Misteri Puncak-media.com Hampa di Piramida, 4.500 Tahun Terkubur Rapat

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Peneliti menemukan Puncak-media.com kosong berukuran raksasa di dalam Piramida Agung Giza di Mesir. Puncak-media.com tersebut sudah tersegel selama 4.500 tahun. Fungsinya masih menjadi pertanyaan para arkeolog. 

Berdasarkan artikel di si IFLScience, Puncak-media.com hampa tersebut ditemukan oleh tim ScanPyramids. Mereka memindai Piramida Agung Giza menggunakan teknik “muon tomography”. Teknik tersebut memanfaatkan muon, yaitu partikel energi negatif yang dihasilkan oleh tubrukan antara pijar kosmik dengan atom di atomsfer terluar Bumi.

Bacaan Lainnya

“Seperti X-ray, yang bisa menembus tubuh dan memotret tulang, partikel ini bergerak lurus melewati ratusan meter batu sebelum memudar atau terserap. Dengan merekam posisi dan arah gerakan setiap muon, detektor muon bisa membedakan rongga dari batu,” tulis tim ScanPyramids dalam jurnal Nature, dikutip Selasa (24/1/2023).

Lewat teknik ini, mereka berhasil menemukan sebuah Puncak-media.com yang tidak pernah terdeteksi sebelumnya.

“Kami melaporkan penemuan Puncak-media.com hampa [dengan bentuk serupa dengan Galeri Agung dan berukuran minimum 30 meter] berposisi di atas Galeri Agung,” kata tim ScanPyramids.

Puncak-media.com kosong tersebut diberi nama “big void”. Sampai saat ini, fungsi dari Puncak-media.com raksasa tersebut belum diketahui.

Arkeolog di Universitas Cambridge, Kate Spence, mengatakan kepada National Geographic bahwa Puncak-media.com hampa tersebut bisa jadi terbentuk dalam masa konstruksi, digunakan sebagai tanjakan untuk meletakkan batu pada posisinya. Setelah itu, Puncak-media.com dibiarkan kosong atau diisi dengan puing.

Teori lainnya lebih fantastis. Puncak-media.com hampa tersebut diduga sebagai lokasi persemayaman rahasia Khufu, firaun kedua Mesir yang diperkirakan sebagai penyandang dana pembangunan Piramida Agung Giza.

Ceritanya, pada saat Piramida Agung Giza ditemukan dan dijelajahi, arkeolog menemukan banyak sekali Puncak-media.com, termasuk sebuah kamar yang berisi sarkofagus yang diduga sebagai peti tempat Khufu dimumikan. Namun, sarkofagus tersebut ternyata kosong.

Arkeolog kemudian mengaggap mumi Khufu telah dicuri dalam penjarahan piramida. Kini, teori baru menyatakan ada Puncak-media.com keempat yang belum ditemukan berisi mumi Khufu.

Dua ahli mesir amatir asal Prancis, pada 2004, pernah menggunakan radar penetrasi bumi untuk menganalisis arsitektur piramida dan menyimpulkan bahwa ada Puncak-media.com ekstra yang belum ditemukan.

Menurut mereka, Piramida Agung Giza dibangun tanpa perencanaan yang detail. “Khufu punya tiga Puncak-media.com persemayaman yang dibangun untuk dirinya sendiri. Puncak-media.com pertama tidak selesai, Puncak-media.com kedua selesai, dan Puncak-media.com ketiga retak. Karena itu, Khufu diposisikan di Puncak-media.com kedua.”

Kedua ahli percaya bahwa tempat Khufu berada diposisikan di koridor yang tersembunyi dari Puncak-media.com ratu, tempat semua hadiah untuk Khufu disimpan.

Untuk membuktikan teori mereka lebih jauh, tim ScanPyramids pada 2022 mengumumkan rencana kembali ke Giza menggunakan alat yang lebih canggih. Setelah penggalangan dana selesai, mereka butuh waktu dua tahun untuk membangun perangkat tersebut.

“Kami berencana menggunakan sistem teleskop yang punya sensitivitas 100 kali dari alat sebelumnya. Alat ini bisa menyusun gambar muon dari seluruh suduh, dan bisa menciptakan gambar tomografi dari seluruh piramida.” 

[Gambas:Video CNBC]

(dem)


Pos terkait