Daftar Penyakit yang Bisa Muncul karena Kolesterol Tinggi

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Kolesterol tinggi sering menjadi momok kesehatan bagi banyak orang. Kolesterol sendiri adalah zat lilin seperti lemak yang secara alamiah ditemukan di semua sel di tubuh.

Meski demikian, jika memiliki terlalu banyak kadar kolesterol dalam darah, Anda berisiko tinggi mengalami sejumlah penyakit serius yang bisa berakibat fatal. Lalu, penyakit apa sajakah yang bisa disebabkan oleh kolesterol tinggi?

Bacaan Lainnya

Risiko utama dari kolesterol tinggi adalah penyakit jantung koroner, yang dapat menyebabkan kematian akibat serangan jantung.

Jika kadar kolesterol Anda terlalu tinggi, kolesterol dapat menumpuk di dinding arteri Anda. Seiring waktu, penumpukan yang disebut plak ini menyebabkan pengerasan pembuluh darah atau aterosklerosis. Arteri yang memberi makan jantung dapat menyempit di area tertentu dan memperlambat aliran darah ke bagian otot jantung. 

Atau, plak kolesterol juga bisa pecah dan mengapung ke pembuluh darah sehingga menyebabkan penyumbatan. Berkurangnya aliran darah dapat menyebabkan nyeri dada yang disebut angina, atau serangan jantung jika pembuluh darah tersumbat sepenuhnya.

Berikut adalah sejumlah penyakit yang berkaitan dengan kolesterol tinggi:

  1. Penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis)
  2. Serangan jantung
  3. Stroke
  4. Serangan iskemik transien (TIA) – sering disebut sebagai “stroke mini”
  5. Penyakit arteri perifer (PAD). Penyakit ini juga meningkatkan risiko pembekuan darah di tubuh 
  6. Jantung koroner

Kadar kolesterol juga dapat diperparah oleh beberapa jenis obat yang mungkin Anda konsumsi untuk masalah kesehatan lainnya, seperti:

  1. Jerawat
  2. Kanker
  3. Tekanan darah tinggi
  4. HIV/AIDS
  5. Irama jantung tidak teratur
  6. Transplantasi organ

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Catat! 4 Pola Hidup Ini Manjur Cegah Penyakit Jantung

(hsy/hsy)


Pos terkait