Peta Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah

Peta Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah – Kota Paklungan merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara, Kabupaten Batang di sebelah timur, dan Provinsi Paklungan di sebelah selatan dan barat. Paklungan terdiri dari 4 kecamatan yaitu Paklungan Barat, Paklungan Utara, Paklungan Timur dan Paklungan Selatan.

Kota ini terletak di pantai utara yang menghubungkan Jakarta-Semanrang-Surabaya. Pakalongan berjarak 101 km sebelah barat Semarang atau 384 km sebelah timur Jakarta. Paklongan dikenal mendapat julukan

Peta Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah

, karena Batik Paklongan memiliki corak yang unik dan beragam. Kota Paklungan memiliki pelabuhan perikanan terbesar di Pulau Jawa. Pelabuhan ini kerap menjadi tempat transit dan pelelangan hasil tangkapan laut para nelayan dari berbagai daerah. Selain itu, di Kota Paklongan terdapat banyak perusahaan pengolahan hasil laut seperti ikan asin, terasi, sarden dan kerupuk ikan, serta perusahaan besar dan gubuk.

Bacaan Lainnya

Peta Administrasi Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah

, yang berarti irisan nangka yang dicampur dengan kuah bumbu kelapa. Makanan ini biasanya disajikan panas dan dicampur dengan pattai dan ikan bakar sebagai menu tambahan.

Kota Paklongan dikenal dengan nuansa religi karena mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Ada beberapa adat istiadat di Pakalongan yang tidak terdapat di daerah lain, misalnya; syawalan, tanah dan sedekah lainnya. Syawalan merupakan perayaan tujuh hari pasca lebaran dan kini di bangun dengan pemotongan lupis raksasa pemecah rekor MURI oleh walikota untuk dibagikan kepada pengunjung.

Kota Pekalongan terbentang antara 6º50’42”-6º55’44” Lintang Selatan dan 109º37’55”-109º42’19” Bujur Timur. Berdasarkan koordinat fiktifnya, Kota Paklongan terbentang antara 510.00 – 518.00 km garis bujur dan 517.75 – 526.75 km. Jarak terjauh dari utara ke selatan ± 9 km, sedangkan dari barat ke timur ± 7 km. Batas wilayah administrasi Kota Paklongan adalah :

Kota Paklungan terbagi menjadi 4 (empat) kecamatan yang dibagi lagi menjadi 47 kecamatan dengan luas wilayah 45,25 kilometer persegi atau sekitar 0,14% dari luas wilayah Jawa Tengah.

Peta Kota Pekalongan

Wilayah Pakalongan utara merupakan wilayah pesisir utara (Laut Jawa), sehingga sebagian wilayah yang dekat dengan pantai sering mengalami pasang surut (pasang surut). Daerah yang sering mengalami bencana perampokan antara lain; Desa Long Wetan, Panjang Baru, Kandang Panjang, Krapjak Lor.

Selain bencana perampokan, Kecamatan Uttara Pekalongan memiliki satu kelurahan yang hampir setiap tahun dilanda banjir, yaitu Desa Pabean. Hal ini dikarenakan kondisi tanah yang lebih rendah dari sekitarnya.

Semula kecamatan ini terdiri dari 9 kecamatan yaitu Panjang Wetan, Kandang Panjang, Kraton Lor, Dukuh, Bandengan, Carina, Krapjak Lor, Krapjak Kidul dan Degayu. Namun mulai tanggal 22 Januari 2008, Kecamatan Panjang Wetan dimekarkan menjadi 2 kecamatan, yaitu Kecamatan Panjang Wetan dan Kecamatan Panjang Baru. Kabupaten Pakalongan adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Birnya adalah Cajun. Provinsi ini berbatasan dengan Laut Jawa dan Kota Pakalongan di utara, Provinsi Batang di timur, Provinsi Banjarangar di selatan, dan Provinsi Pamalang di barat. Pekalongan berada di pantai utara yang menghubungkan Jakarta-Semrang-Surabaya.

Bagian utara Kecamatan Paklongan merupakan dataran rendah; sedangkan ke selatan berupa pegunungan, bagian dari rangkaian Diing Plateau. Sungai-sungai utama yang mengalir di antaranya adalah Kali Saragi dan Kali Sangkrang beserta anak-anak sungainya yang semuanya bermuara di Laut Jawa. Cayen, ibu kota Provinsi Pakalong, terletak di tengah provinsi, sekitar 25 kilometer sebelah selatan Kota Pakalong.

Peta Wilayah Yuridiksi

Pakalongan sudah lama dikenal sebagai kota batik, dan salah satu sentra produksi batik ada di provinsi Buran dan Wiradasa. Beberapa nama produsen batik yang terkenal antara lain Batik Humas (kependekan dari Hussein Mohammad Assegaf). Sedangkan pabrik sarung (kain palekat) yang terkenal di Pakalongan antara lain Gaya Dutt dan WadiMur. Di Viradesa juga terdapat sentra batik yaitu International Batik Center atau “IBC”.

Di sebelah selatan adalah kawasan wisata gunung Lingo Asri, terletak 37 km sebelah selatan kota Paklungan arah Kayen (dari jalan Jakarta-Semrang, perempatan Wiradasa selatan atau dari kota Paklungan sampai Buaran), terdapat pemandian dan taman bermain, seperti serta wisata di hutan pinus milik -Perum Perhutani, dan juga ada komunitas Hindu di Pakalongan. Terdapat sisa-sisa berupa lingga dan ion yang berjarak sekitar 500 meter dari kompleks pemandian Lingo yang indah.

Padahal, masih banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan di Kabupaten Pekalongan, antara lain Pantai Sunter Depok, Pantai Wonokerto, Ekowisata Petungkriyono, Wisata Air, Wisata Hutan, Wisata Budaya, Air Terjun Siwatang Paninggaran, Candi Trengolek Paninggaran, Puncak Anjir, Bukit Pawuangluhan Kandang, dll. Ada juga wisata alam yang indah seperti Kurug Baying yang akses jalannya masih kurang memadai. Pekalongan masih menunggu investor yang ingin mengembangkan objek wisata ini.

Bagi penikmat makanan, Pakalongan menyediakan wisata kuliner berupa nasi Tauto dan Magono.Tauto adalah sejenis soto yang terbuat dari kuah tao dan daging kerbau di dalamnya. Sedangkan potongan nangka muda dibumbui dengan kelapa parut dan kukus yang cocok dinikmati saat masih hangat.

Peta Administrasi Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah

Bagi Anda yang menyukai wisata sejarah, Anda bisa mengunjungi Pabrik Gula PG Sragi yang terletak di Kabupaten Sragi. Pabrik tersebut merupakan pabrik peninggalan kolonial Belanda Halo rekan-rekan perencana, pada postingan kali ini Yandela Kuta akan membagikan data shapefile dan data DEM kota Pekalongan secara gratis. Shapefile ini berasal dari Ina Geoportal yang datanya telah dimanipulasi. Seperti yang Anda ketahui, Ina Geoportal adalah platform Badan Informasi Geospasial yang menyediakan berbagai data shapefile di seluruh Indonesia, dan untuk diunduh gratis (AOI) atau di setiap provinsi.

Namun, hasil download khususnya download kabupaten/kota terdapat SHP kosong dan tabel feature kosong. Anda juga perlu membuat akun terlebih dahulu untuk dapat mengunduhnya. Rekan-rekan perencana dapat membaca artikel tentang cara mengunduh shapefile dari Ina Geoportal. Selain itu, terkadang server BIG sedang down dan tidak dapat diunduh. Oleh karena itu, City Window mengedit dan mendistribusikan ulang Shapefile.

Kota Pakalongan merupakan kota yang terletak di Jawa Tengah dan merupakan salah satu pusat pertumbuhan ekonomi. Dengan luas wilayah 45,25 kilometer persegi, kota ini secara administratif terbagi menjadi 4 kecamatan dan 27 kelurahan. Kota Pakalongan berbatasan dengan Kabupaten Pakalongan di sebelah barat dan selatan. Kabupaten Batang di timur dan selatan. Layaknya Laut Jawa di utara, Pakalongan adalah kota yang terkenal dengan batiknya

Master file yang akan dibagikan diambil dari website Ina Geoportal Badan Informasi Geospasial dengan skala 1:25.000. Jendela kota mengkategorikannya menjadi beberapa jenis yaitu administrasi, jalan, saluran air, tutupan lahan dan kontur.

Mulai Terapkan Ppkm Hari Ini, Sejumlah Aktivitas Kegiatan Dibatasi

File formulir manajemen dalam bentuk file shp tipe garis; batas pengelolaan; Pemerintah Kabupaten Kota Paklungan; Pemerintah Kabupaten Kota Paklungan; dan City Manager Paklongan. Anggota Planner dapat mengunduhnya dari tautan di bawah ini.

Berkas bentuk transportasi adalah berkas jalan dan jembatan di Kota Paklongan. Anggota Planner dapat mengunduhnya dari tautan di bawah ini.

Wujud air berupa file sp pada sungai di kota Pekalongan berupa garis dan poligon. Anggota Planner dapat mengunduhnya dari tautan di bawah ini.

File tutupan lahan adalah file tutupan lahan Kota Paklongan. Anggota Planner dapat mengunduhnya dari tautan di bawah ini.

Infografik: Peta Kemenangan Pilkada Jawa Tengah 2018

Selain menyediakan file shape, juga disediakan download file model elevasi digital Kota Pekalongan yang berasal dari data DEMNAS BIG. Model elevasi digital berguna untuk menyiapkan peta topografi, morfologi, dan kemiringan. Anggota Planner dapat mengunduhnya dari tautan di bawah ini.

Pengunduhan citra satelit Google Earth untuk Kota Pekalongan juga tersedia dengan pembaruan Oktober 2020. Anggota perencanaan dapat mengunduhnya dari tautan di bawah ini.

Kami harap artikel ini mempermudah mendapatkan shapefile. Anggota Planner bisa request download file di kolom komentar. Selalu kunjungi Jandala Kota untuk informasi tata ruang terbaru. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Sebuah platform edukasi dan diskusi untuk perencanaan kota yang dikemas dalam konsep yang menarik dan mudah digunakan untuk memperluas wawasan dalam hal perencanaan tata ruang. Berani untuk membentuk kembali atau mendarat! Saatnya #AnakNgomonginKota Peta Kota Pekalongan – Kota Pekalongan merupakan salah satu kota di Jawa Tengah Indonesia sebagai pusat pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah. Batas kota ini adalah: di utara dengan Laut Jawa, di timur dengan Kabupaten Batang dan di selatan dan barat dengan Kabupaten Pekalongan.

Rbi 1409 112 Pekalongan, Peta Indonesia

Sebagai kota yang dikenal sebagai Kota Batik, Pakalongan terkenal dengan Batik Pakalongan yang memiliki corak unik dan beragam.

Kota Paklongan dikenal dengan nuansa religius kotanya, karena mayoritas penduduknya beragama Islam. Namun masyarakat Paklonga masih mengenal adat istiadat, hal ini dapat dilihat pada peringatan-peringatan seperti: Sivalan, sedekah.

Bagi Anda yang ingin berwisata ke Kota Paklongan, peta di bawah ini bisa membantu agar perjalanan Anda lancar. Di bawah ini adalah peta kota Paklongan dalam 3 versi yaitu: peta jalan, peta wisata dan peta desa.

Dengan melihat peta di bawah ini, Anda akan mengetahui dengan lebih jelas jalan mana yang harus ditempuh untuk menuju suatu tempat di kota tersebut.

Krisis Air Bersih Di Kota Santri Kian Meluas

Bagi anda yang suka berwisata dan mungkin memilih Kota Paklongan, mungkin peta dibawah ini bermanfaat. Silakan unduh dalam ukuran penuh untuk melihatnya lebih detail.

Paklungan terdiri dari 4 kecamatan yaitu Paklungan Barat, Paklungan Utara, Paklungan Timur dan Paklungan Selatan. Peta di bawah menjelaskan semuanya, termasuk nama paroki, lokasi, dan batas-batasnya.

News Buka Stan Pijat Gratis di Acara CoHive Pop Up Market, Home Service Ditarik Lebih Dari 150 Orang

Peta kabupaten sragen jawa tengah, peta kabupaten banyumas jawa tengah, peta kabupaten tapanuli tengah, peta kabupaten batang jawa tengah, peta kabupaten demak jawa tengah, peta kabupaten pekalongan, peta kabupaten jepara jawa tengah, peta kabupaten kudus jawa tengah, peta kabupaten banjarnegara jawa tengah, peta kabupaten temanggung jawa tengah, peta kabupaten brebes jawa tengah, peta kabupaten semarang jawa tengah

Pos terkait