo hanya digunakan untuk produk fesyen, padahal sulam karawo juga bisa digunakan untuk produk rumah tangga.

Memasuki tahun pelaksanaan yang ke-10, APPMI dan IFW juga berkolaborasi dengan Sarinah sebagai Official Mall Partner. Indonesia Fashion Week 2023 IFW 2023 sendiri akan menargetkan 400 exhibitor dan 250 desainer yang akan ikut serta di gelaran tersebut.

[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)


Pos terkait