Contoh Sumber Daya Non Hayati

Contoh Sumber Daya Non Hayati – Contoh Sumber Daya Alam Non Hayati – Sumber daya alam atau disingkat SDA adalah segala sesuatu yang dibuat oleh alam dan dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Menurut jenisnya, sumber daya alam dibedakan menjadi dua, yaitu sumber daya alam hayati atau hayati dan sumber daya alam nonhayati atau nonhayati. Sumber daya alam hayati atau sumber daya alam hayati adalah segala sesuatu yang dihasilkan oleh makhluk hidup, seperti tumbuhan dan hewan. Sementara itu, sumber daya alam nonhayati atau sumber daya alam abiotik bertentangan dengan sumber daya alam hayati. Jika sumber daya alam hayati dihasilkan oleh makhluk hidup, maka sumber daya alam tak hidup tidak dibuat oleh makhluk hidup. Sumber daya alam hayati diekstraksi dari proses alami kehidupan, tanpa unsur pembaharuan atau pelestarian. Berikut jenis, contoh dan manfaat sumber daya nonhayati.

Berikut ini adalah buku hukum sumber daya alam di Indonesia yang mengatur bagaimana sumber daya alam digunakan dan digunakan di Indonesia.

Contoh Sumber Daya Non Hayati

Pengertian sumber daya alam hayati adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup (biotik). Sedangkan sumber daya alam tak hidup adalah sumber daya alam dari benda tak hidup (abiotik).

Bacaan Lainnya

Sumber Daya Alam: Jenis Dan Contohnya Yang Sering Jadi Materi Di Sekolah

Sumber daya alam nonhayati dapat berupa sumber daya fosil, sumber daya tanah, sumber daya air, sumber daya mineral, sumber daya matahari dan sumber daya angin.

Sumber daya fosil, juga dikenal sebagai bahan bakar fosil, adalah sumber daya alam yang mengandung hidrokarbon. Sumber daya alam ini terbuat dari fosil hewan, tumbuhan, mikroorganisme laut, dan organisme lain yang mati jutaan tahun lalu. Fosil-fosil ini menghasilkan sumber daya alam berupa batu bara, gas alam, dan minyak.

Pembahasan lebih mendalam tentang fosil dan bagaimana fosil terbentuk di bumi hingga menjadi sumber daya alam melalui buku Why? Fosil dengan berbagai gambar menarik yang membantu Grameds memahami informasi yang ada.

Batubara adalah sumber daya fosil terbesar di dunia, yang lebih besar dari minyak. Batubara digunakan untuk menghasilkan listrik yang merupakan sumber energi utama bagi kehidupan manusia. Proses transformasi batu bara dapat mencemari tanah, air dan udara karena dilakukan dengan membuka hutan untuk pertambangan. Batubara adalah bahan bakar paling kotor karena menghasilkan banyak partikel karbon hitam. Partikel tersebut dapat mengganggu pernapasan jika terhirup oleh manusia.

Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Esa Unggul Ppt Download

Minyak bumi adalah bahan baku untuk pembuatan bensin, solar, minyak tanah, aspal, lilin dan bahan bakar jet. Minyak bumi merupakan bahan bakar yang banyak digunakan oleh manusia. Jenis bensin dapat dibedakan menjadi dua, yaitu

Minyak bumi adalah minyak mentah yang mengandung senyawa hidrokarbon, oksigen, nitrogen dan belerang. Minyak ini dikeluarkan dari tanah selama proses pengeboran. Setelah pengeboran, minyak dipompa dan mengalir melalui pipa. Pada waktu bersamaan,

Minyaknya bercampur dengan air dan mengandung banyak belerang. Minyak ini ada di bebatuan atau pasir minyak. Proses pengambilan minyak dilakukan dengan menggali tanah dan pasir dengan alat berat. Minyak dijalankan dengan mencampur pasir batu dan minyak dengan air panas dan uap. Setelah itu, bitumen yang terkandung dalam batuan dan pasir minyak diubah menjadi minyak mentah dan kemudian diproses di kilang minyak. Minyak bumi dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan, bahan baku kompor minyak, dan bahan pembuatan jalan aspal.

Gas alam atau natural gas adalah gas yang tercipta dari etana, butana, metana, dan propana. Selain terbentuk secara perlahan di permukaan bumi, gas alam juga dapat tercipta melalui pengelolaan gas alam. Gas alam dilepaskan selama proses pengeboran untuk membuat sumur yang kemudian disalurkan melalui pipa untuk mengalirkan gas. Pipa yang digunakan untuk mengangkut gas itu panjangnya ratusan kilometer. Gas alam diubah menjadi LPG (

Contoh Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbarui, Pengertian, Dan Klasifikasi

Tanah merupakan salah satu komponen penyusun permukaan bumi. Tanah merupakan sumber daya alam nonhayati yang banyak dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Beberapa manfaat tanah yaitu sebagai sumber keanekaragaman hayati, sebagai penunjang produksi pertanian dan perkebunan, sebagai tempat aktivitas makhluk hidup, sebagai bahan konstruksi, serta sebagai resapan air dan pemasok air bersih.

Tanah diproduksi oleh pelapukan batuan dengan bantuan berbagai organisme. Tanah mengandung bahan organik, gas, mineral, udara, air dan berbagai macam organisme. Kualitas atau tingkat kesuburan tanah sangat berpengaruh terhadap perkembangan tanaman. Jenis tanah dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu tanah lempung

Tanah liat adalah tanah yang terbuat dari campuran tanah liat, tanah berpasir dan lanau. Jenis tanah ini cocok untuk ditanami tanah. Tanah yang mengandung partikel halus, teksturnya lengket dan tidak banyak mengandung bahan organik. Namun dibandingkan dengan jenis tanah lainnya, tanah ini memiliki nutrisi yang lebih banyak karena dapat mempertahankan kelembapan dengan baik.

Tanah lunak memiliki partikel berukuran sedang. Partikel-partikel ini jauh lebih kecil dari tanah pasir, tetapi lebih besar dari tanah liat. Lumpur juga bagus untuk menahan air. Jenis tanah ini biasa digunakan untuk lahan pertanian, untuk meningkatkan kesuburan tanah.

Pengertian Sumber Daya Alam Serta Contoh Dan Manfaatnya

Tanah berpasir terdiri dari potongan-potongan kecil batuan lapuk. Tingkat nutrisi atau unsur hara pada tanah ini sangat rendah sehingga tidak cocok untuk pertumbuhan tanaman. Jenis tanah ini juga memiliki kemampuan menahan air yang buruk sehingga akar tanaman sulit menyerap air yang dapat mengakibatkan kematian tanaman. Namun tanah berpasir ini juga memiliki kelebihan yaitu baik untuk sistem drainase.

Air merupakan kebutuhan utama yang mendukung kelangsungan hidup semua makhluk hidup. Kebutuhan akan air terus meningkat seiring dengan perkembangan kehidupan manusia.

Air digunakan dalam hampir semua kegiatan manusia, seperti kegiatan rumah tangga, kegiatan industri dan kegiatan pertanian. Dalam kegiatan rumah tangga, air digunakan untuk memasak, mencuci, dan mandi. Mengingat pentingnya sumber daya alam ini, maka pengelolaannya menjadi perhatian utama, seperti yang dibahas dalam buku Reformasi Pengelolaan Sumber Daya Air.

Dalam kegiatan industri, air dapat digunakan sebagai bahan dasar maupun bahan penolong dalam produksi suatu produk. Dalam kegiatan pertanian, air digunakan untuk mengairi atau mengairi sawah. Selain itu, air juga digunakan untuk menghasilkan listrik sebagai pengganti minyak.

Contoh Sumber Daya Alam Anorganik Di Lingkungan Sekitar Kita

Energi yang berasal dari air juga cenderung tidak menimbulkan polusi sehingga dapat mengurangi pencemaran lingkungan. Selain jumlah air yang berlebihan, hujan juga bisa menimbulkan masalah. Terlalu banyak atau terlalu banyak hujan dapat menyebabkan banjir dan terlalu sedikit atau terlalu banyak hujan dapat menyebabkan kekeringan. Untuk menghindarinya, berbagai upaya harus dilakukan untuk menjaga keseimbangan air. Beberapa upaya yang dapat dilakukan yaitu penghijauan, penghijauan kawasan perkotaan, dan realisasi pembuatan sumur resapan.

Sumber daya mineral adalah sumber daya yang berasal dari proses penambangan. Sumber daya mineral memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, seperti bahan baku perhiasan, bahan baku pembuatan peralatan rumah tangga, dan bahan baku pembuatan perkakas. Sumber daya mineral memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Namun, karena jumlahnya terbatas, penggunaan sumber daya mineral harus dilakukan secara efisien.

Logam ringan dan logam langka terdiri dari aluminium, uranium, indium, berilium, magnesium, kadmium, bauksit, galium, tantalum-nibium, yttrium, zirkonium, torium, litium, dan logam tanah jarang.

Bahan bangunan termasuk marmer, andesit, abu, tras, dasit, granit, basal, diabas, diorit, granodiorit, peridotit, syrte dan gabro peridotit.

Eksplorasi Sumberdaya Non Hayati Laut

Mineral industri termasuk batuan kalium, zirkon, batu kapur, belerang, bentonit, kuarsit, tanah diatom, dolomit, batu apung, fosfat, gipsum, kalsit, gipsum, kalsit, oker, pasir kuarsa, serpentin, bedak, travertin, barit, ultrabasa, yodium, zeolit. , dan kuarsa.

Produk batu berharga dan dekoratif terdiri dari batu kecubung, berlian, opal, jasper, permata, karang, kalsedon, onyx, topaz, rijang, garnet, dan prehnite.

Matahari merupakan pusat tata surya yang merupakan sumber energi utama bagi kehidupan di bumi. Matahari menghasilkan dua jenis energi, yaitu energi cahaya dan energi panas. Kedua energi tersebut dapat digunakan untuk mendukung keberadaan makhluk hidup. Untuk tanaman, sumber daya matahari berguna dalam fotosintesis. Bagi manusia, sumber daya matahari dapat digunakan untuk menghasilkan listrik. Energi listrik yang dihasilkan oleh sumber energi matahari memiliki dampak negatif yang paling kecil dibandingkan dengan penggunaan sumber energi lainnya. Menggunakan listrik tenaga surya tidak menghasilkan gas rumah kaca dan dapat mencegah pencemaran lingkungan.

Angin adalah sumber daya yang menggerakkan udara. Kerja angin sebagai mesin udara memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Angin saat ini banyak digunakan sebagai sumber energi listrik. Angin dapat menghasilkan sumber energi listrik dengan turbin yang biasanya diletakkan di dataran tinggi dengan ketinggian lebih dari 30 meter. Sumber listrik yang berasal dari angin lebih ramah lingkungan karena umumnya lebih bersih dari residu yang berasal dari bahan bakar lainnya. Selain itu, angin juga memiliki banyak manfaat lain, antara lain menggerakkan awan, membuat suhu udara menjadi lebih sejuk, membantu penyerbukan tanaman, membantu menggerakkan perahu nelayan, menggerakkan mesin penggilingan biji-bijian, menggerakkan pompa irigasi dan lain-lain.

Pengertian Sumber Daya Alam Hayati Dan Non Hayati Serta Contohnya

EPerpus merupakan layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami di sini untuk mempermudah pengelolaan perpustakaan digital Anda. Pelanggan B2B Perpustakaan digital kami mencakup sekolah, universitas, perusahaan, tempat ibadah pengguna tutup menu Selamat Datang di Scribd!Muat bahasa​​() Manfaat Scribd Baca FAQ Gratis dan dukungan Masuk

Lewati korsel Korsel Sebelumnya Korsel Sukses Apa itu Scribd? eBuku Buku Audio Majalah Podcast Peringkat Dokumenter (dipilih) Jepretan Jelajahi eBuku Kategori Penjual Terlaris Pilihan Editor Semua eBuku Fiksi Kontemporer Sastra Keagamaan & Spiritual Pengembangan Diri Rumah & Taman Pemandangan Fiksi Misteri, Olahraga & Konten Kriminal Kejahatan Sejati Fiksi Ilmiah & Fantasi Dewasa Muda Okultisme Distopia Paranormal, , Ilmu Pengetahuan Sejarah Fiksi Gaib & Supranatural & Alat Bantu Kajian Sejarah Matematika

Contoh sumber daya alam non hayati, contoh sumber daya alam hayati, contoh sumber daya alam hayati dan manfaatnya, contoh sumber daya alam hayati adalah, sumber daya alam non hayati, gambar sumber daya alam hayati dan non hayati, contoh sumber daya alam non hayati yaitu, sumber daya hayati laut, contoh sumber daya hayati, contoh sumber daya alam hayati dan non hayati, sumber daya alam hayati dan non hayati, sumber daya non hayati

Pos terkait