Wikipedia Punya Wajah Baru, Apa yang Berubah?

Jakarta, puncak-media.com Indonesia – Situs ensiklopedia multibahasa, Wikipedia, akhirnya punya tampilan baru yang lebih segar dan memudahkan ketika mencari informasi terkait topik apa saja di internet. Pembaruan desain ini dilakukan untuk pertama kalinya sejak 10 tahun terakhir.

Hal ini diumumkan Wikipedia di akun Twitter resminya. Setidaknya ada 6 perubahan signifikan yang bisa dirasakan ketika menjajal laman tersebut.

Bacaan Lainnya

“Pada ulang tahun Wikipedia English yang ke-22, kami memperbarui desain situs agar lebih memudahkan untuk digunakan semua orang,” kata Wikipedia di Twitter, dikutip puncak-media.com Indonesia, Kamis (19/1/2023).

Lantas, apa saja yang berubah? Simak selengkapnya.




Tampilan Baru WikipediaFoto: Wikipedia
Tampilan Baru Wikipedia

Tabel konten di sisi kiri

Selama ini, pengguna harus scrolling hingga ke bawah untuk melihat sub-bab pada topik yang sedang dibaca. Kini, ada tabel konten khusus di sisi kiri yang menunjukkan sub-topik, sekaligus sebagai shortcut untuk membaca sub-topik tersebut lebih lanjut.

Tampilan ini mirip seperti yang tertera pada Google Docs. Dengan begitu, penjajalan sub-topik bisa lebih praktis dan cepat jika pengguna tidak mau membaca seluruh informasi.

Tool penggantian bahasa

Wikipedia dengan desain baru juga meletakkan tool penggantian bahasa (language-switching) di sisi kanan atas situs, sehingga lebih kelihatan untuk diakses cepat. Ada lebih dari 300 bahasa yang bisa diganti dari toolbar tersebut, sehingga tak perlu lagi kesusahan mencari opsi terjemahan.

Ukuran font dan jarak baris

Wikipedia juga meningkatkan ukuran font default pada situsnya. Selain itu, yang terpenting, jarak antar baris dibuat lebih lebar.

Meski pembaruan ini terlihat simpel, tetapi sangat membantu pengalaman membaca paragraf panjang agar mata tak gampang lelah.

Kolom pencarian visual

Sebelumnya, ketika mencari topik pada kolom pencarian Wikipedia, pengguna hanya bisa mengakses rekomendasi dalam bentuk tulisan. Kini, ada gambar di samping kiri tulisan, sehingga pencarian jadi lebih menyenangkan dan tepat sasaran.

Collapsible sidebar

Untuk masuk ke penjajalan utama, pengguna bisa mengakses collapsible sidebar dari menu tiga garis di sisi kiri atas laman. Dengan begitu, akses lebih mudah ke halaman utama tetapi tidak mendistraksi pengalaman membaca topik tertentu.

Header yang lebih aktif

Terakhir, ketika pengguna log in ke Wikipedia, header akan mengikuti pengguna sembari scrolling. Dengan begitu, pengguna tidak perlu bolak-balik scrolling ke atas untuk mengakses header.

[Gambas:Video CNBC]

(tib)


Pos terkait