Valuasi Startup ‘Pembunuh’ Zara dan H&M Anjlok Rp 544 Triliun

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Harga saham salah satu unicorn raksasa, Shein, anjlok. Perusahaan fesyen tersebut diP-media memangkas valuasinya hingga US$36 miliar atau sekitar Rp544 triliun.

Shein adalah perusahaan produsen produk fesyen yang baru berdiri pada 2015. Dengan memanfaatkan kekuatan rantai pasok dan manufaktur China, Shein menciptakan disrupsi di pasar feysen terjangkau di seluruh dunia.

Bacaan Lainnya

Brand fesyen harga terjangkau lain, seperti Zara dan H&M, harus bersaing keras dengan Shein yang mampu memproduksi produk desain baru cepat dan harga yang terjangkau.

Produk Shein memang tidak tahan lama seperti pesaingnya. Namun, harganya yang sangat murah dan model yang update membuat konsumen tidak keberatan terus-terusan membeli baju baru dari Shein. Gaya bisnis ini kemudian dikenal dengan nama fast-fashion.

Namun, penurunan konsumsi di tengah ancaman resesi tampaknya berpengaruh besar ke bisnis Shein. Apalagi, mesin produksi mereka di China juga terganggu oleh kebijakan Covid-19 ketat pemerintah setempat.

Financial Times mengabarkan bahwa Shein kini tengah mencari modal segar senilai US$3 miliar dari investor di valuasi US$64 miliar. Valuasi tersebut lebih rendah US$36 miliar dibandingkan dengan valuasi US$100 miliar pada April 2022.

Kepada Tech Crunch, Shein membantah “sebagian informasi” dalam artikel Financial Times.

Shein bukan satu-satunya e-commerce yang valuasinya terpukul. Dua e-commerce yang telah melantai di bursa, Pinduoduo dan Sea Ltd, juga mencatatkan kapitalisasi pasar yang menyusut.

Kapitalisasi pasar Pinduoduo jatuh darih US$240 miliar ke US$100 miliar, sedangkan kapitalisasi saham Sea telah meroost 80% dari puncaknya pada November 2021.

Meski pasar finansial tidak dalam kondisi terbaik, Tech Crunch menyatakan Shein masih berencana merealisasikan rencana IPO mereka. Salah satu persiapan Shein adalah mendirikan perusahaan holding di Singapura.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


10 Startup Jagoan RI yang Diramal Jadi Raksasa Baru Asia

(dem)


Pos terkait