Ini Tanda HP Dilacak Istri, Awas Disadap Aplikasi Penguntit

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Salah satu fitur kunci di HP adalah teknologi yang bisa melacak posisi penggunanya. Meski banyak manfaatnya, teknologi ini juga banyak disalahgunakan untuk memata-matai seseorang mulai dari urusan profesional hingga pribadi.

Aplikasi pemantau HP ada berbagai macam. Paling sederhana, adalah aplikasi yang mengirim posisi dan pergerakan HP. Aplikasi ini biasanya ditanam di HP sasaran dan HP pemantau.

Bacaan Lainnya

Namun, ada juga aplikasi pemantau HP yang tidak hanya memantau lokasi. Aplikasi ini bisa menguntit hingga layar HP dan aktivitas pengguna di HP tersebut.

Penggunaan aplikasi mata-mata ini ternyata cukup populer. VPNOverview mencatat terdapat peningkatan 60% selama beberapa tahun terakhir.

Tujuan penggunannya beragam, terbanyak digunakan pada pengguna yang memantau pasangan atau mantan pasangannya. Namun, juga banyak digunakan oleh orang tua untuk mengawasi anak-anaknya.

Untuk memasukkan aplikasi ini ke HP seseorang sangat mudah, asal memiliki akses fisik pada perangkat. Keberadaannya juga tersembunyi dan tidak perlu meminta izin pemilik HP.

Tanda aplikasi penguntit

Berikut 10 tanda terdapat aplikasi penguntit di ponsel kita, menurut laporan VPNOverview, dikutip dari Newsweek, Selasa (20/12/2022):

1. Reboot acak
2. Performa lambat
3. Pesan teks aneh
4. Suhu HP terlalu panas
5. Penggunaan data yang terlalu tinggi
6. Aplikasi asing dalam daftar aplikasi
7. Baterai cepat habis
8. Butuh waktu lama untuk shut down
9. Suara aneh saat menelepon
10. Tanda aktivitas dalam mode siaga

Aplikasi pemantau HP

Kamu juga bisa memantau kegiatan pasangan atau keluarga lewat sejumlah aplikasi pemantau. Aplikasi ini bisa mengetahui seperti riwayat telepon hingga lokasi terkini mereka yang dipantau.

Namun perlu diingat aplikasi-aplikasi itu perlu izin akses dari HP yang dipantau. Jadi pastikan telah meminta izin pada mereka yang mau kamu pantau sebelumnya.

Ini 8 aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk pantau kegiatan orang lain, dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (20/1/2023):

1. Family Go

Family Go adalah aplikasi pelacakan GPS khusus untuk keluarga yang punya anak. Anda bisa mengakses lokasi semua anggota keluara via aplikasi ini secara real-time.

Beberapa fitur lainnya termasuk menandai lokasi favorit, memeriksa baterai ponsel, obrolan privasi terintegrasi, perencana terintegrasi, dan banyak lagi.

2. The Truth Spy

Aplikasi lainnya adalah The Truth Spy. Ini bisa digunakan pula untuk memantau ponsel milik anak-anak. Dari HP yang dipantau, pengguna dapat membuka aplikasi Facebook hingga Snapchat.

3. Line Here

Line Here merupakan fitur yang berasal dari Line. Fitur ini bisa mengetahui lokasi orang lain. Sebelum melakukan berbagi lokasi, yang perlu dilakukan adalah meminta izin memantau lokasi dari mereka yang akan dipantau.

4. Mobile Tracker

Kamu juga bisa mengetahui lokasi secara realtime dan akurat dengan menggunakan aplikasi ini. Mobile Tracker juga perlu izin akses dari perangkat yang dipantau.

5. Google Maps

Google Maps adalah pilihan yang bisa diandalkan untuk menemukan HP yang hilang, tetapi memang memerlukan beberapa pengaturan sebelumnya. Anda dapat membagikan lokasi dengan teman tepercaya, orang tersayang, dan anggota keluarga langsung melalui Google Maps tanpa pihak ketiga.

Dari sana, cukup gunakan fitur Family Locator di dalam aplikasi untuk menemukan HP yang hilang atau dicuri.

6. Life 360

Aplikasi ini bisa digunakan secara kolektif dengan keluarga dan teman. Fungsi dan antarmukanya lumayan mirip dengan FamilyGo. Alhasil, ketika HP hilang, keberadaannya bisa dilacak dari HP teman atau keluarga.

7. AirDroid

AirDrop dapat mengetahui riwayat telepon dan pesan. Selain itu juga bisa melihat chat pada aplikasi seperti WhatsApp dan Line. Pengguna AirDrop juga bisa mengakses kamera jarak jauh, namun dengan akses dari pemilik HP yang dipantau.

8. Family Locator

Lokasi anggota keluarga kamu juga bisa dilihat melalui aplikasi Family Locator. Aplikasi juga bisa terhubung melalui pesan instan.

[Gambas:Video CNBC]

(dem/dem)


Pos terkait