Shopee-Tokopedia Minggir, Ini Raja E-commerce Indonesia

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Kegiatan belanja online melalui platform e-commerce tumbuh pesat di Indonesia sejak beberapa tahun terakhir, utamanya ketika pandemi Covid-19 2020 membuat mobilitas terhambat. Laporan dari firma riset data.ai menunjukkan Indonesia menjadi salah satu negara dengan pasar belanja online terbesar sepanjang 2022.

Tak kurang dari 6,6 miliar jam dihabiskan warga RI untuk belanja online selama satu tahun terakhir. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi platform e-commerce kenamaan seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dll.

Bacaan Lainnya

Namun, ternyata aplikasi e-commerce yang paling banyak di-download orang Indonesia selama 2022 bukan nama-nama tersebut. TikTok Seller, Blibli.com, Alfa Gift, Atome ID, dan Alibaba.com menempati posisi Top 5 secara berurutan, dirangkum puncak-media.com Indonesia, Kamis (19/1/2023).

TikTok Seller

Belanja di TikTok memang semakin populer setahun belakangan. Pasalnya, aplikasi yang tadinya hanya sebatas media sosial tersebut memungkinkan para kreator untuk jualan secara live dengan berbagai promo.

Penonton bisa langsung membeli barang dengan harga promo setelah menonton penjelasan lengkap dan penjajalan langsung dari kreator. Opsi pembayaran di TikTok pun cukup lengkap dan memudahkan.

Blibli.com

Selanjutnya, Blibli.com ternyata menempati posisi kedua sebagai platform e-commerce paling banyak di-download. Aplikasi ini kurang lebih sama seperti Shopee dan Tokopedia.

Bedanya, pada 2022 lalu, Blibli.com lumayan gencar menjual tiket konser artis kawakan di platformnya, baik lokal maupun internasional. Misalnya saja penjualan resmi tiket konser Westlife dan Blackpink.

Alfa Gift

Yang menarik, Alfa Gift juga masuk di jejeran Top 3 aplikasi e-commerce paling banyak di-download. Jaringan waralaba Alfamart yang juga menaungi Lawson, Alfamidi, dan Alfa Express tersebut tersebar di mana-mana.

Ternyata aplikasi online-nya juga lumayan laris. Melalui Alfa Gift, pengguna bisa membeli barang-barang yang juga tersedia di toko fisik Alfamart dan anak-anak usahanya. Prosesnya pun cukup gampang, tinggal daftarkan diri, masukkan alamat, pilih barang yang diinginkan, pilih opsi pembayaran, dan lakukan pembayaran.

Program andalan e-commerce seperti gratis ongkir, kupon, undian, serta promo lainnya juga bisa didapatkan lewat aplikasi Alfa Gift. Pengantaran pesanan pun cukup cepat, yakni instan untuk barang yang tersedia di toko fisik dan H+1 untuk barang yang tersedia di gudang Alfamart.

Atome ID

Terakhir, Atome ID dan Alibaba.com menempati posisi keempat dan kelima. Atome ID sebenarnya menyediakan layanan yang lebih kepada metode pay later (beli sekarang bayar nanti). Dengan aplikasi ini, pengguna bisa belanja online ataupun di gerai fisik dengan sistem pay later.

Alibaba.com

Sementara Alibaba.com adalah platform e-commerce yang lebih menyasar pembelian barang dalam jumloh banyak alias grosir. Biasanya, orang yang belanja di platform ini akan berperan sebagai reseller yang menjajakan kembali dagangannya di platform e-commerce lain.

Perlu dicatat, 5 aplikasi di atas hanya berdasarkan angka download, bukan pengguna aktif. Laporan data.ai mencatat untuk pengguna aktif bulanan (monthly active user/MAU), diduduki secara berurutan oleh Shopee, Tokopedia, Alfa Gift, Lazada, dan Akulaku.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Kena Prank Shopee, Pria Ini Luntang-lantung di Singapura

(tib)


Pos terkait