Mengenal Dance Sports, Cabor yang Digeluti Siswa SMPN 1 Ciawi

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Belakangan ini video dansa dia siswa bernama lengkap Keysha Aditia Putra Winardi dan Devina Anindita ini tengah menjadi viral di media sosial. Video berdurasi sekitar 15 detik tersebut, memperlihatkan ketangkasan dua remaja tersebut menari di lapangan sekolah yang disaksikan murid lainnya.

Diketahui, keduanya adalah atlet cabang olahraga (cabor) Dance Sport yang bersekolah SMPN 1 Ciawi. Mereka juga pernah memenangkan medali emas Porprov Jabar 2022.

Bacaan Lainnya

Hal ini pun banyak menimbulkan komentar warganet. Beberapa ada yang mengapresiasi, namun sebagian malah mencibir dan menuding bahwa dansa tidak sesuai dengan kebudayaan Indonesia.

Lantas apa itu dance sport?

Dance sport adalah cabang olahraga yang memadukan seni tari dan penguasaan teknik serta stamina fisik sehingga memberikan pertunjukan yang artistik.

“Dance sport juga dilombakan bagi atlet-atlet difabel, mereka mengikuti Dance Sport dengan menggunakan kursi roda,” tulis pihak sekolah.

Mengutip dancesport.org.my sejarah olahraga dansa atau dance sport bisa dirunut sejak awal abad ke-20. Pada saat itu dansa hanya dilakukan dalam kegiatan sosial untuk kalangan bangsawan. Namun, hal itu mulai berubah sejak pengusaha Perancis Camille de Rhynal menjadikan dansa sebagai sebuah kompetisi.

Turnamen dansa Tango pertama dengan partisipasi internasional berlangsung di Nice, Perancis, pada 1907. Kejuaraan perdana dance sport digelar di Bad Nauheim, Jerman, pada tahun 1936.

Kemudian terus berkembang hingga kejuaraan ballroom di Paris, Berlin, dan London. Untuk di Indonesia, olahraga dansa dinaungi oleh Ikatan Olahraga Dansa Indonesia (IODI).

Adapun jenis-jenis dance sport dalam gaya dansa Amerika Latin di antaranya Samba, Cha Cha Cha, Rumba, Paso Doble dan Jive. Style standar internasional Lima dance sport standar adalah Waltz, Tango, Wina Waltz, Slow Foxtrot dan Quickstep.

[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)


Pos terkait