Kenapa Ibu Menyusui Tidak Haid

Kenapa Ibu Menyusui Tidak Haid – , Jakarta Menstruasi atau datang bulan merupakan waktu yang pasti diketahui oleh setiap wanita. Biasanya, wanita mengalami menstruasi sebulan sekali. Menstruasi biasanya terjadi setiap 21-35 hari, kecuali seorang wanita hamil, dia tidak mengalami menstruasi selama kehamilan. Wanita yang menggunakan pil KB tertentu juga lebih mungkin mengalami menstruasi.

Sedangkan untuk menstruasi, wanita yang pernah melahirkan biasanya tidak mengalami menstruasi selama beberapa bulan, terutama wanita yang menyusui secara eksklusif.

Kenapa Ibu Menyusui Tidak Haid

Jika ibu menyusui hanya selama enam bulan pada tahun-tahun pertama kehidupan anak, hal itu memungkinkan ibu untuk menunda menstruasi. Studi telah menemukan bahwa menyusui dapat menjadi kontrasepsi alami untuk mencegah kehamilan.

Bacaan Lainnya

Hampir Setahun Tak Menstruasi Usai Melahirkan, Normal Nggak Ya Dok?

Para ahli mengatakan bahwa menstruasi saat menyusui adalah hal yang normal. Menstruasi lebih sering terjadi pada enam bulan pertama kehidupan seorang anak, dan ibu menyusui secara eksklusif. Selama menyusui, menstruasi mungkin lebih pendek, lebih lama, atau tidak sama sekali.

Jenis kondisi ini disebut amenore laktasi. Ini terjadi untuk mencegah pelepasan hormon yang dibutuhkan untuk mempersiapkan kehamilan berikutnya. Karena tidak ada hormon yang dilepaskan, ini berarti rahim tidak berovulasi. Jika tidak ada ovulasi di dalam rahim, tidak ada menstruasi atau menstruasi meskipun ada siklus.

Meskipun penelitian telah menemukan bahwa menyusui dapat menyebabkan ketidakteraturan menstruasi, menyusui bukanlah satu-satunya penyebab ketidakteraturan menstruasi. Bahkan, beberapa wanita masih mengalami menstruasi normal selama mereka menyusui.

Ada banyak alasan mengapa menstruasi menjadi tidak teratur selama siklus menyusui. Faktor-faktor ini meliputi:

Penyebab Menstruasi Tidak Lancar Yang Bikin Panik

Ini adalah beberapa fakta tentang menstruasi yang tidak teratur saat menyusui. Jika Anda mengalami gejala telat datang bulan antara lain pendarahan hebat yaitu mengganti pembalut setiap 30 menit setiap 2 jam sekali, nyeri perut yang hebat, flek, pendarahan haid yang berlangsung selama berminggu-minggu dan masalah kesehatan lainnya, jangan terburu-buru. dokter.dokter terkait dan cari tahu akar penyebabnya. Semoga informasi ini bermanfaat. , Jakarta Wanita menyusui berisiko mengalami keterlambatan haid atau pada bulan-bulan berikutnya. Artinya, wanita menyusui tidak berovulasi. Ini bukan karena penyakit, tapi karena terlambat haid, jika menyusui mempengaruhi hormon payudara, hal ini biasa terjadi.

Apa sebenarnya penyebab terlambat haid saat menyusui? Wanita yang tidak kembali haid setelah melahirkan adalah hal yang wajar karena ibu sedang mengalami perubahan hormonal atau hormon prolaktin.

Penyebab terlambatnya haid saat menyusui adalah ketika hormon prolaktin menekan estrogen dan hal ini membuat ibu menyusui tidak bisa haid. Mengisap bayi seperti ini dapat menyebabkan perubahan hormonal.

Ini adalah saat hipotalamus mengeluarkan hormon pelepas gonadotropin (GnRH), yang menekan pelepasan hormon luteinizing (LH) dan mencegah ovulasi (ovulasi).

Mengenal Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Normal

* Kebenaran atau kecemburuan? Cek WhatsApp ke nomor Kebenaran 0811 9787 670 dengan memasukan kata-kata yang diinginkan saja untuk mengetahui kebenaran informasi yang dibagikan.

Alasan keterlambatan menstruasi saat menyusui tidak perlu dikhawatirkan. Apalagi dalam dunia medis, pemberian ASI yang menyebabkan terlambatnya haid disebut dengan kontrasepsi. Efektivitas obat ini dapat ditentukan oleh parameter berikut:

Metode KB alami, seperti menyusui, memiliki tingkat keberhasilan 98 hingga 99,5 persen. Dapat juga dikatakan bahwa itu adalah hasil dari penggunaan MAL (Method of Lactation Amenorrhea). Ini adalah proses normal yang bisa terjadi saat ibu menyusui secara eksklusif.

Suatu kondisi yang menyebabkan keterlambatan menstruasi saat menyusui disebut amenore. Perlu dicatat bahwa setiap ibu mungkin memiliki situasi yang berbeda. Kehamilan dapat terjadi pada 2 dari 100 wanita 6 bulan setelah melahirkan dan pada 6 dari 100 wanita 6-12 bulan setelah melahirkan.

Menyusui Memengaruhi Periode Menstruasi, Benarkah?

Namun, kehamilan atau menstruasi dapat terjadi pada ibu menyusui yang mengalami perubahan cara menyusui karena hormon memengaruhi kondisinya.

Bila tidak terjadi kehamilan, tetapi haid tidak teratur, penyakit ini dapat disebabkan oleh banyak hal:

Pada umumnya haid atau haid atau haid setelah melahirkan dapat berangsur kembali dalam waktu 2 sampai 24 bulan setelah melahirkan atau setelah berhenti menyusui.

Menghadapi masalah tiroid juga menjadi alasan terlambat haid saat menyusui. Terutama pada kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif. Kondisi ini dapat mengganggu siklus menstruasi, karena kelenjar tiroid mengatur metabolisme tubuh. Gangguan metabolisme memperparah penyebab terlambat haid saat menyusui.

Normalkah Menstruasi Tak Lancar Saat Menyusui?

Sakit leher rahim juga menjadi salah satu hal yang menghentikan haid saat menyusui. Suatu kondisi dimana jaringan otot terbentuk di dinding rahim. Fibroid yang menyebabkan terlambatnya menstruasi saat menyusui tidak bersifat kanker dan berkisar dari ukuran apel hingga ukuran anggur. Selain terlambat, fibroid bisa menyebabkan menstruasi yang berat. Ini sangat menyakitkan dan menyebabkan anemia.

Menopause adalah penyebab terlambatnya menstruasi saat menyusui. Wanita berusia antara 45 dan 55 tahun mengalami kondisi ini. Ada juga wanita yang berusia 40 tahun atau lebih muda. Kondisi ini disebut menopause dini. Ini bukan hanya akhir dari menstruasi selama menyusui, tetapi juga merupakan tanda berhentinya ovulasi.

Penyebab telat haid pada masa menyusui selanjutnya adalah sindrom ovarium polikistik (PCOS). Suatu kondisi di mana wanita menghasilkan lebih banyak gen androgen pria. Betina ini tidak bertelur atau melepaskan telur setiap bulan.

Berat badan yang rendah menjadi penyebab terlambatnya haid saat menyusui. Karena berat badan yang rendah pasti dipengaruhi oleh kekurangan gizi. Penyebab terlambatnya haid saat menyusui disebut anoreksia nervosa. Namun, kekurangan makanan ini berdampak besar pada penundaan menstruasi.

Manfaat Luar Biasa Menyusui Bagi Ibu Yang Baru Melahirkan

Jika terjadi perubahan siklus menstruasi secara tiba-tiba, disarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter. Ini ditandai dengan menstruasi yang lebih lama, perdarahan lebih banyak dari biasanya, atau perdarahan setelah berhubungan seks. Gejala polip rahim, polip endometrium, kondisi prakanker (hiperplasia endometrium) atau bahkan kanker endometrium bisa menjadi penyebab telat menyusui.

Terlambat haid saat menyusui berikutnya disebabkan oleh gerakan yang berlebihan. Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh setiap orang. Namun, olahraga yang tidak sesuai takaran dapat menyebabkan gangguan hormonal yang memengaruhi siklus menstruasi.

Bukan hanya kurus, tapi juga kegemukan/obesitas. Penyebab terlambat haid saat menyusui juga menyebabkan masalah kesehatan. Wanita gemuk mengalami perubahan hormonal. Perubahan hormonal tersebut membuat haid terlambat, setelah melahirkan ibu mengalami masa nifas (perdarahan nifas) selama 40-60 hari. Dan setelah itu bu, berlarut-larut karena gen yang berkembang akibat menyusui mempengaruhi darah wanita.

Saat bayi lahir, tubuh ibu memiliki nutrisi alami yang diperlukan untuk menyusui. ASI dianggap sebagai makanan paling aman dan paling bergizi untuk bayi.

Penyebab Telat Haid Sebulan, Pertanda Apa?

Meskipun tampaknya ASI keluar secara alami setelah bayi lahir, ternyata genetika terlibat. Gen yang sama yang menopang tubuh ibu saat hamil juga aktif saat ibu menyusui.

Prolaktin adalah hormon utama yang bertanggung jawab untuk produksi ASI. Hormon ini diproduksi di bagian otak yang disebut kelenjar hipofisis.

Artikel Terkait: Ayah Tidak Suka Kondom/Ibu Minum Pil? Ini adalah kontrasepsi yang menghentikan menstruasi selama beberapa bulan pertama menyusui

Hormon prolaktin tidak hanya bertanggung jawab untuk produksi ASI, tetapi juga mencegah menstruasi. Menyusui meningkatkan kadar hormon ini, sehingga semakin lama seorang ibu menyusui secara eksklusif, semakin lama pula masa haidnya.

Siapa 9 Golongan Yang Boleh Tidak Puasa Ramadhan?

Saat ibu mulai menyapih anaknya, haid cepat kembali dan teratur. Ini juga berlaku ketika ibu mulai memberi bayi makanan yang sesuai, kelenjar pituitari mencerna informasi ini dan menghasilkan lebih sedikit prolaktin.

Selain proses menyusui yang mempengaruhi siklus menstruasi, ternyata menstruasi juga dapat mempengaruhi payudara dan keinginan untuk menyusui. Jika Anda mendapatkan menstruasi saat menyusui, mungkin ada perubahan dalam proses menyusui.

Misalnya, anak menjadi terlalu malas untuk menyusu atau semakin jarang minum. Ini bisa terjadi karena rasa ASI berubah. Atau, minimnya produksi ASI akibat rendahnya kadar hormon prolaktin menyebabkan bayi lebih sering menyusu untuk melengkapi pola makan sehari-hari.

Setiap organisme ibu berbeda, oleh karena itu menstruasi dapat terjadi pada waktu yang berbeda selama menyusui. Beberapa faktor berikut mungkin juga menjadi penyebabnya.

Pentingnya Pelekatan Yang Tepat Saat Menyusui

Jadi Anda tidak perlu khawatir jika tidak mendapatkannya setelah bayi lahir, meski sudah berbulan-bulan. Padahal, ASI eksklusif bisa menjadi pilihan KB yang baik jika Anda dan pasangan tidak ingin memiliki anak lagi dalam waktu dekat.

Selama menyusui, tubuh ibu fokus memproduksi ASI yang sarat nutrisi untuk bayi. Jadi ini tidak berarti tubuh Anda berhenti berovulasi.

Kembalinya haid menandakan ibu sudah haid dan bisa hamil jika tidak menggunakan pil KB. Namun, jika ibu masih menyusui, lebih baik tidak hamil.

Karena hormon prolaktin mendukung kehamilan dan produksi ASI yang cukup. Tubuh Anda mungkin sulit menyesuaikan diri dengan kebutuhan hormon prolaktin, jadi jika Anda ingin hamil saat menyusui, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Kenapa Ibu Menyusui Tidak Haid?

Ibu juga dapat mencegah kebiasaan datang lebih awal dengan menyusui secara teratur, menyusui bayi terlalu dini dan menghindari botol.

Apakah ayahmu membuatmu marah? Ayo ajukan pertanyaan real-time dan dapatkan jawaban dari sesama orang tua dan pakar di aplikasi parenting Asia! Tersedia di iOS dan Android. Kehamilan mencegah wanita dari menstruasi selama sembilan bulan. Setelah melahirkan, haid belum juga kembali normal. Apalagi jika Anda sedang menyusui.

Situasi ini sering menimbulkan pertanyaan baginya

Kenapa ibu menyusui susah bab, kenapa ibu menyusui cepat lapar, kenapa ibu menyusui sering lapar, kenapa ibu menyusui sering sakit kepala, kenapa ibu menyusui rambutnya rontok, kenapa ibu menyusui tidak boleh minum es, kenapa ibu hamil tidak boleh menyusui, kenapa ibu menyusui sering pusing, kenapa ibu menyusui sering sembelit, kenapa ibu menyusui kurus, ibu menyusui tidak haid, kenapa ibu menyusui tidak menstruasi

Pos terkait