Kisah Bule Penasaran Ketemu Makhluk Mirip Manusia di Kerinci

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Seorang fotografer lepas bernama Jeremy Holden mengaku pernah melihat makhluk misterius mirip manusia di Indonesia. Pertemuan Oktober 1994 itu terjadi di Taman Nasional Kerinci Seblat saat dia berwisata.

Beberapa orang ternyata melihat makhluk yang disebut oleh warga setempat sebagai Orang Pendek di tempat yang sama. “Makhluk itu mungkin lewat sekitar 7 meter dari saya,” ujar Holden kepada Live Science, dikutip Rabu (18/1/2023).

Bacaan Lainnya

“Mereka berjalan dengan dua kaki. Kepalanya membelakangi saya seolah-olah sedang mendengarkan mungkin pemandu saya di belakang”.

Holden menggambarkan makhluk itu memiliki tinggi 1,5 meter, bertubuh kekar dan memiliki rambut kekuningan yang menutupinya seperti ‘rumput mati’.

Holden tak mengambil foto Orang Pendek itu. Sebab dia tidak ingin makhluk yang ditemuinya mendengar bunyi kamera serta melihatnya.

Saat melihat makhluk itu, Holden mengaku hanya diam namun juga merasa ketakutan. Menurutnya makhluk itu mirip dengan siamang namun juga menambahkan tak mungkin salah lihat dengan hewan tersebut.

Satu tahun pasca pertemuan dengan makhluk tersebut, Holden mulai mencari bukti mengenainya dengan serius. Dia ikut dalam proyek penelitian yang didanai oleh Fauna & Flora International (FFI), badan amal konservasi berbasis di Inggris, selama tiga tahun. Bahkan dia tetap mencari meski proyek FFI usai.




Ilustrasi Orang PendekFoto: CC0
Ilustrasi Orang Pendek

Selain Indonesia, sejumlah pihak menyatakan ada tiga titik potensial lain keberadaan Orang Pendek yakni Brasil, Madagaskar dan Kolombia. Namun Loren Coleman yang menuliskan buku The Field Guide to Bigfoot and Other Mystery Primamates, ragu makhluk misterius tersebut bisa ditemukan.

Bahkan di Sumatera disebut juga telah menjadi rumah untuk Orang Utan. Primata itu hidup di pepohonan dengan tempat tinggal yang sama seperti Orang Pendek di Sumatera bagian utara.

Profesor biologi primata di Liverpool, John Moores University Inggris, Serge Wich, yang meneliti orang utan di Sumatera menjelaskan tidak pernah ada cerita soal makhluk tersebut di tempat Orang Utan hidup. Menurutnya kisah Orang Pendek merupakan Orang Utan yang hidup di selatan sebelum jangkauannya terbatas di bagian utara.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Penampakan Bayi Monster Loch Ness Jadi Perdebatan di Medsos


Pos terkait