Ibu Hamil Boleh Puasa Tidak

Ibu Hamil Boleh Puasa Tidak – Puasa ibu hamil dan menyusui aman bagi penderita dan anaknya, namun harus dengan syarat yang disetujui oleh dokter.

Wanita hamil dan menyusui termasuk di antara banyak yang tidak perlu berpuasa selama Ramadhan. Puasa harus diganti pada bulan lain dan/atau diganti dengan membayar fidyah. Itu dari sudut pandang fikih. Dari segi kesehatan, apakah puasa aman bagi ibu dan bayi saat ibu hamil atau menyusui?

Ibu Hamil Boleh Puasa Tidak

Taufik Jamaan, SpOG sebagai ahli kebidanan dan kandungan menilai puasa aman bagi ibu hamil atau menyusui selama berat badan sesuai dan stabil serta tidak ada gangguan fisik. Jangan khawatir, kata Taufik, karena selama hamil tubuh ibu banyak berolahraga untuk menyesuaikan dengan kondisi.

Bacaan Lainnya

Golongan Ibu Hamil Yang Dinasihatkan Tidak Perlu Berpuasa

Adaptasi ini meliputi metabolisme lemak, “lapar cepat”, metabolisme karbohidrat, metabolisme protein, metabolisme air, dan penambahan berat badan. “Berbagai fungsi tubuh ibu hamil juga mengalami perubahan selama masa kehamilan, baik jantung dan sistem darah, pencernaan, pernapasan, dan organ lainnya,” imbuhnya seperti disinggung.

Taufik kemudian menunjuk beberapa penelitian yang menyebutkan puasa aman untuk ibu hamil. “Dari berbagai penelitian yang ada jelas bahwa puasa ramadhan tidak berbahaya bagi ibu hamil. Namun perlu diperhatikan kondisi kehamilan itu sendiri,” kata Taufik.

Salah satunya adalah penelitian Alwasel dari Universitas King Saud, Arab Saudi pada tahun 2010, tentang perubahan plasenta pada ibu hamil. Studi menunjukkan penurunan berat plasenta ibu hamil yang berpuasa pada trimester kedua dan ketiga kehamilan. Namun, hal ini tidak mempengaruhi berat lahir anak dan kondisi kesehatan anak secara umum. Berbeda dengan perubahan plasenta ibu yang menderita penyakit kronis.

Studi lain yang dilakukan di Yaman, kata Taufik, juga menunjukkan bahwa sekitar 90,3 persen dari 2.561 pasien hamil yang berpuasa Ramadhan tidak menunjukkan adanya hubungan penurunan berat badan ibu dan anak akibat puasa.

Cara Puasa Ramadhan Bagi Perempuan Hamil Dan Ibu Menyusui

Merujuk pada situs National Center for Scientific Information (NCBI) tahun 2004, mahasiswa Joosoph J. dan dua rekannya melakukan penelitian tentang puasa pada ibu hamil. Mereka mengumpulkan data kuesioner dari 202 responden Muslim Singapura (125 melalui email dan 57 melalui telepon).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuh puluh persen responden tidak segan-segan untuk tetap berpuasa selama bulan Ramadan meski sedang mengandung anaknya. Namun, keputusan tersebut juga melibatkan dukungan dari keluarga dan pasangan Anda. Kebanyakan dari mereka tidak mengalami masalah. Mereka mengambil sikap yang sangat baik terhadap puasa agar mudah atau tidak menjadikannya beban yang berat.

Dalam kesempatan lain, Taufik Jamaan juga mengatakan puasa justru menenangkan ibu hamil karena tekanan darahnya lebih stabil. Bayi di dalam, lanjut Taufik, masih tenang, tidak banyak mengalami kontraksi, gerakannya ringan, dan ibu akan mengalami proses persalinan yang mudah.

Meski diperbolehkan, beberapa pakar kesehatan menegaskan bahwa kuncinya adalah kembali ke ibu hamil itu sendiri. Jika Anda menyukainya, silakan. Sedangkan jika tidak, sebaiknya jangan dipaksakan. Selain harus berkonsultasi dengan pasangan dan keluarga, ibu hamil juga harus memeriksakan diri ke dokter. Hal ini karena ada kalanya seorang wanita yang sangat sehat memiliki penyakit yang dapat membahayakan dirinya jika dia berpuasa saat hamil.

Persiapan Puasa Untuk Ibu Hamil Agar Tubuh Sehat Dan Ibadah Lancar

Dokter kandungan Riyan Hari Kurniawan, SpOG memberikan panduan jika usia kehamilan baru memasuki trimester pertama (tiga bulan), ibu hamil diperbolehkan berpuasa selama tidak mengalami masalah seperti mual, muntah, lemas dan pusing. “Pastikan Anda tidak mengalami masalah, baik untuk kesehatan maupun kehamilan Anda,” imbuhnya.

Selain itu, jika usia kehamilan berada di trimester kedua, pastikan berat badan ibu hamil harus dalam pertumbuhan yang baik, yaitu 0,5 kg per minggu. Jangan lupakan yang paling mendasar: ibu tidak mengalami emosi. Selama trimester terakhir atau ketiga, ibu hamil tidak selalu cepat memberikan nutrisi yang paling banyak untuk janinnya.

“Saat memasuki trimester ketiga, janin terus melengkapi perkembangan organnya, ibu hamil harus memastikan bahwa mereka (makanan) dari segi jumlah dan kelengkapannya,” ujar Riyan.

Alasan ibu hamil harus memeriksakan kesehatannya dengan cermat adalah untuk memastikan mereka tidak menderita diabetes. Dr Efendi Rimba dari RS Graha Citra Husada menegaskan, ibu hamil dengan diabetes tipe 1 disarankan untuk tidak berpuasa karena risikonya sangat tinggi.

Pembayaran Fidyah Product

Efendi mengatakan, penderita diabetes tipe 1 tidak dapat mengolah gula di dalam tubuhnya, dan harus memproduksi gula untuk janin selama dalam kandungan. “Selain memasak untuk diri sendiri, juga harus membawa gula untuk anak, jadi ibu yang minum gula karena kehamilannya tidak bisa memproduksi gula,” tambah Efendi kepada Antara.

Bagi ibu hamil penderita diabetes tipe 2 yang serius berpuasa, boleh saja asalkan tetap memperhatikan kadar gula darahnya. Efendi mengimbau ibu hamil penderita diabetes yang rutin berpuasa untuk memeriksakan gula darah minimal dua minggu sekali. Wanita hamil dengan diabetes sering menggunakan suntikan insulin, bukan oral, sehingga tidak menyentuh plasenta.

“Perlu tahu diri tinggi atau rendah gula, tahu sendiri kalau jatuh bisa goyang, tangan gemetar, jantung gemetar, keringat sampai dingin karena rendah gula,” ujarnya.

Apa yang sebaiknya ibu hamil makan dan minum saat berpuasa? Riyan Hari Kurniawan mengatakan ibu hamil membutuhkan 2.500 kkal yang terdiri dari 50 persen karbohidrat, 30 persen protein, dan 20 persen lemak. Karbohidrat bisa berasal dari beras, jagung, umbi-umbian. Protein terutama dari hewani dapat diperoleh dari ikan, telur, daging, sayuran seperti tempe dan tahu. Sisanya, 20 persen lemak, bisa didapatkan dari buah-buahan.

Hamil 7 Bulan Puasa

Riyan meminta ibu hamil untuk tidak mengabaikan asupan vitaminnya, yang berarti cukup makan buah. Juga kekuatan folat yang bisa didapat dari sayuran hijau dan buah-buahan, kalsium yang bisa didapat dari ikan dan produk susu, serta zat besi yang bisa didapat dalam jumlah banyak dari makan daging hewan darat dan sayuran.

Jika ingin aman, ibu hamil disarankan oleh Riyan untuk mengonsumsi segelas susu di pagi hari. Penting juga agar tubuh tidak cepat kering saat berpuasa, cukupkan air dengan minum air sebanyak dua liter saat berbuka puasa dan di pagi hari. Riyan menganjurkan minum minuman panas dan tidak terlalu manis, serta mengonsumsi karbohidrat sederhana seperti yang terdapat pada kolak atau kurma.

Asupan yang sama bisa digunakan untuk ibu yang sedang dalam proses menyusui. Baby Center UK telah memastikan bahwa menyusui saat puasa tidak berbahaya bagi ibu maupun bayi. Perhatikan saja asupan air Anda agar tidak mengalami dehidrasi. Tanda-tanda dehidrasi antara lain merasa sangat haus, urin berwarna gelap, pusing dan sakit kepala, mulut dan bibir terasa lemas dan kering.

Perusahaan Inggris tersebut kemudian menyarankan untuk mengisi dapur dan lemari es dengan makanan segar dan siap saji sehingga ibu menyusui dapat menjangkaunya setiap malam. Penting juga untuk menjaga suhu tubuh yang baik (tidak terlalu dingin atau terlalu panas). Pastikan selalu makan sahura dengan asupan gizi yang sedang, dan bila perlu bantu dengan penambahan 10 mcg vitamin D per hari untuk kualitas ASI bagi ibu menyusui.

Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan

Jokowi Jalan Sehat NU Abad 1 Bersama Puan, Ganjar & Menteri Minggu, 22 Jan 2023 09:12 WIB, Jakarta Persiapan puasa ibu hamil harus hati-hati. Tidak hanya mempengaruhi pelaksanaan ibadah yang baik di bulan Ramadhan, persiapan puasa ibu hamil juga dapat mempengaruhi kondisi rahim. Oleh karena itu, sebaiknya ibu hamil mempertimbangkan kembali apakah akan berpuasa atau tidak sesuai anjuran dokter.

Memang, dari segi medis, puasa saat hamil diperbolehkan, asalkan kebutuhan makan dan minum bisa terpenuhi selama masa tidak puasa. Jika ibu hamil yakin bisa makan banyak di pagi hari, berbuka puasa dan sebelum tidur, maka puasa boleh dilakukan.

BACA JUGA: Arda Naff Nyaris Jatuh di Jalan Akhirnya Berhasil, Kotak Tantri: Kalau Sayang Aku Dan Anak-Anak Hidup Sehat

BACA LEBIH BANYAK: Kesedihan Kim Go Eun atas kematian Na Chul: Maaf aku tidak bisa bersamanya sampai akhir

Orang Yang Diperbolehkan Tidak Berpuasa Ramadhan

Secara umum kelebihan dan kekurangan puasa saat hamil harus diperhatikan karena keadaan ibu hamil dan anaknya berbeda-beda antara satu orang dengan orang lainnya. Persiapan puasa ibu hamil sangat penting untuk diperhatikan karena dapat mempengaruhi kehamilan.

Selain itu, ada beberapa kondisi yang tidak memungkinkan puasa saat hamil, yaitu kehamilan yang berbahaya. Kehamilan dianggap berisiko tinggi jika usia kehamilan terlalu muda atau terlalu tua, kehamilan kembar, kehamilan dengan kondisi selama kehamilan (seperti hipertensi, gula darah, anemia), keterlambatan pertumbuhan janin, atau kehamilan pada ibu dengan status gizi buruk. Dalam situasi ini, ibu tidak boleh berpuasa.

* Fakta atau kebohongan? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silahkan WhatsApp Truth Check nomor 0811 9787 670 dengan hanya mengetik kata kunci yang diinginkan.

Puasa merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan setiap tahun oleh umat Islam. Namun ada beberapa pengecualian terhadap kewajiban puasa, misalnya bagi orang sakit, dalam perjalanan, ibu hamil dan ibu menyusui. Namun, karena ingin berpuasa atau menghindari jika harus mengganti puasanya di hari lain, beberapa ibu hamil memutuskan untuk tetap berpuasa.

Empat Golongan Ini Boleh Tidak Puasa Ramadan

Persiapan puasa ibu hamil yang pertama adalah berkonsultasi dengan dokter mengenai program puasa ini. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui kesiapan tubuh ibu hamil menjalani puasa.

Dokter akan memperhatikan kondisi kesehatan ibu dan janin. Ketika janin dan ibu sehat, memungkinkan Anda untuk berpuasa dengan benar.

Persiapan puasa ibu hamil harus memperhatikan asupan gizi. Diet merupakan aspek penting selama kehamilan. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan sendiri, ibu hamil juga harus memperhatikan kebutuhan gizi janinnya. Sebab, kebutuhan gizi ibu hamil bisa mencapai satu setengah kali lipat

Ibu hamil boleh puasa ramadhan tidak, ibu hamil muda puasa boleh tidak, apakah ibu hamil boleh puasa, ibu hamil boleh puasa, ibu hamil boleh tidak puasa, ibu menyusui boleh puasa tidak, ibu hamil muda boleh puasa atau tidak, ibu hamil apa boleh puasa, ibu hamil boleh puasa ga, ibu hamil boleh puasa atau tidak, ibu hamil yang tidak boleh puasa, ibu hamil tidak boleh puasa jika

Pos terkait