Waspada! 4 Cara Ini Gagalkan Mimpi Kamu Turunkan Berat Badan

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Menurunkan berat badan ternyata susah-susah gampang. Sebab, ada banyak fakta dan mitos di publik yang tentunya memengaruhi proses diet.

Alih-alih menginginkan bentuk tubuh idaman, hal ini justru membuat berat badan semakin naik.

Bacaan Lainnya

Sebelum memulai menurunkan berat badan pastikan Anda mencari informasi yang tepat sesuai anjuran para ahli. Lantas apa sajakah itu? Berikut adalah beberapa mitos dan fakta di balik menurunkan berat badan:

1. Makan lebih sedikit, bergerak lebih banyak.

Banyak orang mengatakan bahwa menurunkan berat badan itu mudah. Merek hanya melakukan makan lebih sedikit dan bergerak lebih banyak.

Tetapi kenyataannya hal itu tidak tepat. Jika sesederhana itu, semua orang akan kurus-namun banyak orang terus berjuang meski sudah berusaha sebaik mungkin.

Menurunkan berat badan seringkali rumit, karena mungkin ada hambatan emosional dan psikologis serta tekanan hidup yang membuat sulit untuk menurunkan berat badan ekstra tersebut. Untuk hasil yang bertahan lama, Anda memerlukan rencana khusus yang menguraikan berapa banyak kalori yang harus dikonsumsi, seberapa sering berolahraga, dan konsistensi.

2. Makan lebih sedikit lemak

Seringkali, orang mengajari Anda untuk menghindari lemak agar tidak gemuk. Meskipun ini mungkin tampak seperti saran yang bagus, itu sebenarnya tidak benar.

Memang, lemak lebih padat kalori daripada karbohidrat atau protein, tetapi jenis lemak yang tepat dapat membantu Anda tetap kenyang, melawan peradangan, menjaga kesehatan, dan banyak lagi.

Faktanya, tubuh membutuhkan lemak untuk memenuhi kebutuhan energi serta memperbaiki sel tubuh. Anda hanya perlu bijak dalam memilih makanan berlemak saat menjalani diet. Pilihlah makanan yang mengandung lemak sehat, seperti alpukat, kacang-kacangan, ikan, dan biji-bijian.

3. Kardio untuk menurunkan berat badan

Sebenarnya, kardio membakar kalori, tetapi Anda tetap memerlukan latihan kekuatan untuk membentuk otot di bawah lemak sekaligus membakar kalori dan meningkatkan metabolisme.

Hanya dengan melakukan kardio menyebabkan penurunan berat badan, tetapi itu tidak akan membantu Anda meluruhkan lemak tubuh secara optimal. Akibatnya, Anda bisa berakhir dengan tubuh “kurus gemuk” di mana berat badan Anda dianggap “normal”, tetapi persentase lemak tubuh Anda masih cukup tinggi, menurut Healthline.

Lakukanlah pendekatan yang seimbang antara kardio dan angkat berat sehingga Anda dapat membangun kekuatan otot, tulang, dan persendian saat Anda menjadi lebih ramping.

4. Detoksifikasi dirimu sendiri

Tidak ada bukti bahwa diet detoks berhasil, meskipun sudah menjadi kepercayaan umum bahwa untuk menurunkan berat badan, Anda perlu membuang racun dalam tubuh dan membersihkan diri dari semua hal buruk yang telah Anda kumpulkan.

Lebih buruk lagi, diet detoks bahkan bisa berbahaya, karena Anda akan menghilangkan kalori dan nutrisi tubuh Anda untuk waktu yang lama.

Tidak ada pil ajaib yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Diet detoks terbaik itu sederhana yakni makan makanan sehat, minum banyak air, dan hindari makanan dan minuman cepat saji. Jika Anda tetap menggunakan fondasi tersebut, tubuh Anda pasti akan sehat dan proporsional.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


10 Makanan Enak & Sehat yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

(miq/miq)


Pos terkait