Lunar New Year atau Chinese New Year? Mana yang Benar, Cek

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Besok, Minggu (22 Januari 2023) bertepatan dengan Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili. Tak hanya di China, perayaan Tahun Baru juga berlangsung di Korea, Vietnam, Singapura, dan juga Tibet.

Meski di Indonesia familiar dengan Tahun Baru Imlek, ternyata di negara asalnya peristiwa ini disebut Chinese New Year dan juga Lunar New Year. Lalu, apakah keduanya berbeda?

Bacaan Lainnya

Mengutip cnet.com, Lunar New Year, juga dikenal sebagai Chinese New Year atau the Spring Festival, berdasarkan penanggalan China. Biasanya, perayaan dimeriahkan dengan reuni keluarga, parade, hingga kembang api.

Tahun ini, sesuai kalender China, bertepatan dengan tahun Kelinci Air. Di mana, kelinci adalah hewan keempat dalam shio China, melambangkan keanggunan, keindahan, dan keberuntungan.

Berikut fakta-fakta menarik tentang Tahun Baru Imlek atau Lunar New Year, melansir CNET.

1. Sejarah

Lunar New Year atau Imlek bukan sekedar siklus kalender, tapi tahun baru yang melambangkan reuni dan kelahiran kembali, dan menandai akhir musim dingin dan awal musim semi.

Menurut legenda, monster muncul dari bawah bumi pada awal setiap tahun dan memakan penduduk desa. Binatang yang disebut Nian itu itu takut cahaya terang, suara keras dan warna merah. Sehingga mereka menggunakan hal itu untuk mengusir binatang itu dan semuanya dikaitkan dengan tahun baru imlek.

2. Perhitungan Tahun Baru Imlek

Komunitas Asia secara historis mengikuti kalender lunisolar, di mana menggunakan perhitungan bulan tapi tahun menggunakan perhitungan matahari.

Tahun Baru Imlek juga jatuh pada hari yang berbeda pada kalender Gregorian. 

Pada tahun 2023 ini, maka malam tahun baru Imlek terjadi pada hari ini (21/1/2023) dan tahun baru dimulai pada (22/1/2023).

Biasanya perayaan tahun baru sering kali dimulai pada akhir pekan yang bisa terus berlanjut selama berminggu-minggu setelahnya.

3. Tahun Kelinci Air

Kalender China menggunakan pada siklus 12 tahun, yang setiap tahunnya dikaitkan dengan binatang tertentu. Tahun 2023 dalam kalender masehi ditetapkan sebagai tahun Kelinci. Kelinci adalah hewan keempat dalam zodiak China, dan melambangkan keanggunan, keindahan, belas kasihan, dan keberuntungan.

Kelinci juga diasosiasikan dengan bulan, karena mitos kelinci giok yang tinggal di sana.

Tidak hanya zodiak hewan, pada siklus 10 ‘batang langit’, juga mewakili salah satu dari lima elemen Taoisme : api, tanah, air, kayu, logam. Secara teknis tahun 2022 merupakan Macan Air maka tahun 2023 adalah tahun kelinci air.

4. Pesohor Tahun Kelinci

Orang yang lahir di tahun kelinci dikatakan orang yang damai, menghindari pertengkaran.

Menurut Chinese Language Institute kelinci juga dipandang cerdas dan ulet. Namun bisa menjadi mangsa kecemburuan dan pesimisme.

Adapun orang-orang yang terkenal yang lahir di tahun kelinci antara lain, Albert Einstein, Angelina Jolie, Michael Jordan, Brad Pitt, Frank Sinatra.

5. Wacana Hari Libur Resmi di AS

Pada awal 2022 politisi Demokrat dari New York, Grace Meng mensponsori RUU yang akan menjadikan tahun baru imlek libur hari libur federal baru.

Namun langkah itu tidak pernah maju, tapi Meng berencana untuk kembali menggaungkannya kembali pada tahun ini.

Sebelumnya kota New York telah mengamati tahun baru Imlek sebagai hari libur sekolah sejak 2015 lalu. Di mana Gubernur California Gavin Newsom menandatangani undang-undang yang menjadikannya sebagai hari libur.

[Gambas:Video CNBC]

(dce)


Pos terkait