Ilmuwan Temukan Rumah Alien di Jupiter, Simak!

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Para ilmuwan menemukan tempat yang kemungkinan bisa jadi rumah bagi alien. Kehidupan itu terletak di salah satu bulan Jupiter bernama Io.

Namun sebelum berpikir jauh, alien yang dimaksud bukanlah seperti yang dibayangkan atau digambarkan dalam film-film. Namun ini berbentuk ekosistem mikroba.

Bacaan Lainnya

Io yang mengorbit dengan Jupiter, merupakan bulan vulkanik. Di dalamnya terdapat suhu ekstrem dan permukaan yang tertutup lava.

Namun dengan fakta ini, para ilmuwan meyakini adanya kehidupan yang terletak jauh di bawah permukaan bulan.

Mikroba kemungkinan bisa hidup di tabung lava. Pertumbuhan mikroba serupa ternyata juga terjadi di Bumi, dikutip dari BGR, Kamis (19/1/2023).

Sementara itu, Big Think melaporkan soal simulasi Io yang menunjukkan adanya pemanasan pasang surut menjaga cairan magma di bawah permukaan planet. Ternyata beberapa letusan dahsyat membawa magma sejauh ratusan kilometer ke antariksa.

Tabung-tabung magma ini disebut bisa menjadi tempat persembunyian kehidupan alien di Io. Namun ada catatan lain, terdapat masalah yakni kelangkaan air.

BGR menuliskan masalah ini mungkin bisa terselesaikan dengan belerang yang dihasilkan dari Io. Menurut laman tersebut, belerang bisa jadi alternatif air dan memungkinkan keberadaan ekosistem mikroba.

Sebagai informasi, Io berukuran hampir sama dengan Bulan yang mengorbit pada Bumi. Di dalamnya terdapat danau lava aktif, aliran lava, hingga pegunungan.

[Gambas:Video CNBC]

(tib)


Pos terkait