Vliver Suzuhara Lulu Akhirnya Mengungkap Alasannya Undur Diri dari NIJISANJI – Puncak Media

  • Whatsapp

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pada Kamis (23/6) lalu, diumumkan bahwa salah satu vliver NIJISANJI, Suzuhara Lulu, akan mengundurkan diri dari agensi tersebut. Pada pengumuman tersebut, ia mengabarkan bahwa hari itu akan menjadi strim karaoke terakhirnya, 26 & 27 Juni menjadi strim gim terakhirnya, hingga 30 Juni menjadi siaran finalnya. Dalam siaran finalnya tersebut, sang vliver berencana akan memberikan alasan pengunduran dirinya secara detail. Dan kini seperti yang dijanjikan oleh sang vliver, Suzuhara Lulu akhirnya memberikan alasan detailnya mengapa ia memutuskan untuk undur diri dari agensi yang telah membesarkan namanya.

Dalam siaran final tersebut, setelah Suzuhara Lulu menampilkan kostum baru terakhirnya, ia kemudian memberikan alasannya untuk mengakhiri aktivitas vliver-nya. Diungkapkan langsung dari sang vliver, ia mengatakan bahwa setelah ia kembali dari masa hiatus ya, ia mendapatkan sebuah masalah yang mulai berdatangan kepadanya. Secara spesifik, Lulu menerima sebuah “surat ancaman” yang ia berusaha untuk tangani sejak kembali siaran.

Namun sayangnya, “surat – surat ancaman” tersebut semakin lama semakin terus berdatangan untuk terus ditangani sampai – sampai suatu waktu ia harus menghentikan siarannya. Lulu mengaku tidak ingin terus-menerus hiatus untuk berurusan dengan “surat – surat” tersebut, yang menyebabkan para penontonnya semakin khawatir dengan keadaannya. Oleh karena itu, ia memutuskan untuk mengakhiri aktivitas vliver-nya. Akan tetapi, sebelumnya ia mempertimbangkan juga pilihan alternatif seperti mengurangi aktivitas vlivernya, namun karena timbul rasa bersalah yang menumpuk karena telah membuat para penontonnya semakin khawatir akan keadaannya, salah satunya adalah kondisi kesehatannya. Pengunduran diri menjadi keputusan akhir bagi sang vliver.

Namun meskipun begitu, faktor kesehatan bukan menjadi alasan utama sang vliver mengundurkan diri, karena seperti yang ia sampaikan, asalkan ia rutin untuk check up ke rumah sakit, kondisinya akan membaik setelah beberapa tahun kemudian. Dengan kata lain, saat ini kondisinya fisiknya baik – baik saja. Selain itu, patut diingat bahwa setelah pengunduran dirinya, Lulu akan tetap bermain gim seperti biasanya, di mana ia akan tetap mencoba tantangan semua gim yang belum pernah ia coba. Meskipun begitu, sang vliver mengaku ia merasa menyesal karena ia sering bermain gim sendirian saat sedang siaran sehingga ia tidak banyak berinteraksi dengan orang lain, baik sesama vliver maupun penontonnya. Namun, ketika ia undur diri, ia ingin menonton siaran semua rekan – rekan vlivernya dalam posisi sebagai fans.

Poin penting lainnya adalah pengunduran dirinya sebagai vliver bukan karena ia sudah tidak menyukai lagi tentang vtuber ataupun orang – orang yang menyukai vtuber. Sebaliknya, ia bangga bisa menjadi vtuber. Suzuhara Lulu juga berharap semua vtuber untuk dapat terus berusaha menjadi lebih baik lagi dari sekarang, tidak hanya dari NIJISANJI, namun para vtuber lainnya secara keseluruhan. Ia sangat senang telah memiliki waktu berharga untuk bisa dinikmati bersama dengan semua orang, terutama ketika Lulu berkesempatan untuk bermain gim Makaimura, bahkan ketika menjawab pesan – pesan positif lewat Marshamallow dari para penontonnya yang banyak mengatakan kalau kehandirannya sangat membantu mereka, meskipun pada saat yang sama sebagian “pesan” dari Marshmallow-nya adalah alasannya untuk mengundurkan diri. Namun, ia menekankan bahwa ia undur diri bukan karena benci kepada para penontonnya sendiri.

Terakhir, dalam detik – detik penutupan siaran finalnya, Suzuhara Lulu berterima kasih kepada para penontonnya yang telah menemaninya sejak hari pertama siaran, kepada yang baru pertama kali bertemu dengannya, hingga kepada yang terjun ke dunia vtuber atau NIJISANJI karena Lulu. Sang vliver berpesan “sampai kau melupakanku, tolong selalu ingatlah diriku” kepada penontonnya. Ia pun menekankan sebuah permintaan agar tidak membawa namanya ke dalam siaran vliver lain karena khawatir akan membuat moodnya menjadi sedih. Namun, di lain tempat, ia masih membolehkan untuk para penontonnya agar memberikan twit dengan tagar #すずはライブ (SuzuhaLive) atau #鈴原るる (Suzuhara Lulu) untuk dia baca setelah undur diri. Setelah itu, siaran ditutup dengan salam khasnya, “OtsuLulu”.

Berikut isi surat terakhir dari Suzuhara Lulu yang ditampilkan di akhir siaran final:
“Kepada para pendengarku: Waktu aku debut, aku tidak tahu apapun. Aku sangat cemas ketika pertama kali menjadi Vtuber. Aku tidak punya pengetahun apapun, baik itu cara membuat thumbnail, mengatur OBS, atau pun menggunakan Chroma Key. Aku benar – benar merasakan kehangatan di tempat ini di mana para pendengarku memperhatikanku dengan baik. Kini, awal kecemasanku telah pulih. Aku telah melakukan segala hal yang ingin kuusahakan dengan kemampuan terbaikku, dan semua orang menantikannya. Aku sangat mencintai semua itu. Aku mulai senang untuk mengobrol yang mana dulu aku sangat buruk dalam hal tersebut. Ini semua berkat dukungan, semangat, dan perhatian dari semua orang. Setiap momen adalah bagian dari waktu yang berharga dan tak tergantikan ini. Terima kasih telah menghabiskan waktu berhargamu bersamaku. Semoga kalian semua mendapatkan berbagai momen bahagia dan indah. Terima kasih banyak.”

Selain dari surat tersebut, ada beberapa info tambahan dari Suzuhara Lulu sebelum menjelaskan alasannya mengundurkan diri, di antaranya adalah:

  • Arsip dari siaran – siaran Suzuhara Lulu akan tetap tersedia sekurang – kurangnya untuk setengah tahun. Ia ingin semua arsipnya untuk tetap ada dalam waktu selama mungkin. Akan tetapi, setelah 6 bulan, ada kemungkinan sebagian dari siarannya akan dihapus karena alasan tertentu
  • Akun Twitter Suzuhara Lulu akan tetap ada. Namun, setelah undur diri, ia tidak akan menggunakannya lagi. Meskipun itu, ia tetap akan melihat – lihat berbagai twit dari para penggemarnya kepada dirinya lewat tagar – tagarnya yang ia berikan.
  • Surat penggemar akan diterima sampai akhir bulan Juli, di mana surat penggemar dapat dikirim lewat web resmi ANYCOLOR.
  • Layanan membership kanal YouTubenya bersama dengan arsip – arsip di dalamnya telah ditutup pada tengah malam setelah siaran undur diri tersebut (30/6). Selain itu, penjualan voice pack dan merchandise ulang tahunnya juga telah ditutup.
suzuhara lulu nijisanji
©ANYCOLOR, Inc.

Suzuhara Lulu adalah vliver yang tergabung dalam agensi vliver NIJISANJI. Ia merupakan vliver yang tergabung pada gelombang tahun 2019 dan debut pada 1 Mei 2019 lalu. Sang vliver memiliki karakteristik sebagai mahasiswi tahun kedua dari keluarga terpandang yang mempelajari ilmu seni di perguruan tinggi khusus wanita, dengan tutur kata yang bersuara lemah lembut dan sangat sopan. Hal yang unik dari setiap siarannya adalah sang vliver memliki ciri khas dengan selalu mengawali siarannya dengan salam “Konlulu”, dan mengakhiri siarannya dengan salam “Otsululu”. Selain itu, hingga artikel ini ditulis, terhitung Suzuhara Lulu telah meraih 548 ribu pengguna di kanal YouTube miliknya.

Karena statusnya sebagai mahasiswi seni, julukan “Normal Art Student” muncul yang berawal dari panggilan oleh vliver Debidebi Debiru kepadanya. Namun seiring waktu, julukan tersebut semakin mengarah kepada meme dari kebiasaan dan tingkah Suzuhara Lulu yang terkadang terasa “abnormal” oleh para penontonnya. Seperti waktu siaran bermain gim-nya yang lebih panjang dari rata – rata vliver dari NIJISANJI lain, seperti melakukan streaming dua game sekaligus (Dark Souls dan Ring Fit Adventure) selama 20 jam nonstop. Ia memang vliver yang dikenal sangat serius dalam siaran bermain gim-nya dan mengakui menyukai gim – gim dari studio FromSoftware, seperti Dark Souls dan Bloodborne. 

Selain itu, meskipun Suzuhara Lulu jarang marah, ia memiliki kebiasaan untuk menatap kamera dengan tatapan mengancam sebagai bentuk kekesalan tiap kali ia gagal dalam bermain gim. Contoh populernya ketika bermain Rhythm Heaven di mana ia banyak miss ketika bermain gim tersebut sehingga menjadi siaran “mental breakdown“-nya baik dari dirinya, maupun dari penontonnya yang menerima tatapan mengancamnya. Kemudian ia mengaku bila bola mata bisa tumbuh lagi, bisa minum lahar, bahkan mengakui ia bisa lebih serius lagi bermain gim bila topi nya dilepas, karena ia mengaku topi yang ia pakai beratnya sebesar 50 kilogram. Ia juga kebal dengan segala jenis jumpscare, horor, dan binatang buas, namun ia memiliki kelemahan terhadap laba – laba. Karena semua keabnormalannya, para fans nya terkadang memberinya julukan dengan sebutan “Elderitch Queen” atau “Cthulu”, gingga sekte yang disebut Church of Debilulu dibuat oleh sebagian fansnya yang memberikan kesan Suzuhara Lulu tampak seperti entitas yang menakutkan.

Namun meskipun kebiasaan dan perilaku nya terkadang abnormal, karirnya sebagai vliver terbilang sangat sukses. Suzuhara Lulu menjadi salah satu vliver populer dari NIJISANJI baik di Jepang sendiri maupun luar negeri. Ia bersama dengan vliver Lize Helesta memiliki program radio sendiri yang berjudul “LizeLulu Listen” di kanal YouTube resmi NIJISANJI, hingga telah merilis single dari program radio tersebut yang berjudul “LINK・LINK“. Dalam album “SMASH THE PAINT!!“, ia bernyanyi bersama dengan vliver Debidebi Debiru dalam lagu “Overwhelming Presence” yang diarransemen oleh komposer doujin Touhou ternama, ARM dari IOSYS. Selain itu, ia bersama dengan vliver Mayuzumi Kai sebagai perwakilan dari NIJISANJI, berpartisipasi dalam acara “Try! PlayStation 5” di mana ia menjadi salah satu orang pertama di Jepang yang mencoba gim konsol terbaru yang dirilis oleh Sony, PlayStation 5.

Puncak Media

Pos terkait