Kemenkes Gelontorkan Rp3,5 Triliun untuk 4 Penyakit Prioritas

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menggelontorkan dana sebesar Rp3,5 triliun untuk empat penyakit katastropik, yaitu jantung, stroke, ginjal, dan kanker. Penyakit katastropik adalah penyakit yang membutuhkan perawatan medis lama dan berbiaya tinggi.

Mengutip laman resmi Kemenkes, dana bantuan pemerintah sebesar Rp3,55 triliun untuk membeli alat kesehatan yang digunakan untuk mengobati penyakit prioritas di 150 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan 25 Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP). 

Bacaan Lainnya

“Di akhir tahun ada dana sebesar Rp3,55 triliun, kita gunakan untuk memenuhi alkes (red: alat kesehatan) di RS daerah,” sebut Juru bicara Kemenkes dr. Mohammad Syahril, dikutip Rabu (18/11/2023). 

Lebih lanjut, Syahril mengatakan bahwa Kemenkes menargetkan layanan empat penyakit katastropik dapat dilakukan di seluruh rumah sakit kabupaten/kota di Indonesia. Untuk mendukung upaya ini, secara bertahap dilakukan pemenuhan alat kesehatan di seluruh rumah sakit.

Kemenkes menargetkan sebanyak 50% kabupaten/kota memiliki alat kesehatan lengkap untuk 4 penyakit yang mematikan tersebut.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyoroti jumlah kasus penyakit jantung di Indonesia. Menurut Menkes, kondisi fasilitas pelayanan kesehatan bagi pasien penyakit jantung masih kurang dan belum memadai. Karena itu, banyak pasien dengan penyakit jantung yang terlambat diselamatkan. 

Menkes menuturkan layanan jantung yang ada saat ini masih sangat terbatas dan jumlahnya belum merata. Berdasarkan data, kata dia, 1 dari 1.000 penduduk Indonesia punya potensi serangan jantung, sedangkan yang bisa dilayani hanya sekitar 25 persen atau sekitar 25 ribu orang, sehingga yang lainnya berpotensi meninggal.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Awas! Keseringan Duduk Tingkatkan Risiko Kena Sakit Jantung

(hsy/hsy)


Pos terkait