Siap-siap, Android 14 Bakal Blokir Aplikasi Ini!

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Rasanya Android 13 belum lama keluar, tetapi Google sudah bersiap untuk meluncurkan Android 14 pada smartphone generasi berikutnya.

Pratinjau pengembang pun tengah disiapkan dan akan dirilis dalam satu atau dua bulan mendatang. Jadi, perusahaan sudah menyiapkan beberapa kode sebelum rilis publik.

Bacaan Lainnya

Salah satu perubahan kode ini baru saja terlihat. Sepertinya Android 14 akan mencegah pengguna menginstal serta mengesampingkan aplikasi yang menargetkan versi lama Android di perangkat.

Kode tersebut dilihat oleh 9to5Google, di mana ada persyaratan API yang lebih ketat untuk pemasangan aplikasi, dikutip Rabu (25/1/2023).

Menurut publikasi, tertulis “jika versi SDK (kit pengembangan perangkat lunak) minimum yang dapat diinstal diaktifkan, aplikasi yang menggunakan SDK untuk menargetkan Android lama akan diblokir. Ini membantu meningkatkan keamanan dan privasi karena malware dapat menargetkan versi SDK yang lebih lama untuk menghindari pemberlakuan syarat API baru.”

Dengan fitur ini akan mencegah pengguna menginstal aplikasi yang menargetkan versi Android lawas, bahkan ketika pengguna mencoba melakukan sideloading (instal aplikasi dari luar toko aplikasi). Android 14 awalnya hanya akan memblokir level API terlama, tetapi rencana jangka panjangnya adalah menaikkan ambang batas ke Android 6.

Menurut 9to5Google, akan ada flag baru yang menggantikan persyaratan aplikasi. Tujuan utama dari perubahan ini adalah untuk mempersulit penyebaran malware ke pengguna yang tidak menyadari adanya serangan.

Distributor malware telah menjadi lebih canggih dalam mengelabui pengguna agar mengesampingkan aplikasi mereka dengan memberikan instruksi yang seolah asli. Saat aplikasi diblokir untuk diinstal tanpa menggunakan ADB, cara tersebut akan jauh lebih sulit untuk dieksploitasi.

[Gambas:Video CNBC]

(tib)


Pos terkait