Menteri Jokowi Hingga Tetangga RI, Ini Korban Spyware Israel!

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Spyware Israel dilaporkan telah menyusupi beberapa negara dunia. Termasuk berada di balik kudeta Myanmar dan peretasan banyak pejabat Indonesia seperti Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto.

Upaya peretasan ke para pejabat melalui iPhone itu dilaporkan oleh Reuters. Peretasan itu dilaporkan menggunakan software dari NSO Group, Forced Entry.

Bacaan Lainnya

NSO Group sendiri cukup dikenal beberapa waktu terakhir. Sebab spyware dari organisasi itu dilaporkan disebar melalui WhatsApp dan juga ke beberapa pejabat negara lain beberapa tahun lalu.

Bukan hanya Airlangga, sasaran peretasan lainnya adalah pejabat TNI, diplomat dan penasihat di kementerian yang dipimpin Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Kepada Reuters, enam dari pejabat dan penasihat yang jadi target mengatakan mendapatkan email dari Apple Inc pada November 2021. Di dalamnya disebutkan mereka jadi sasaran serangan oleh oknum yang disponsori oleh negara.

Sementara itu pihak Kementerian Koordinator bidang Perekonomian juga telah buka suara terkait hal ini. Pada siaran pers September 2022 lalu, juru bicara Alia Karenina mengatakan Airlangga menggunakan beberapa ponsel bukan hanya iPhone.

Dia menambahkan akun email resmi Menko Perekonomian tidak diinstal di dalam ponsel peribadi Airlangga. Akun tersebut juga tak pernah menerima pemberitahuan dari Apple atau terkait kiriman spyware.

“Sampai saat ini, tidak ada notifikasi ataupun kiriman file spyware ke email resmi tersebut,” kata Alia dalam siaran pers pada Jumat (30/9/2022).

Pos terkait