Cuma Butuh Satu Jam, 3 Kebiasaan Ini Bikin Anda Makin Pintar

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Tidak semua orang terlahir jenius, tapi siapapun bisa menjadi lebih pintar. Pada dasarnya kecerdasan sangatlah sulit diukur, tetapi penelitian telah menghubungkan kebiasaan ini dengan tingkat pembelajaran hingga pemecahan masalah.

Faktanya, semakin banyak penelitian yang menunjukkan bahwa meskipun sebagian besar kesuksesan merupakan hasil kombinasi dari latihan, kebiasaan, dan pola pikir.

Bacaan Lainnya

Hanya membutuhkan waktu satu jam, berikut adalah 4 kebiasaan yang biasa dilakukan oleh seorang jenius baik secara bakat atau kerja keras, yang membuat mereka menjadi sukses, seperti dikutip dari Insider:

1. Merenung selama 10 menit sehari

Seberapa sering Anda bertanya pada diri sendiri mengapa Anda melakukan sesuatu?

Sebenarnya, ini bukan hanya soal pekerjaan kantor. Menjawab pertanyaan tersebut pun juga tidak sesederhana “karena harus membayar tagihan” atau “ini adalah keinginan saya.” Alasan tersebut mungkin adalah alasan yang baik, tapi apa gunanya?

Apa yang tidak Anda sukai? Seperti apa kehidupan ideal yang ingin Anda jalani?

Pertanyaan-pertanyaan di atas akan memaksa Anda untuk melangkah lebih jauh daripada yang pernah dilakukan kebanyakan orang. Memikirkan hal-hal tersebut juga memberikan kegembiraan yang menguntungkan.

Kebiasaan merenung ternyata mengajari Anda untuk berpikir dengan jernih. Anda juga dapat belajar banyak dari ide-ide yang Anda masukkan ke dalam pikiran, kemudian Anda bisa belajar lebih banyak lagi dengan memahami hal-hal yang sudah berkeliaran di kepala Anda.

Oleh karena itu, tanyakan pada diri sendiri satu pertanyaan keras setiap hari dan luangkan waktu untuk merenungkannya.

2. Membaca selama 20 menit sehari

Meluangkan waktu untuk membaca adalah cara yang bagus untuk terus mengikuti kemajuan dunia.

Membaca juga akan membuat Anda mengetahui sudut pandang orang lain melalui sebuah tulisan dan di situlah otak melakukan pekerjaan untuk mengasah dirinya sendiri. Pola berpikir orang jenius juga dilatih dari membaca sudut pandang orang lain.

Jika Anda membaca selama 20 menit, atau sekitar 15 halaman buku setiap hari, maka pada akhir tahun, Anda akan menyelesaikan antara 15-20 buku.

Menurut pengalaman, tidaklah berlebihan jika mengatakan bahwa satu buku dapat benar-benar mengubah hidup Anda. Dengan hanya komitmen 20 menit, Anda memberi diri Anda 20 peluang setiap tahun untuk melakukannya. 

3. Fokus selama 30 menit sehari

Saat Anda memfokuskan pikiran dan tubuh untuk sesuatu, Anda memberi kesempatan pada diri untuk memperbaiki pikiran Anda. 

Dalam keadaan fokus yang tinggi, Anda sedang menyempurnakan kemampuan untuk menginternalisasi informasi yang bisa mengasah kemampuan intelektual Anda. 

Baik itu hobi atau pekerjaan, Anda perlu fokus mendedikasikan diri bahkan meski hanya setengah jam sehari. Berlatih fokus tidak hanya akan membuat Anda lebih puas, tetapi juga akan meningkatkan kemampuan kognitif Anda.

Mulailah sekarang

Sekilas, sepertinya kebanyakan orang sudah melakukan hal-hal ini. Di satu sisi hal itu benar, dan itulah yang membuat tips ini cukup mudah dilakukan.

Meski setiap orang sudah menghabiskan 10 menit untuk merenung, mereka tidak melakukannya secara mendalam. Dan meski semua orang membaca selama 20 menit, mereka tidak membaca hal-hal yang layak dikonsumsi; dan seterusnya. 

Pada dasarnya, kebanyakan orang yang pintar hanya melakukan hal-hal kecil yang mudah diabaikan oleh kebanyakan orang. 

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


6 Rutinitas yang Dilakukan Orang Sukses untuk Mengisi Weekend

(hsy/hsy)


Pos terkait