Bacaan Doa Selamat Dunia Akhirat Pendek, Panjang, Arab & Latin

Sebagai hamba Allah SWT yang beriman, tentu kita mengharapkan keselamatan baik di dunia maupun di akhirat kelak. Salah satu caranya adalah dengan membaca doa selamat sebagaimana yang dianjurkan dalam agama Islam.

Doa selamat dunia akhirat tidak hanya sekedar rangkaian kata-kata yang diucapkan dengan lisan. Bacaan ini memiliki makna yang mendalam bagi kehidupan seorang individu.

Pengertian Doa Selamat Dunia Akhirat

Pengertian Doa Selamat Dunia Akhirat

Dalam Islam, “doa selamat dunia akhirat” merujuk pada permohonan dan harapan yang diungkapkan dalam doa untuk memperoleh keberkahan, kebahagiaan, dan keselamatan di dunia dan akhirat.

Doa ini mencakup aspirasi spiritual dan materi pada kehidupan manusia di dunia serta kehidupan setelah meninggal dunia kelak. Bacaan doa ini berkaitan dengan permohonan kepada Allah SWT.

Umat muslim memohon agar memberikan berkah, kebahagiaan, kesehatan, rezeki yang halal, dan kesuksesan dalam pekerjaan. Selain itu, doa ini juga dipanjatkan untuk memperoleh perlindungan dari berbagai masalah atau bahaya yang mungkin dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam doa ini, umat muslim berharap agar hidup mereka di dunia ini menjadi sukses, bahagia, dan penuh dengan kebaikan.

Doa selamat akhirat juga berkaitan dengan permohonan kepada Allah SWT untuk mendapatkan keselamatan dan kebahagiaan di akhirat. Umat muslim berharap agar amal perbuatan mereka diterima oleh Allah SWT, dosa-dosa diampuni, dan mereka diberikan tempat yang baik di surga.

Doa ini juga mencakup permohonan agar dijauhkan dari siksa kubur, siksa neraka, dan segala bentuk kesengsaraan di akhirat.

Kumpulan Doa Selamat Dunia dan Akhirat

Di bawah ini adalah beberapa doa selamat yang bisa dibaca dan diamalkan untuk memperoleh keselamatan baik di dunia maupun akhirat nanti:

1. Doa Keselamatan

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Allahumma inna nas-aluka salamatan fiddin wa afiyatan fil-jasadi wa ziyadatan fil-ilmi wa barakatan firrizqi, wa taubatan qablal-maut, wa rahmatan indal-maut, wa maghfiratan ba’dal maut.

Allahumma hawwin alaina fi sakaratil maut, wannajatan minannaari, wal afwa indah hisab.

Artinya: “Ya Allah, kami memohon kepada Engkau akan keselamatan agama, kesehatan badan, tambahnya pengetahuan, berkahnya rezeki, mendapatkan tobat sebelum mati, mendapat rahmat ketika mati, mendapat ampunan sesudah mati.”

“Dan ringankanlah kiranya dalam sakaratul maut, dan selamatkanlah kiranya dari siksa neraka dan dapatkan kami ampunan pada hari hisab (perhitungan).”

2. Doa Tolak Bala

اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَا وَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Allahummaftah lana abwabal khair, wa abwabal barakah, wa abwaban ni’mah, wa abwabar rizqi, wa abwabal quwwah, wa abwabas shihhah, wa abwabas salamah, wa abwabal ‘afiyah, wa abwabal jannah.

Allahumma ‘afina min kulli bala’id dunya wa ‘adzabil akhirah, washrif ‘anna bi haqqil qur’anil ‘azhim wa nabiyyikal karim syarrad dunya wa ‘adzabal akhirah.

Ghafarallahu lana wa lahum bi rahmatika ya arhamar rahimin. Subhana rabbika rabbil ;izzati ‘an ma yashifun, wa salamun a’alal mursalin, walhamdulillahi rabbil ‘alamin.

Artinya: “Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah dan pintu surga.

“Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hal Alquran yang agung dan derajat Nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka.”

“Wahai Dzat yang maha pengasih. Maha suci Tuhan, Tuhan keagungan dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada Rasul. Segala puji bagi Allah, semesta alam.”

3. Doa Keselamatan untuk di Dunia Akhirat

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbana aatina fiddunya hasanah wa fil-akhirati hasanah, wa qinaa adzabannaari

Artinya: “Ya Tuhan kami, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan di akhirat, serta peliharalah kami dari siksa neraka.”

4. Doa Memohon Keteguhan Iman dan Keselamatan

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Rabbana-ghfir alaina shabran wa tsabbit aqdaamana wanshurna ala-qaumil-kaafirin

Artinya: “Ya Tuhan kami, tumpahkanlah sekiranya ketabahan kepada kami, tetapkanlah sekiranya pendirian kami dan menangkanlah kami atas orang-orang yang kafir.”

5. Doa Selamat dari Fitnah Kafir

رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِّلَّذِيْنَ كَفَرُوْا وَاغْفِرْ لَنَا رَبَّنَاۚ اِنَّكَ اَنْتَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْم

Rabbana laa taj’alnaa fitnatal lillaziina kafaruu waghfir lanaa rabbanaa innaka antal aziizul hakiim

Artinya: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi orang-orang kafir dan ampunilah kami ya Tuhan. Sesungguhnya Engkaulah yang maha perkasa lagi maha bijaksana.

Demikian doa selamat dunia akhirat yang bisa diamalkan setiap hari agar mendapat perlindungan dari Allah SWT.

Adab dalam Membaca Doa untuk Keselamatan Dunia Akhirat

Dalam membaca doa-doa tersebut, terdapat beberapa adab yang dianjurkan dalam agama Islam. Berikut adalah beberapa adab membaca doa selamat yang perlu diperhatikan:

1. Niat yang Ikhlas

Ketika membaca doa, penting untuk memiliki niat yang ikhlas. Maksudnya yaitu niat yang semata-mata ditujukan untuk mendekatkan diri kepada Allah dan memohon perlindungan serta keselamatan.

2. Membaca dengan Khusyuk

Cobalah membaca doa dengan hati yang khusyuk dan penuh penghayatan. Fokuskan perhatian pada makna doa dan kesadaran akan hadirnya Allah yang Maha Mendengar.

3. Membaca dengan Tajwid yang Baik

Usahakan untuk membaca doa-doa tersebut dengan memperhatikan tajwid yang benar. Jika tidak yakin dengan tajwid yang dibaca, ada baiknya untuk belajar dari sumber yang terpercaya atau berkonsultasi dengan orang yang berpengetahuan di bidang membaca Al-Qur’an.

4. Menghadap Kiblat

Ketika membaca doa, disarankan untuk menghadap kiblat sebagai tanda ketaatan dan keseriusan dalam berdoa kepada Allah SWT.

5. Memperhatikan Waktu yang Baik

Ada beberapa waktu yang dianjurkan untuk membaca doa keselamatan. Contohnya seperti setelah shalat fardhu, di waktu sujud, atau pada waktu-waktu yang dianjurkan dalam agama Islam.

6. Mengulang Doa secara Berulang-ulang

Boleh mengulang doa tersebut beberapa kali untuk menambah kekhusyukan dan kefokusan dalam berdoa. Namun, jangan sampai menganggap pengulangan itu sebagai bentuk ritualisme tanpa makna.

7. Berdoa dengan Penuh Keyakinan

Percayalah bahwa doa-doa tersebut didengar oleh Allah dan bahwa Dia adalah satu-satunya yang mampu memberikan perlindungan dan keselamatan sejati. Berdoalah dengan keyakinan yang penuh bahwa Allah akan merespons doa Anda sesuai dengan kehendak-Nya.

8. Mengamalkan Doa dengan Tindakan

Selain membaca doa, penting juga untuk berusaha mengamalkan ajaran-ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. Doa harus diiringi dengan upaya dan tindakan yang sesuai dengan apa yang kita mohonkan dalam doa tersebut.

9. Bersyukur dan Berdoa dengan Rendah Hati

Setelah membaca doa, sampaikan rasa syukur kepada Allah atas segala nikmat yang telah diberikan. Selain itu, berdoalah dengan rendah hati dan kesadaran akan kelemahan dan ketergantungan kita kepada-Nya.

Dengan memperhatikan adab-adab di atas, kita dapat membaca doa-doa dengan cara yang baik dan benar. Di samping itu, kita juga akan mendapatkan manfaat spiritual yang lebih dalam dalam berdoa kepada Allah SWT.

Pentingnya Membaca Doa Selamat untuk Dunia dan Akhirat

Dalam Islam, membaca doa selamat untuk dunia dan akhirat merupakan hal yang sangat penting. Doa tersebut menunjukkan kepedulian dan kesadaran kita sebagai muslim terhadap kehidupan dunia dan persiapan menuju akhirat.

Berikut adalah beberapa alasan pentingnya membaca doa selamat dunia dan akhirat:

1. Memohon Perlindungan Allah

Dalam doa selamat yang kita baca, kita memohon perlindungan Allah SWT dari segala bahaya dan bencana yang mungkin menimpa kita di dunia maupun di akhirat. Kita menyadari bahwa hanya Allah lah yang memiliki kekuatan mutlak untuk melindungi dan membimbing kita.

2. Menyadari Hidup di Dunia hanya Sementara

Doa selamat mengingatkan kita bahwa hidup di dunia ini bersifat sementara. Kita diingatkan untuk tidak terjebak dalam kehidupan duniawi semata. Doa ini mengingatkan agar manusia menjalani kehidupan yang bertanggung jawab, beribadah kepada Allah SWT, dan berbuat kebajikan selama di dunia.

3. Mengingatkan Tujuan Akhirat

Pada bacaan di doa-doa selamat, kita juga mengakui bahwa akhirat adalah tujuan akhir kita sebagai umat muslim. Kita berdoa agar Allah SWT memberi kita kebaikan di dunia ini serta mempersiapkan kebaikan di akhirat untuk kita, seperti surga-Nya.

4. Menghindari Perilaku Dosa

Doa keselamatan dunia akhirat juga mencerminkan keinginan kita untuk menjauhi perilaku dosa dan keburukan. Dengan membaca doa tersebut, umat muslim memohon agar dijauhkan dari godaan dan kesalahan yang dapat merugikan kita di dunia maupun di akhirat.

5. Memperkuat Ketaqwaan dan Kehidupan Spiritual

Membaca doa ini adalah salah satu cara untuk memperkuat ketaqwaan dan kehidupan spiritual umat misalim. Dengan mengingatkan akan hakikat hidup dan tujuan sebagai muslim, doa tersebut membantu kita untuk tetap fokus pada ibadah, berbuat kebajikan, dan menjalani kehidupan yang lebih sadar.

6. Membangun Rasa Syukur

Selain itu, doa memohon selamat ini juga mengajarkan kita untuk selalu bersyukur kepada Allah atas segala nikmat yang telah diberikan-Nya.

Umat muslim diingatkan untuk tidak melupakan rasa syukur, baik di dunia maupun di akhirat. Kita juga memohon agar Allah SWT terus memberikan kebaikan.

Waktu-waktu yang Dianjurkan untuk Membaca Doa Selamat

Terdapat beberapa waktu yang dianjurkan untuk memanjatkan doa di dalam Islam yang memiliki keutamaan. Berikut adalah beberapa waktu yang dianjurkan untuk memanjatkan doa meminta keselamatan dunia dan akhirat:

1. Setelah Selesai Sholat

Memanjatkan doa setelah menyelesaikan sholat, baik itu sholat wajib lima waktu atau sholat sunnah, dianjurkan dan memiliki keutamaan. Setelah selesai melakukan sholat, umat muslim bisa menggunakan waktu tersebut untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT.

2. Di Waktu Sujud

Saat sujud dalam shalat, merupakan waktu yang sangat mustajab (mendekati diterima) untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT. Kita dianjurkan untuk memperbanyak doa saat berada dalam posisi sujud di dalam shalat.

3. Di Sepertiga Malam Terakhir

Sepertiga malam terakhir sebelum waktu fajar merupakan waktu yang dianjurkan untuk bangun dan melakukan ibadah, termasuk memanjatkan doa. Pada waktu ini, para malaikat Allah SWT turun ke langit dunia dan mengabulkan doa hamba-hamba yang memohon kepada-Nya.

4. Jumat (Hari Jum’at)

Waktu sebelum, selama, dan setelah shalat Jumat dianggap sebagai waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa. Rasulullah SAW menyebutkan bahwa saat di antara khutbah pertama dan kedua adalah waktu ketika doa sangat mungkin untuk dikabulkan.

5. Bulan Ramadan

Tidak diragukan lagi, bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah dan keutamaan dalam Islam. Selama bulan ini, doa-doa yang dilakukan memiliki peluang yang lebih tinggi untuk diterima. Oleh karena itu, disarankan untuk memperbanyak doa selama bulan Ramadan.

Selain waktu-waktu yang disebutkan di atas, tidak ada larangan dalam Islam untuk memanjatkan doa kapan pun kita mau. Kita dianjurkan untuk selalu berkomunikasi dengan Allah SWT dan memanjatkan doa di semua situasi kehidupan kita, baik itu dalam kesulitan, kebahagiaan, atau saat kita membutuhkan bimbingan-Nya.

Allah SWT Maha Mendengar dan Maha Mengetahui, dan Dia akan mendengarkan doa-doa kita tidak peduli kapan dan di mana pun kita berada.

Keutamaan Membaca Doa Selamat Dunia Akhirat

Ada banyak keutamaan dari membaca doa keselamatan untuk dunia dan akhirat. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Perlindungan dari Segala Bentuk Malapetaka

Dalam doa ini, kita memohon perlindungan Allah dari berbagai bencana, malapetaka, dan musibah di dunia dan akhirat. Doa ini menunjukkan kesadaran kita sebagai hamba Allah yang lemah dan rentan. Kita sebagai manusia hanya dapat mencapai keselamatan dengan pertolongan dan lindungan-Nya.

2. Pengampunan Dosa

Pada dasarnya, tidak ada manusia yang luput dari dosa sekecil apapun. Oleh karenanya, dalam doa ini umat muslim memohon ampunan Allah untuk dosa-dosa kita di dunia dan akhirat.

Keutamaan ini menunjukkan pentingnya meminta ampunan dan melakukan introspeksi diri, serta kesadaran akan kelemahan dan kesalahan yang telah kita lakukan.

3. Keselamatan dari Azab Neraka

Salah satu aspek penting dalam doa keselamatan dunia dan akhirat adalah memohon keselamatan dari azab neraka. Kita berdoa kepada Allah untuk diberikan tempat yang baik di akhirat, yaitu surga-Nya.

Doa ini menunjukkan kesadaran akan pentingnya mencapai kehidupan yang bahagia dan abadi di akhirat.

4. Perlindungan dari Godaan Setan

Salah satu hal pemicu banyaknya dosa-dosa yang dilakukan oleh manusia adalah karena tergoda oleh bujuk rayu setan. Kita berdoa agar Allah melindungi kita dari tipu daya dan pengaruh negatif setan yang dapat menyebabkan kita tersesat atau berbuat dosa.

Keutamaan ini menunjukkan kebutuhan kita untuk meminta perlindungan Allah agar tetap pada jalan yang lurus.

5. Pemenuhan Kebutuhan Hidup

Doa selamat dunia akhirat juga mencakup permohonan kepada Allah untuk memenuhi kebutuhan hidup kita di dunia. Kita berdoa agar Allah SWT memberikan rizki yang halal. Di samping itu, kita mengharapkan kesehatan, kebahagiaan, dan kemudahan dalam menjalani kehidupan di dunia.

Poin ini menunjukkan kepatuhan kita sebagai hamba yang memohon kepada Allah sebagai penyedia segala sesuatu.

Doa Selamat Dunia Akhirat adalah ungkapan ketundukan, pengakuan, dan permohonan kita kepada Allah SWT. Dengan tujuan akhir untuk memberikan keselamatan di dunia dan akhirat.

Dengan memperbanyak berdoa dan menghayati makna doa ini, kita dapat memperoleh manfaat spiritual dan menjalani kehidupan yang lebih baik di dunia dan akhirat.

Dampak Positif ketika Mengamalkan Doa Selamat Dunia Akhirat

Mengamalkan doa selamat dunia akhirat memiliki banyak dampak positif bagi umat Muslim. Berikut adalah beberapa dampak positif ketika umat muslim mengamalkan doa-doa tersebut dalam kesehariannya:

1. Memperoleh Kedekatan dengan Allah SWT

Dengan mengamalkan doa selamat dunia akhirat, seorang muslim memperkuat hubungannya dengan Allah. Doa merupakan bentuk komunikasi langsung dengan-Nya, yang membantu meningkatkan kesadaran dan pengabdian kepada Allah.

Dalam mengamalkan doa ini, seorang Muslim secara aktif meminta perlindungan, petunjuk, dan kebaikan dari Allah, yang dapat memperkuat ikatan spiritual dengan-Nya.

2. Kesejahteraan Dunia dan Akhirat

Ketika seorang muslim mengamalkan doa ini dengan keyakinan yang kuat, orang tersebut mengharapkan keberkahan, ketenangan, dan kemudahan dalam urusan dunia serta kebahagiaan abadi di akhirat.

Doa ini membantu menjaga fokus umat muslim pada hal-hal yang benar. Selain itu, doa juga akan membimbing mereka menuju jalan yang lurus, dan memperoleh kebahagiaan dalam kehidupan dunia dan akhirat.

3. Ketenangan Pikiran dan Jiwa

Dalam menghadapi tantangan, kesulitan, dan cobaan hidup, doa ini membantu mengurangi kecemasan dan kegelisahan. Umat muslim meyakini bahwa Allah-lah yang mengatur segala sesuatu dan memberikan perlindungan-Nya.

Dengan menyerahkan diri sepenuhnya kepada-Nya melalui doa, umat muslim merasa lebih tenang. Kita akan percaya bahwa segala sesuatu akan berjalan sesuai dengan kehendak-Nya.

4. Ketaatan dan Kebaikan

Doa selamat dunia akhirat melibatkan permohonan untuk mendapatkan hidayah dan keselamatan. Dengan mengamalkan doa ini, umat muslim diperintahkan untuk menjauhi kejahatan, berbuat kebajikan, dan meningkatkan ketaatan kepada Allah SWT.

Mengamalkan doa ini membantu umat muslim untuk menjadi lebih sadar akan tindakan mereka. Amalan ini juga akan mendorong mereka untuk memperbaiki diri, meningkatkan moralitas, dan berbuat baik kepada sesama.

5. Rasa Syukur dan Penerimaan

Doa ini mengingatkan umat muslim akan anugerah-Nya. Di samping itu, doa selamat dunia dan akhirat juga memperkuat kesadaran akan pentingnya mensyukuri segala sesuatu yang diberikan kepada mereka.

Hal ini membantu umat Muslim untuk menjaga sikap rendah hati, menghargai nikmat-Nya, dan terus berusaha untuk menggunakan nikmat tersebut dengan cara yang baik dan bermanfaat.

6. Penguatan Iman dan Keyakinan

Dalam menghadapi tantangan hidup, doa ini juga menjadi sumber kekuatan dan harapan. Mengingatkan umat muslim bahwa Allah SWT senantiasa mendengarkan doa-doa mereka dan mengabulkannya.

Dengan demikian, doa selamat dunia akhirat membantu umat muslim untuk memperkuat ikatan mereka dengan Allah SWT. Doa ini juga memperkuat keyakinan akan perlindungan dan kemurahan-Nya.

7. Pembentukan Akhlak yang Baik

Dalam doa ini terkandung permohonan untuk diberikan petunjuk dan kebaikan dalam hidup. Doa ini juga berisi agar kita dimintakan perlindungan dari kejahatan dan godaan.

Ketika mengamalkan doa ini, umat muslim diingatkan untuk menjaga etika, menghindari perbuatan tercela, dan berusaha menjalani kehidupan yang bermoral.

Doa keselamatan untuk dunia dan akhirat akan membantu umat muslim untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Caranya dengan memperhatikan prinsip-prinsip agama dalam segala aspek kehidupan mereka.

Dampak positif mengamalkan doa selamat dunia akhirat ini dapat dirasakan oleh umat muslim dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Dengan menguatkan hubungan dengan Allah, umat muslim akan dapat hidup dalam kebahagiaan, keselamatan, dan kebaikan di dunia ini. Kita pun akan memperoleh keselamatan dan kebahagiaan abadi di akhirat.

Baca dan Amalkan Doa Selamat Dunia dan Akhirat

Baca dan Amalkan Doa Selamat Dunia dan Akhirat

Tidak ada yang lebih berharga bagi seorang muslim daripada mendoakan keselamatan baik di dunia maupun di akhirat. Doa ini melambangkan harapan yang tulus dari hati seorang hamba yang menginginkan kebaikan untuk kehidupan di dunia dan akhirat.

Dengan membaca dan mengamalkan doa selamat dunia akhirat, kita sebagai umat muslim menyadari pentingnya mengendalikan nafsu duniawi dan menjalani kehidupan sesuai dengan petunjuk agama.

Baca juga:

Pos terkait